Dari Kolak Sampai Es Teh, 6 Minuman Favoritmu Ini Sebaiknya Nggak Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

09 May 2019, at 00:00
0
0
Dari Kolak Sampai Es Teh, 6 Minuman Favoritmu Ini Sebaiknya Nggak Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Setelah menahan haus dan lapar selama lebih dari 12 jam saat berpuasa, tentunya kamu menginginkan sesuatu yang segar untuk memuaskan dahaga.

Tapi ternyata, nggak semua minuman baik digunakan untuk membatalkan puasa lho. Bukannya segar, kamu justru akan merasakan gangguan kesehatan.

Nah, berikut ini 6 minuman favorit yang ternyata nggak baik apabila dikonsumsi langsung saat berbuka puasa.

Baca Juga: Nggak Cuma Memenuhi Perintah Agama, Begini Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

1. Es Teh

es teh
pexels.com/@pixabay

Es teh merupakan salah satu minuman yang menyegarkan dan menjadi favorit banyak orang. Selain itu, harganya yang murah dan cara pembuatannya yang mudah juga merupakan faktor yang diperhitungkan.

Namun ternyata, es teh nggak sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa lho. Hal ini karena minuman tersebut memiliki kandungan kafein yang dapat menyebabkan iritasi pada lambung kosong. Apalagi jika kamu memiliki penyakit maag.

2. Kolak Pisang

kolak pisang
instagram.com/ayudiahrespatih

Siapa sih yang nggak suka dengan kolak pisang? Minuman manis yang identik dengan takjil saat berbuka ini justru nggak baik apabila dikonsumsi langsung pada saat itu lho.

Seenggaknya, kamu harus minum air terlebih dahulu jika ingin mengonsumsinya. Hal ini karena kolak pisang terbuat dari santan karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

kolak
thesocialnomad.com

Nggak cuma itu, kolak pisang akan membuat tubuh terkejut karena tergolong makanan berat untuk perut yang kosong. Apalagi kalau di dalamnya terdapat sumber karbohidrat seperti ubi atau singkong.

Hal tersebut dapat membuat iritasi lambung, asam lambung naik, masalah pencernaan, sampai kelelahan setelah makan apabila metabolisme tubuhmu kurang baik.

3. Susu

minum susu
pexels.com/@burst

Susu merupakan minuman sehat yang bisa membantu kebutuhan energi selama menunaikan ibadan puasa. Meskipun demikian, kamu nggak sebaiknya menggunakannya sebagai pembatal puasa.

Ketika berpuasa, metabolisme dalam keadaan nggak normal dan mengalami banyak perubahan. Mulai dari pola makan, aktivitas fisik, pola tidur, fungsi organ, dan lain sebaigainya.

susu
pexels.com/@enginakyurt

Inilah yang membuat sebagian orang mengalami gangguan pencernaan ketika mengonsumsi susu saat berbuka puasa.

Nggak cuma itu, kandungan lemak yang tinggi juga cenderung sulit dicerna dan dapat melunakkan katup esofagus yang membuat asam lambung naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Puasa? Lakukan Hal Ini Agar Tetap Sehat dan Bertenaga

4. Kopi

kopi
pexels.com/@chevanon

Untuk minuman yang satu ini, kamu pasti sudah tahu kan kenapa nggak dianjurkan untuk membatalkan puasa? Kandungan kafein yang tinggi dapat membuat produksi asam lambung meningkat, apalagi dalam keadaan yang kosong.

Selain itu, kopi juga memiliki sifat diuretik yang membuatmu lebih mudah buang air kecil dan kehilangan cairan tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya makan terlebih dahulu saat berbuka dan berikan jarak waktu sebelum minum kopi.

5. Soda

minum soda
medium.com

Minuman bersoda memang menyegarkan dan terasa pas untuk menu buka puasa. Tapi, sebaiknya kamu nggak melakukannya karena gelembung karbondioksida dalam minukan tersebut dapat meningkatkan gas pada saluran pencernaan.

soda
pexels.com/@belart84

Kondisi tersebut akan membuat tubuh terkejut dan meningkatkan asam lambung yang menyebabkan maag, asam di mulut, sampai panas di dada.

Nggak cuma itu, kandungan asam sitrat dan gula yang tinggi pada soda akan menyebabkan pengikisan enamel gigi, bau mulut, dan gigi berlubang.

6. Es Krim

es krim
pexels.com/@mentatdgt-330508

Meskipun enak dan manis, sebaiknya jangan menggunakan es krim untuk membatalkan puasa. Hal ini karena suhu yang terlalu dingin akan membuat perut kaget.

Alhasil, akan terjadi masalah pencernaan yang nggak kamu inginkan. Sebaiknya kamu memberikan jeda dan menyesuikan suhu tubuh terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga: Makanan dan Minuman Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi Bersamaan, Hindari Ya!

Diantara 6 minuman yang nggak boleh langsung dikonsumsi atau dijadikan sebagai pembatal puasa di atas, kamu paling suka yang mana?

Sebaiknya batalkan puasa dengan air putih secukupnya, kemudian konsumsilah beberapa camilan manis seperti kurma sebelum dilanjutkan dengan makanan berat. Berikan jeda agar tubuh bisa menyeimbangkan diri apabila ingin mengonsumsi minuman di atas.

0 Comment