Dari Garam Sampai Keju, Benda-benda Unik Ini Pernah Jadi Alat Tukar Pengganti Uang Lho!

30 June 2019, at 17:00
0
0
Dari Garam Sampai Keju, Benda-benda Unik Ini Pernah Jadi Alat Tukar Pengganti Uang Lho!

Uang merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan semua orang. Dengan benda ajaib tersebut, kamu bisa memenuhi kebutuhan hidup dan mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Zaman sekarang, tentunya kamu mengenal alat tukar berupa uang yang sudah disahkan dan ditetapkan oleh pemerintah.

Akan tetapi dahulu kala orang-orang melakukan transaksi dengan benda lho. Berikut ini 6 benda unik yang pernah menjadi mata uang, sudah tahu belum?

Baca Juga: Nggak Nyangka, Barang-Barang Menjijikkan Ini Justru Berharga Ratusan Juta

1. Garam

garam
pexels.com/id-id/@belart84

Mungkin kamu nggak pernah menyangka, akan tetapi garam merupakan salah satu mata uang tertua yang telah digunakan di seluruh dunia lho. Alat tukar unik ini digunakan secara luas di seluruh Afrika Timur dan merupakan mata uang utama di gurun Sahara selama berabad-abad.

Bahkan kata “salary” yang berarti gaji berasal dari bahasa Latin “salarium” yaitu uang yang telah dibayarkan kepada prajurit Roma untuk membeli garam.

2. Gigi Lumba-lumba

gigi lumba-lumba
pexels.com/id-id/@pixabay

Nggak hanya garam, ternyata gigi lumba-lumba juga dijadikan sebagai alat tukar bagi masyarakat Kepulauan Solomon. Bahkan sebagian penduduk masih menggunakan mata uang tersebut untuk transaksi jual-beli.

Nilai tukar gigi lumba-lumba akan naik setiap kali mata uang modern seperti dolar, pounsterling, dan euro turun.

3. Biji Kakao

biji kakao
shutterstock.com

Suku Maya merupakan masyarakat pertama yang menanam pohon kakao di dunia dan menggunakan bijinya untuk alat tukar atau mata uang.

Pada tahun 1555, harga kakao naik drastis sehingga muncul nilai tukar resmi yaitu selembar katu putih Spanyol dihargai dengan 140 butir biji kakao.

Baca Juga: Lucu! Sekian Benda Tiruan Ini Pasti Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

4. Keju

keju
pexels.com/id-id/@rawpixel

Selama abad pertengahan, keju permesan pernah menjadi alat tukar resmi di Italia. Salah satu bank yang bernama Credito Emiliano bahkan memiliki dua gudang penuh keju dengan nilai yang fantastis.

5. Alat Penghancur Kentang

amazon
amazon.com

Tahukah kamu, alat penghancur kentang juga pernah menjadi alat tukar lho. Unik sekali bukan? Masyarakat Bafia kuno menggunakannya sebagai alat jual-beli. Bahkan kamu bisa membeli seorang istri dengan 30 alat ini lho.

6. Batu Rai

batu rai
skyscrapercity.com

Sama seperti yang kamu bayangkan, batu juga pernah menjadi mata uang pada zaman dahulu. Akan tetapi nggak sembarang batu, ialah batu rai yang terletak di pulau Yap wilayah Micronesia.

Uniknya, batu dengan bentuk yang bermacam-macam ini memiliki nilai tukar yang berbeda-beda juga. Semakin banyak tenaga atau korban meninggal yang dikeluarkan untuk mengantar batu, maka nilainya akan semakin besar.

Nah, itu dia Sobat Qupas benda-benda unik yang pernah menjadi alat tukar pengganti uang. Kalau diberi kebebasan untuk memilih, kamu mau benda apa yang jadi mata uang?

0 Comment