Demi Bisa Sekolah, 4 Kisah Perjuangan Anak Indonesia Ini Bikin Hati Terenyuh

07 August 2019, at 15:00
0
0
Demi Bisa Sekolah, 4 Kisah Perjuangan Anak Indonesia Ini Bikin Hati Terenyuh

Buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah atau sudah tamat dalam mengenyam pendidikan, pasti pernah merasa malas. Hal itu bisa saja terjadi, mungkin karena malas bangun pagi, pelajaran, hingga pengajarnya.

Namun di lain tempat, masih ada banyak sekali anak-anak yang harus berjuang. Bahkan ada juga yang mempertaruhkan nyawa hanya untuk berangkat mencari ilmu di bangku sekolah.

Salah satu contohnya yang baru-baru ini viral di Instagram, dimana memperlihatkan seorang anak berjualan tisu seusai sekolah untuk menyambung hidup. Simak yuk kisahnya!

1. Berjualan Tisu di Jembatan Penyeberangan Pusat Grosir Cililitan

berjualan tisu di jembatan
instagram.com/atikah_rizkiyah

Lewat unggahan akun Instagram @atikah_rizkiyah, terlihat seorang siswa berseragam SMA yang menarik perhatian banyak orang.

Siswa tersebut berjualan tisu di jembatan penyeberangan Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur. Dalam unggahan tersebut, siswa itu mengaku ditinggal orangtuanya. Keduanya pun saat ini tinggal di Batam.

Ia harus bertahan hidup menafkahi dirinya di ibu kota. Hidup ngekos di daerah Depok dengan biaya Rp500 ribu per bulan, ia pun masih semangat melanjutkan pendidikan.

Siswa itu mengenyam pendidikan gratis hingga duduk di bangku Sekolah Menengah Atas sembari mencari uang seusai sekolah untuk menyambung hidup.

2. Kisah Bocah Laki-Laki Pergi ke Sekolah dengan Baju Kotor

bocah yang berangkat dengan baju lusuh
instagram.com/rohayatun7

Masih di sebuah unggahan media sosial Instagram, akun @rohayatun7 menceritakan tentang seorang murid sekolah dasar yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Namun karena niat dan semangat kuat untuk bersekolah, Jodi, nama sang siswa tersebut, tetap berangkat sekolah walau dengan baju kotor dan tidak menggunakan alas kaki.

Singkat cerita, kepala sekolah tempat Jodi menimba ilmu meminta beberapa guru untuk membelikan seragam sekolah khusus untuk Jodi.

Baca juga: Pria Ini Rela Seberangi Sungai Sambil Bawa Anak yang Dibungkus Plastik, Alasannya Bikin Terenyuh

3. Berangkat Sekolah Melewati Jurang

berangkat kesekolah
boombastis.com

Di Desa Suro dan Desa Karanganyar, Jawa Tengah beberapa tahun lalu sempat viral anak-anak sekolah yang harus melewati jembatan sempit untuk menyeberangi jurang sedalam 20 meter.

Banyak anak-anak sekolah, bahkan warga sekitar yang memilih melewati jembatan tersebut daripada harus memutar karena semakin memakan waktu banyak.

Seperti yang dilansir di hadisantoso.com, setahun setelah jembatan tersebut viral pihak Pemprov Jawa Tengah memberikan bantuan keuangan untuk membangun sebuah jembatan permanen yang menghubungkan kedua desa tersebut.

4. Perjuangan Siswa SD Melewati Sungai Deras

perjuangan anak SD
​​​​​​​Antara.com/Maulana Surya

Pada tahun 2017 yang lalu, sempat banyak diperbincangkan siswa di SD Negeri 1 Campoan, Situbondo yang harus menempuh perjalanan melewati sungai dan tepi tebing.

Siswa-siswa tersebut juga harus berjalan dengan jarak tempuh hingga 1 kilometer. Hal itu harus mereka pilih, lantaran jika tidak melewati sungai mereka harus menempuh jarak 3 Kilometer jauhnya.

Nah, itulah empat kisah perjuangan anak Indonesia dalam menempuh bangku sekolah. Mungkin cerita-cerita tersebut bisa membuatmu semakin termotivasi dan lebih semangat lagi dalam mencari ilmu. Ayo semangat bersekolah!

0 Comment