Curug Cimarinjung, Wisata Sukabumi ala Jurassic Park di Kehidupan Nyata

04 April 2019, at 04:00
0
0
Curug Cimarinjung, Wisata Sukabumi ala Jurassic Park di Kehidupan Nyata

Adakah Jurassic Park di kehidupan nyata? Bisa jadi semua itu bukan hanya impian. Karena di Sukabumi ada wisata yang seolah akan mengantarmu ke dunia penuh imajinasi itu.

Curug Cimarinjung namanya. Pemandangan alamnya akan mengingatkanmu pada film fantasi yang dipenuhi hewan purba dinausaurus. Tapi tenang, karena tempat wisata di Sukabumi itu tetap aman untuk dikunjungi.

Mau tahu seperti apa keindahan wisata air terjun yang letaknya di dalam kawasan Geopark Ciletuh ini? Yuk simak ulasan Qupas berikut!

Baca juga: Ini nih Pantai di Geopark Ciletuh yang Cantiknya Nggak Tertandingi!

1. Air Terjun yang Bermuara ke Samudera

curug cimarinjung
instagram.com/yudhieyudhiestira

Curug di Sukabumi ini berada di aliran Sungai Cimarinjung yang berada di ketinggian 100 mdpl. Sungai ini juga bermuara ke Teluk Ciletuh di Samudera Hindia.

Letaknya pun dekat dari salah satu pantai yang ada di kawasan Geopark Ciletuh, yakni Palangpang. Jaraknya pun hanya sekitar 2,2 kilometer. Kamu pun butuh waktu kurang lebih selama 6 menit jalan kaki kalau ingin ke pantai.

2. Dua Air Terjun yang Satu Aliran dengan Curug Cimarinjung

air terjun curug cimarinjung sukabumi
instagram.com/ridwan_taufik

Bukan cuma Cimarinjung, pada aliran sungai juga ada dua air terjun lain, yaitu Curug Dogdod dan Curug Nyelempet.

Curug Dogdog sendiri bentuknya panjang menyeruapi alat musik tabuh tradisional dari Jawa Barat bernama "dogdog". Sementara nama Curug Nyelempet didapat karena aliran airnya cukup sempit. Diketahui, nyelempet dalam Bahasa Sunda artinya sempit.

3. Wisata Air Terjun yang Kian Populer

curug cimarinjung sukabumi
instagram.com/tertawalepas_

Dulu sih nggak banyak orang mau mampir ke sini karena aksesnya lumayan susah. Tapi sekarang Curug Cimarinjung makin hits. Apalagi setelah salah satu program televisi "My Trip My Adventure" bertandang ke sini.

Saat itu, acara televisi swasta di Indonesia tersebut menyiarkan secara eksklusif tentang destinasi di Geopark Ciletuh. Salah satunya ya Curug Cimarinjung ini.

4. Terletak di Tengah Lereng Bebatuan Purba

curug cimarinjung geopark ciletuh
instagram.com/herdik

Curug Cimarinjung ini memang terlihat eksotis. Ini karena air terjun di Sukabumi tersebut berada di tengah lereng perbukitan bebatuan purba.

Belum lagi tebing tinggi dan pepohonan hijau yang ada di sekitarnya. Layak banget disebut sebagai Jurassic Park-nya Sukabumi nih.

Baca juga: Liburan ala Petualang ke Jembatan Terpanjang se-Asia Tenggara di Sukabumi Ini Yuk!

5. Rute ke Curug Cimarinjung

wisata curug cimarinjung
instagram.com/abie_bette

Lokasi Curug Cimarinjung sendiri ada di kawasan Geopark Ciletuh. Secara administratif berada di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jaraknya dari pusat Kota Sukabumi sekitar 99 kilometer dengan estimasi waktu tempuh sekira 4 jam.

Rutenya sendiri bisa melalui Kota Sukabumi-Ujung Genteng via Jampang Tengah-Lengkong-Waluran-Ciracap-Ciemas-Desa Tamanjaya-Desa Ciwaru-Pantai Palangpang-Curug Cimarinjung.

6. Tiket Masuk Curug Cimarinjung

air terjun curug cimarinjung
instagram.com/_kopites_man

Untuk menikmati kecantikan wisata di Sukabumi ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk senilai Rp3.000,00 per orang. Sementara parkir kendaraan sebesar Rp3.000,00 (motor) dan Rp5.000,00 (mobil)

Murah banget ya? Tapi ingat, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pihak pengelola. Supaya tetap aman, sediakan budget lebih dari nilai di atas saja.

7. Fasilitas Curug Cimarinjung

wisata curug cimarinjung sukabumi
instagram.com/mutaharifan

Meski tiket masuk Curug Cimarinjung sangat murah, tapi fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Mulai dari toilet, musala, hingga parkir luas untuk motor maupun mobil pun ada.

Menariknya lagi, di sini juga ada beberapa warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Tapi nggak ada salahnya untuk bawa bekal sendiri untuk berjaga-jaga.

8. Tips Liburan ke Curug Cimarinjung

wisata curug cimarinjung geopark ciletuh
instagram.com/ngapraksmi

Curug yang tingginya sekitar 45 meter ini kurang cocok untuk pengunjung yang membawa anak-anak maupun balita karena akses masuk cukup sulit.

Karena belum ada penginapan, jadi lebih baik jangan terlalu sore saat mampir ke sini. Satu lagi, datanglah saat musim kemarau kalau kamu ingin melihat kecantikan tebing di Curug Cimarinjung.

Baca juga: Nggak Cuma Cantik, Curug di Sukabumi Ini Juga Simpan Cerita Mistis!

So, setelah mengintip pesona dari Curug Cimarinjung, kapan nih berangkat liburan ke sana? Mumpung sebentar lagi liburan, luangkan waktumu untuk piknik menikmati sajian alam di Sukabumi. Sok atuh!

0 Comment