'Dark Phoenix' Dicap Sebagai Seri X-Men Paling Gagal dan Banjir Hujatan, Kenapa ya?

13 June 2019, at 20:00
1
2
'Dark Phoenix' Dicap Sebagai Seri X-Men Paling Gagal dan Banjir Hujatan, Kenapa ya?

Gagal penuhi ekspektasi, banyak yang bilang 'Dark Phoenix' patut dicap sebagai seri X-Men paling gagal. Terdengar sangat jahat memang, tapi memang begitu adanya.

Film yang dibintangi oleh Sophie Turner ini banjir hujatan dari berbagai pihak. Baik dari kalangan penggemarnya ataupun kritikus.

Di situs Rotten Tomatoes sendiri, 'Dark Phoenix' hanya sanggup mendapatkan rating sebesar 23%. Hmm, kira-kira kenapa ya? Yuk cari tahu penyebabnya berikut ini!

1. Gagal puncaki box office

dark phoenix poster
collider.com

Sejak dirilis secara global pada tanggal 7 Juni 2019 kemarin, 'Dark Phoenix' hanya berhasil mengumpulkan 140 juta USD di pekan pertama penayangannya, kalah jauh dari film-film X-Men sebelumnya.

Pendapatan ini pun jauh dari ekspektasi. Karena 'Dark Phoenix' awalnya diprediksi bisa puncaki box office dengan mencetak angka 300-325 juta USD di pekan perdananya.

Baca juga: 10 Rekor yang Sudah Dipecahkan 'Avengers: Endgame' di Minggu Pertamanya

Bukan cuma itu, kabarnya akhir pekan yang buruk ini juga membuat 'Dark Phoenix' rugi hingga 1,5 triliun rupiah lebih. Karena seperti yang diketahui, untuk pembuatannya saja Fox harus menggelontorkan biaya sebesar 350 juta USD.

2. Membocorkan spoiler sendiri

mystique dark phoenix
popsugar.com

Hal yang sangat dijaga para pembuat film sebelum karyanya ditayangkan adalah spoiler. Tapi 'Dark Phoenix' justru membuat kesalahan besar dan memperlihatkan kejutannya di dalam salah satu trailernya.

Kematian karakter Mystique harusnya bisa jadi sebuah poin penting untuk keseluruhan cerita 'Dark Phoenix'. Tapi hal ini justru diperlihatkan lebih dulu dalam trailer keduanya.

3. Ide cerita dianggap sama dengan Captain Marvel

jean grey dark phoenix
timeincuk.net

'Dark Phoenix' dianggap mempunyai premis yang sangat sederhana dan nggak jauh berbeda dengan 'Captain Marvel' ataupun 'Alita: Battle Angel'.

Kedua film terbaru 2019 tersebut pada dasarnya menceritakan tentang seorang wanita yang mempunyai kekuatan luar biasa. Untuk melindungi mereka, beberapa ingatannya pun harus disembunyikan, sama dengan 'Dark Phoenix'.

Bukan isu plagiarisme yang dimaksudkan, tapi banyak yang menyayangkan timing untuk merilis film garapan sutradara Simon Kinberg ini kurang tepat. Terlebih lagi, awalnya dijadwalkan untuk rilis lebih dulu dibandingkan 'Captain Marvel' dan 'Alita: Battle Angel'.

Baca juga: 8 Film Terbaru Juni 2019 yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan

4. Mengulangi kesalahan yang sama

dark phoenix
cbsistatic.com

Banyak yang berharap penutup saga ini bisa menampilkan sesuatu yang fresh dan menggali semua potensi dari kisah Dark Phoenix yang cukup rumit.

Tapi, lagi-lagi fans harus dibuat kecewa karena semua ekspektasi mereka nggak ada yang terpenuhi. Malahan, film terbaru 'Dark Phoenix' ini hanya mengulangi kesalahan yang sama dan mengorek luka lama para penggemar.

5. Target yang kurang jelas

x-men dark phoenix
pmcdeadline2.wordpress.com

Sebuah film yang bagus memang harus memiliki pesan dan target audiens yang akan disasar dengan jelas. Tapi dilansir dari hollywoodreporter.com, 'Dark Phoenix' kurang mampu menyeimbangkan dua hal ini.

Dengan naiknya popularitas superhero wanita, film ini juga ingin mengangkat nilai-nilai feminisme. Namun sayangnya banyak hal lain yang dikesampingkan hingga membuat penonton malas untuk menyaksikannya.

6. Marketing yang kacau

dark phoenix
hearstapps.com

Produksi 'Dark Phoenix' berbarengan dengan proses akuisisi Fox oleh Disney. Ini juga yang diperkirakan membuat marketing untuk seri film X-Men yang satu ini jadi kacau.

Hingga pada akhirnya, promosi 'Dark Phoenix' yang disiapkan oleh Fox jadi kurang maksimal. Sedangkan Disney sendiri sama sekali belum ikut campur dalam proyek ini.

Harusnya, 'Dark Phoenix' bisa belajar dari 'Venom' atau 'Suicide Squad'. Meski keduanya juga banjir kritikan, tapi pihak marketing mereka cukup jitu dalam mengatasinya.

Baca juga: Fakta Terbaru Film Suicide Squad 2, Bukan Sekuel Tapi Malah Direboot Total

Itulah beberapa hal yang disinyalir membuat ‘Dark Phoenix’ dinilai sebagai seri X-Men paling gagal. Kalau menurutmu bagaimana?

2 Comment
Andhika Maheva Wicaksono
16/06 - 06:03
Pen nonton padahal 😞
Anggita
14/06 - 10:02
padahal sebelumnya banyak yang antusias, sayang banget. :(