Qupas Weekend

Daftar Film Pemenang Venice Film Festival 2020, Layak Ditunggu!

14 September 2020, at 08:01
Daftar Film Pemenang Venice Film Festival 2020, Layak Ditunggu!

Sejumlah film dari berbagai negara telah bersaing di Festival Film Venice 2020 yang berlangsung selama sepuluh hari, yaitu dari tanggal 2 sampai 12 September kemarin. Merupakan salah satu ajang penghargaan paling bergengsi di dunia perfilman, film-film pemenang di festival ini tentu saja sudah banyak dinantikan.

Daripada penasaran, langsung aja yuk simak ulasan Qupas tentang sejumlah film pemenang Venice Film Festival 2020 berikut ini. Kamu wajib nunggu film-film ini tayang deh!

1. Nomadland

Film Terbaik Venice Film Festival 2020 (Foto: imdb.com)
imdb.com

Daftar pemenang Venice Film Festival 2020 diawali dengan “Nomadland”. Garapan Chloé Zhao ini berhasil meraih penghargaan tertinggi pada ajang tersebut, yaitu Golden Lion sebagai film terbaik. Tahun lalu, posisi tersebut dimenangkan oleh “Joker” lho!

“Nomadland” mengangkat kisah tentang seorang janda (Frances McDormand) berusia 60 tahunan yang tinggal di kota pertambangan Nevada. Karena depresi, ia memutuskan untuk mengubah mobil van miliknya menjadi rumah dan kemudian mengembara.

2. New Order

Pemenang Venice Film Festival 2020 (Foto: letterboxd.com)
letterboxd.com

Pemenang Venice Film Festival 2020 yang wajib kamu tunggu rilisnya adalah “New Order” atau “Nuevo Orden”. Film yang dibintangi oleh Diego Boneta, Naian Gonzalez Norvind, Dario Yazbek Bernal, dan Lisa Owen ini memenangkan penghargaan Silver Lion – Grand Jury Prize.

Film distopia asal Meksiko besutan sutradara Michel Franco ini menggambarkan peperangan kelas dan kudeta yang menegangkan. Cerita diawali saat sebuah pernikahan dari masyarakat kelas atas yang mewah menjadi berantakan akibat pemberontakan.

3. Dear Comrades!

Film Pemenang Festival Venice 2020 (Foto: variety.com)
variety.com

Selanjutnya, ada “Dear Comrades!” karya Andrei Konchalovsky yang membawa pulang piala film terbaik versi Special Jury Prize.

Film Rusia yang memiliki judul asli “Dorogie Tovarischi!” ini diadaptasi dari kisah nyata peristiwa mogok para buruh pada tahun 1962 di Novocherkassk, Uni Soviet. Pada saat itu, 26 pengunjuk rasa ditembak oleh pasukan pemerintah.

Baca juga: Deretan Film Bagus Tentang Sejarah Dunia yang Siap Memperluas Wawasanmu, Wajib Nonton!

4. The Wasteland

Daftar Pemenang Venice Film Festival 2020 (Foto: persiafilmdistribution.com)
persiafilmdistribution.com

Lotfollah adalah pengawas pabrik batu bata yang bertindak sebagai perantara bagi bos dan para pekerja di sana. Suatu hari, bos ingin berbicara kepada mereka tentang penutupan pabrik. Namun bagi Lotfollah, yang terpenting adalah menjaga agar Sarvar, wanita yang ia cintai, nggak terluka.

Film Persia yang disutradarai oleh Ahmad Bahrami ini berhasil membawa pulang Orrizonti Award for Best Film lho!

5. Listen

Film Pemenang Penghargaan 2020 (Foto: imdb.com)
imdb.com

Terakhir, ada film “Listen” yang mendapatkan dua penghargaan sekaligus di Venice Film Festival 2020 lho! Keduanya adalah Special Orizzonti Jury Prize dan Lion of the Future – “Luigi de Laurentiis” for a Debut Film.

“Listen” bercerita tentang Bela dan Jota, pasangan Portugis dengan tiga anak yang tinggal di London. Kehidupan mereka yang nggak mudah menjadi lebih sulit ketika anak mereka yang tuna rungu mendapatkan masalah di sekolah.

Well, itu dia Sobat Qupas beberapa film pemenang Venice Film Festival 2020 yang layak untuk ditonton. Tunggu tanggal rilisnya ya!