Qupas Weekend

Dari yang Romantis Sampai Bikin Nangis, 8 Film Anime Jepang Terbaik Ini Nggak Boleh Dilewatkan

11 May 2020, at 09:00
1
Dari yang Romantis Sampai Bikin Nangis, 8 Film Anime Jepang Terbaik Ini Nggak Boleh Dilewatkan

Anime merupakan salah satu karya khas Negeri Sakura yang terkenal dan digemari oleh banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kamu juga suka nggak?

Kalau iya, berikut ini Qupas rekomendasikan 8 anime movie terbaik yang nggak boleh kamu lewatkan. Jangan ngaku pecinta anime kalau belum nonton ya!

1. Your Name (2016)

Film Anime Romantis (Foto: imdb.com)
imdb.com

Siapa sih yang nggak tahu anime Jepang yang satu ini? Memiliki judul asli “Kimi No na Wa”, “Your Name” menjadi film garapan Makoto Shinkai yang laku keras dan banyak diperbincangkan pada tahun 2016 silam.

Ceritanya sendiri berfokus pada dua remaja bernama Taki Tachibana dan Mitsuha Miyamizu yang sebenarnya nggak saling mengenal. Tanpa tahu penyebabnya, mereka sering bertukar tubuh tanpa sengaja dan saling jatuh cinta seiring dengan berjalannya waktu.

Mitsuha tinggal di sebuah desa bernama Itomori, sedangkan Taki tinggal di Tokyo. Keduanya berusaha untuk bertemu, namun perjuangan mereka nggak semudah yang dibayangkan.

2. Spirited Away (2001)

Anime Movie Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

Selain “Kini No na Wa”, “Spirited Away” juga menjadi anime movie Jepang yang sayang apabila kamu lewatkan. Dirilis pada tahun 2001 lalu, film ini berhasil meraih Piala Oscar 2003 sebagai Film Animasi Terbaik.

Bergenre isekai (dunia berbeda),  film karya sutradara Hayao Miyazaki ini bercerita tentang seorang gadis berusia 10 tahun bernama Chihiro. Ia dan kedua orang tuanya tanpa sengaja tersesat dan masuk ke dunia lain yang dipenuhi oleh makhluk supernatural.

Kedua orang tua Chihiro berubah menjadi babi dan ia harus berjuang untuk mengembalikan mereka ke wujud semula. Apa yang harus dilakukan oleh gadis kecil tersebut ya?

3. 5 Centimeters Per Second (2007)

Film Anime Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

Suka dengan film romantis yang bikin nangis? Kalau iya, “5 Centimeters Per Second” wajib masuk ke daftar tontonmu!

Memiliki judul asli “Byōsoku Go Senchimētoru”, film anime ini bercerita tentang Takaki Tono dan Akari Shinohara yang bersahabat sejak kecil. Memiliki banyak kesamaan, mereka menjadi sangat dekat. Akan tetapi, keduanya berpisah setelah lulus SD karena keluarga Akari pindah.

Semakin lama, kerinduan yang ada dalam diri keduanya pun semakin besar. Pada usia 13 tahun, Takaki memutuskan untuk pergi menemui Akari di kotanya. Setelah itu, apa yang terjadi pada mereka ya? Siap-siap tisu deh kalau nonton ini!

Baca juga: 6 Anime Tentang Dunia Game yang Bikin Kamu Penasaran dan Nggak Mau Berhenti Nonton

4. Weathering With You (2019)

Anime Movie Terbaru (Foto: imdb.com)
imdb.com

Setelah “Your Name”, Makoto Shinkai menggarap anime movie berjudul “Weathering With You”. Dilihat dari ciri khasnya, sudah bisa ditebak bahwa film ini akan memiliki benyak keajaiban.

Film remaja romantis ini bercerita tentang Hodaka yang kabur dari rumah untuk pergi ke Tokyo. Pelarian tersebut nggak berjalan lancar karena berbagai masalah, terutama keadaan ekonomi yang membuat laki-laki 16 tahun tersebut sempat menggelandang.

Setelah menghadapi berbagai rintangan, Hodaka secara nggak sengaja bertemu dengan perempuan bernama Hana yang memiliki kemampuan magis untuk mengontrol cuaca. Hal tersebut pun perlahan-lahan mengubah kehidupan Hodaka.

5. Hello World (2019)

Film Anime Terbaru (Foto: imdb.com)
imdb.com

“Hello World” merupakan film sci-fi romantis yang disutradarai oleh Tomohiko Itou. Berlatar pada tahun 2027, film ini menunjukkan kecanggihan teknologi dimana segala hal tentang sejarah kota disimpan dalam sebuah mesin bernama Alltale.

Ceritanya berfokus pada seorang murid SMA bernama Naomi Katagaki. Suatu hari, ia bertemu dengan laki-laki misterius yang mengaku sebagai dirinya dari 10 tahun yang akan datang. Meskipun awalnya merasa aneh namun Katagaki akhirnya mempercayai hal tersebut.

Mereka berjuang bersama untuk mengubah masa depan dan nasib seorang gadis bernama Ruri Ichigyo yang menurut Katagaki masa depan merupakan orang yang nantinya akan dicintai oleh Katagaki di masa itu.

6. Wolf Children (2012)

Daftar Anime Movie (Foto: imdb.com
imdb.com

Film terbaik Jepang yang satu ini juga wajib masuk daftar tontonmu karena berhasil meraih berbagai penghargaan. “Wolf Children” bercerita tentang Hana, seorang gadis yang jatuh cinta dan nekat menikah dengan manusia srigala benama Ookami.

Kehidupan mereka nampak normal, bahagia, dan bahkan dikaruniai dua anak. Akan tetapi, hal tersebut tiba-tiba sirna saat Ookanami meninggal karena kecelakaan. Hana pun harus berjuang membesarkan kedua anaknya yang merupakan manusia srigala. Wah, gimana ya kelanjutannya?

Baca juga: 6 Anime Bertema Makanan yang Bikin Kamu Lapar Mata Banget!

7. A Silent Voice (2016)

Anime Movie Tersedih (Foto: imdb.com)
imdb.com

Memiliki judul lain “Koe No Katachi”, “A Silent Voice” merupakan salah satu film anime terbaik Jepang yang bercerita tentang gadis SMA tuna rungu bernama Shouka. Keadaan tersebut membuat ia dibully oleh teman-temannya.

Karena sudah keterlaluan, pihak sekolah pun mengusut kasus tersebut. Mereka kemudian menentukan laki-laki bernama Shouya sebagai pelaku utamanya dan mengeluarkannya dari sekolah. Padahal, hampir semua siswa turut andil dalam pembulian tersebut.

Setelah pindah sekolah, Shouya nggak berhenti memikirkan hal yang telah ia lakukan pada Shouka dan berniat untuk meminta maaf.

8. Howl's Moving Castle (2004)

Anime Movie Romantis (Foto: imdb.com)
imdb.com

Dirilis tahun 2004, “Howl's Moving Castle” merupakan film anime yang diadaptasi dari novel karya Diana Wynne Jones. Ceritanya sendiri berfokus pada kehidupan perempuan bernama Sophie yang dikutuk oleh penyihir jahat menjadi seorang nenek-nenek.

Untuk menghilangkan kutukan tersebut, Shopie harus mencari pangeran Howl yang istananya dapat berpindah-pindah. Berhasilkan Shopie menemukannya?

Well, dari 8 film anime Jepang terbaik di atas, mana nih yang sudah pernah kamu tonton?