Danau Ranamese di Pulau Flores, Pesona Kedamaian di Tengah Sunyinya Hutan

30 September 2019, at 11:00
0
0
Danau Ranamese di Pulau Flores, Pesona Kedamaian di Tengah Sunyinya Hutan

Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur memang memiliki sejuta keindahan alam yang nggak terbantahkan. Nggak hanya menyajikan pesona ala Afrika seperti Labuan Bajo, kamu juga bisa menemukan nuansa sejuk dan menyenangkan di daerah tersebut.

Salah satunya adalah Danau Ranamese. Meskipun belum terlalu populer, akan tetapi objek wisata ini nggak kalah indah dari yang lain dan sayang apabila kamu lewatkan.

1. Danau Ranamese

keindahan danau ranamese
instagram.com/rif.ki

Terbentuk dari letusan gunung berapi sekitar 400 tahun yang lalu, Danau Ranamese memiliki kedalaman 43 meter dengan luas kurang lebih 5 hektar. Kondisi tersebut membuat danau purba ini menjadi yang terbesar di Manggarai.

Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan air laut, Danau Ranamese yang terletak di tengah hutan menyajikan suasana alam yang sangat kental dan alami.

2. Penghuni Danau Ranamese

danau ranamese manggarai
instagram.com/icandalo

Mengunjungi Danau Ranamese, kamu nggak hanya akan disuguhi dengan pemandangan alam menawan dan udara yang sejuk. Namun, kamu juga dapat melihat beberapa burung endemik yang tinggal di hutan sekitarnya.

Telingamu akan dimanjakan dengan kijauan merdu burung Kipasan, Samyong atau Ngklong, Anis Nusa Tenggara, dan lain sebagainya.

3. Menghadirkan Ketenangan

danau ranamese
instagram.com/frido.beo

Meskipun memiliki keindahan alami yang luar biasa, akan tetapi Danau Ranamese masih belum terlalu populer apabila dibandingkan dengan objek wisata Pulau Flores lainnya.

Oleh sebab itu, objek wisata ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai ketenangan. Selain karena masih sepi, kondisi alam Danau Ranamese yang terletak di tengah hutan yang masih sangat alami juga bisa memberikan kedamaian.

Baca Juga: Mengulik Keindahan Wae Rebo, Desa di Atas Awan yang Mendunia

4. Mampir ke Air Terjun Ranamese

air terjun ranamese
instagram.com/rif.ki

Sudah ada di sini, sayang sekali rasanya kalau kamu nggak sekalian mampir ke Air Terjun Ranamese yang jaraknya kurang lebih hanya 400 meter.

Kalau di Danau Renemese kamu disuguhi dengan suasana menenangkan, pada objek wisata Nusa Tenggara ini akan kamu akan melihat air terjun setinggi 45 meter dengan aliran deras dan pepohonan hijau disekitarnya yang menyegarkan.

5. Lokasi Danau Ranamese

lokasi danau ranamese
instagram.com/rif.ki

Lokasi Danau Ranamese tepatnya berada di Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Saat mengunjunginya, kamu nggak akan kesulitan karena objek wisata tersebut berada persis di tepi jalan trans Flores, 30 Km dari kota Ruteng.

Sedangkan untuk tiket masuknya, kamu hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp5 ribu saja. Murah sekali kan?

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Danau Ranamese di Manggarai Timur. Kapan main ke sana?

0 Comment