Deretan Film Bagus Tentang Sejarah Dunia yang Siap Memperluas Wawasanmu, Wajib Nonton!

25 March 2019, at 20:00
1
0
Deretan Film Bagus Tentang Sejarah Dunia yang Siap Memperluas Wawasanmu, Wajib Nonton!

Selain untuk melepas penat, film juga biasa dimanfaatkan sebagai sarana edukasi. Kita pun bisa menambah wawasan dalam waktu yang relatif singkat dengan cara yang menyenangkan.

Kali ini, Qupas akan membahas mengenai deretan film bagus tentang sejarah dunia yang pastinya bakalan menambah pengetahuan baru. Karena di dalamnya banyak peristiwa-peristiwa penting di masa lampau yang mungkin belum pernah kamu dengar.

Kamu juga tak perlu khawatir bakalan bosan, karena ceritanya sudah dikemas secara epik tanpa mengurangi nilai-nilai sejarah yang ada. Penasaran ada film bertema sejarah dari belahan dunia mana saja? Yuk cari tahu disini!

1. Lincoln

film lincoln
deviantart.net

Tayang di tahun 2012, film tentang sejarah yang satu ini membingkai perjuangan Abraham Lincoln pada tahun 1865. Saat itu, Presiden Amerika ke-16 ini berusaha agar amandemen ke-13 bisa disahkan sebelum perang berakhir.

Usut punya usut, amandemen itu berisi tentang penghapusan perbudakan yang selalu menjadi isu panas di Amerika saat itu. 'Lincoln' bisa jadi tontonan yang tepat bila kamu sedang mencari film barat bertema politik yang jauh dari kesan membosankan.

2. Mandela: Long Walk to Freedom

Mandela: Long Walk to Freedom
imdb.com

Dari judulnya saja, pasti kamu bisa menebak. Ya, film yang dibintangi oleh Idris Elba ini memang mengisahkan tentang perjalanan panjang Nelson Mandela untuk menumbangkan sistem apartheid di Afrika Selatan.

Mulai dari diasingkan di penjara selama 27 tahun, hingga akhirnya berhasil menjadi presiden berkulit hitam pertama di Afrika Selatan.

Yang lebih mengharukan lagi, 'Mandela: Long Walk to Freedom' besutan Justin Chadwick ini dirilis pada akhir 2013 lalu. Hanya beberapa hari sebelum Nelson Mandela meninggal dunia.

3. Soekarno

film soekarno
imdb.com

Film tentang sejarah Indonesia ini menceritakan tentang riwayat presiden pertama RI dalam memperjuangkan kebebasan rakyat dari para penjajah.

Diperankan oleh jajaran aktor ternama Indonesia seperti Aryo Bayu, Lukman Sardi, Tika Bravani, dan Maudy Koesnaedy, 'Soekarno' sempat diunggulkan untuk maju ke Academy Awards di tahun 2015 lalu. Kamu sudah nonton?

4. Hacksaw Ridge

Hacksaw ridge
imdb.com

Dibintangi oleh Andrew Garfield, 'Hacksaw Ridge' mengangkat kisah heroik Desmond Doss. Salah satu pahlawan terbaik Amerika yang tak pernah memegang senjata meski terlibat dalam ganasnya Perang Dunia II melawan tentara Jepang.

Desmond Doss yang awalnya jadi korban bully rekan satu kamp-nya hingga terancam dipenjara karena dianggap sebagai pembangkang, pada akhirnya justru dianugerahi penghargaan tertinggi "Medal of Honor" karena kegigihannya menyelamatkan lebih dari 75 tentara Amerika di Hacksaw Ridge.

'Hacksaw Ridge' bahkan dianggap sebagai salah satu film biografi terbaik dan berhasil mendapatkan standing applause selama 10 menit saat diputar di acara Venice Film Festival 2016.

Baca juga: Segera Tayang di Indonesia, Ini Penyebab Film ‘Arctic’ Tuai Standing Applause Selama 10 Menit

5. Che

film che 2008
imdb.com

Selanjutnya ada film bertema sejarah dunia yang ditayangkan pada tahun 2008. Ceritanya mengikuti perjalanan Che Guevara, sosok yang dikenal berjasa dalam merevolusi pemerintahan Kuba.

Film 'Che' akan mempertajam pengetahuanmu mengenai identitas, apa yang sebenarnya diperjuangkan, juga perjuangan Che Guevara hingga akhirnya dianggap sebagai simbol pemberontakan terhadap kediktatoran pemerintah.

6. The Pianist

film the pianist
imdb.com

'The Pianist' adalah salah satu film bagus tentang sejarah dunia yang juga akan membawamu merasakan suasana Perang Dunia II di Eropa. Atau lebih tepatnya saat Jerman dan beberapa negara lainnya menyerbu Polandia.

Film yang berhasil membawa pulang piala Oscar dalam 3 kategori sekaligus ini melihat Perang Dunia II dari sudut pandang Wladyslaw Szpilman. Seorang pianis legendaris Polandia yang berhasil bertahan hidup dari peristiwa pelik itu.

7. The Imitation Game

film the imitation game
imdb.com

'The Imitation Game' dirilis tahun 2014 lalu dan mengangkat kisah Alan Turing saat Perang Dunia II. Pasa masa itu, ia ditugaskan oleh pemerintah Inggris untuk memecahkan kode Enigma yang dipakai oleh Jerman.

Dan tak sebatas itu saja, akal jenius Alan Turing ternyata juga menyumbang banyak pada kelahiran berbagai teknologi serba canggih seperti yang kita pakai saat ini lho. Nah, supaya tahu lebih jauh lagi, kamu tentunya harus nonton film yang memborong nominasi Oscar ini.

8. Selma

film selma
imdb.com

Film 'Selma' diproduseri oleh Oprah Winfrey dan mulai ditayangkan secara luas pada Januari 2015 lalu.

'Selma' pada dasarnya adalah sebuah nama wilayah kecil di Amerika Serikat. Nah, film ini menampilkan perjalanan Martin Luther King dalam memperjuangkan hak-hak sipil warga Afrika-Amerika di sana.

Itulah 8 rekomendasi film bagus bertema sejarah dunia yang wajib kamu tonton. Keren abis dan banyak pengetahuan yang bisa didulang dari ceritanya.

0 Comment