Qupas Beauty

Daftar Masa Pakai Skincare dan Makeup, Jangan Ditunggu Sampai Habis!

27 May 2020, at 05:00
Daftar Masa Pakai Skincare dan Makeup, Jangan Ditunggu Sampai Habis!

Merasa sayang ketika harus membuang makeup ataupun skincare yang belum habis? Beauty enthusiast pasti sering mengalaminya.

Bahkan nggak sedikit pula yang masih mempertahankan kosmetiknya yang sudah kadaluarsa. Padahal bahaya yang mengintai kulit wajah akibat kebiasaan ini cukup serius lho.

Selain itu, ada yang lebih penting juga dari mengecek kadaluarsa kosmetik. Yaitu memerhatikan masa pakai produk skincare atau makeup setelah kemasannya dibuka.

Cek Kadaluarsa Kosmetik (Foto: beinghhb.wordpress.com)
beinghhb.wordpress.com

Biasanya, pada beberapa kemasan kosmetik akan diberi simbol PAO (Period After Opening) yang menandakan berapa lama produk tersebut bisa kamu pakai setelah kemasannya dibuka.

Sebagai contoh, kalau suatu produk diberi logo 6M, berarti kamu hanya bisa memakainya selama enam bulan setelah tutupnya dibuka. Kalau sudah lewat masa itu, mau nggak mau kamu harus membuangnya meskipun isinya masih banyak dan tanggal kadaluarsanya belum datang.

Masa pakai skincare dan makeup juga beda-beda, tergantung kandungan ataupun teksturnya. Lalu bagaimana kalau pada kemasan kosmetik nggak ditemukan simbol PAO?

Jangan khawatir, Qupas akan kasih tahu kapan waktu yang tepat untuk membuang skincare ataupun koleksi makeup milikmu biar nggak berbahaya bagi wajah.

1. Maskara dan Eyeliner

Masa Kadaluarsa Maskara (Foto: instagram.com/tonymoly_street)
instagram.com/tonymoly_street

Tahu nggak sih, masa pakai maskara ataupun eyeliner ternyata cukup pendek lho. Formulanya hanya aman bagi area di sekitar mata dalam periode pemakaian 3-6 bulan aja.

Setelah itu, kamu harus mengganti maskara dan eyeliner dengan yang baru. Meskipun isinya masih banyak dan belum terlihat mengering.

Jadi jangan pernah mengikuti beauty hacks untuk memperpanjang masa pakai maskara dan eyeliner ya. Karena hal ini bisa mengiritasi area mata.

2. Foundation dan Concealer

Masa Pakai Concealer dan Foundation (Foto: instagram.com/innisfreeofficial)
instagram.com/innisfreeofficial

Foundation liquid, cream, ataupun stick, hanya boleh dipakai selama 6 bulan sampai satu tahun setelah kemasannya dibuka.

Meskipun isinya masih banyak dan harga belinya cukup mahal, kamu harus ikhlas membuangnya ya kalau sudah melewati waktu 6 bulan atau satu tahun. Hal yang sama juga berlaku pada concealer juga.

3. Makeup bertekstur powder

Memakai Blush On (Foto: instagram.com/laneige_kr)
instagram.com/laneige_kr

Untuk makeup bertekstur powder, masa pakainya cukup lama. Yaitu sekitar 2-3 tahun.

Makeup bertekstur powder yang dimaksud bisa dalam bentuk blush, eyeshadow, bedak, highlighter, ataupun bronzer.

Baca juga: Tahu Nggak Sih, Ini Lho Arti Simbol-simbol yang Ada di Kemasan Produk Kecantikanmu

4. Beragam jenis lipstik

Masa Kadaluarsa Lipstik (Foto: instagram.com/innisfreeusa)
instagram.com/innisfreeusa

Beauty enthusiast paling rajin nih kalau dalam hal mengoleksi beragam jenis lipstik. Tapi jangan lupa juga masa pakainya ya.

Produk pemoles bibir seperti lipstik, lip gloss, lip pencil, ataupun lip cream boleh kamu pakai dalam waktu dua tahun. Setelah itu, langsung buang jauh-jauh dari jangkauanmu ya.

5. Cleanser

Sabun Cuci Muka (Foto: instagram.com/innisfreeusa)
instagram.com/innisfreeusa

Beralih ke skincare, mari kita bahas dulu masa pakai cleanser alias produk pembersih wajah. Ini termasuk micellar water, cleansing balm, ataupun sabun cuci muka ya.

Beragam jenis produk pembersih wajah tersebut masa pakainya satu tahun aja.

6. Toner

Cara Memakai Toner (Foto: instagram.com/thebathbox)
instagram.com/thebathbox

Untuk toner, rata-rata bisa dipakai selama 6 bulan sampai satu tahun. Ini tergantung kandungannya.

Jadi jangan memakai toner yang sudah kamu buka selama satu tahun lebih ya. Karena kemungkinan besar kandungannya nggak efektif lagi untuk merawat wajah.

7. Produk berbahan AHA dan BHA

Produk Peeling Berbahan AHA (Foto: instagram.com/somebymi)
instagram.com/somebymi

AHA dan BHA dikenal sebagai bahan exfoliants yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Biasanya ditemukan pada cleanser, toner, peeling, ataupun pelembap wajah.

Untuk skincare yang mengandung AHA dan BHA, masa pakainya maksimal satu tahun.

Baca juga: Rekomendasi Toner Korea Berbahan AHA yang Efektif untuk Mengusir Kulit Kusam

8. Pelembap dan Serum

Cara Membaca Expired Date Kosmetik (Foto: instagram.com/innisfreeofficial)
instagram.com/innisfreeofficial

Skincare ataupun makeup bertekstur cair umumnya lebih cepat terkontaminasi bakteri ataupun jamur. Masa pakainya pun nggak bisa lama-lama.

Seperti pelembap wajah dan serum contohnya, masa pakainya antara 6 bulan sampai satu tahun.

9. Lip Balm

Memakai Lip Balm (Foto: instagram.com/innisfreeusa)
instagram.com/innisfreeusa

Berbeda dengan lipstik, produk perawatan bibir ini masa pakainya lebih singkat. Lip balm hanya memiliki 'umur' satu tahun.

Hmm, sekarang sudah tahu kan masa pakai masing-masing skincare dan makeup? Jadi nggak cuma cara membaca expired date kosmetik aja ya yang penting. Masa pakai kosmetik juga nggak boleh kamu abaikan.