Deretan Film dan Drama Korea yang Terinspirasi dari Kasus Pembunuhan Berantai Hwaseong

20 September 2019, at 20:00
0
0
Deretan Film dan Drama Korea yang Terinspirasi dari Kasus Pembunuhan Berantai Hwaseong

Kasus pembunuhan berantai di Korea Selatan yang menjadi misteri selama 30 tahun akhirnya berhasil diungkap. Baru-baru ini, pihak kepolisian menetapkan seorang pria berusia 50-an sebagai tersangka utamanya.

Hal ini setelah dikonformasi DNA pria tersebut cocok dengan setidaknya dua dari 10 kasus pemerkosaan dan pembunuhan yang terjadi di Hwaseong dalam kurun waktu tahun 1986-1991 silam.

Kasus pemerkosaan dan pembunuhan berantai yang sempat menggegerkan Negeri Ginseng ini ternyata sudah beberapa kali di angkat ke layar kaca ataupun layar lebar. Nah, berikut ini adalah daftar film dan drama Korea yang terinspirasi dari kasus di Hwaseong.

1. Memories of Murder (2003)

Memories of Murder (2003)
imdb.com

Kasus pembunuhan berantai di Hwaseong pertama kali diangkat ke layar lebar pada tahun 2003 lalu lewat film berjudul 'Memories of Murder'. Ceritanya pun nggak jauh berbeda dari kisah aslinya.

Diceritakan pada tahun 1986, ditemukan jasad seorang perempuan di selokan yang diduga telah diperkosa. Nggak lama kemudian, ada kasus serupa yang kejadiannya pun cukup dekat dari lokasi sebelumnya.

Karena keterbatasan teknologi forensik pada saat itu, detektif yang menangani kasus ini pun dibuat kewalahan.

2. Confession of Murderer (2012)

confession of murderer 2012
mydramalist.com

Kalau mau menyaksikan film thriller Korea hasil adaptasi kasus Hwaseong dari sudut pandang yang berbeda, kamu wajib nonton 'Confession of Murderer'. Ceritanya juga diawali dari peristiwa pembunuhan berantai di tahun 1986-1991 yang sulit untuk dipecahkan.

Tapi siapa sangka, setelah 17 tahun berlalu seorang laki-laki bernama Lee Doo Seok muncul dan mengaku bahwa dirinyalah pelaku pembunuhan berantai tersebut.

Pengakuannya ini justru membuat detektif yang menangani kasus Hwaseong curiga. Kira-kira benarkah Lee Doo Seok pelakunya?

Baca juga: Deretan Film Action Korea Terbaru yang Nggak Kalah Keren dari Buatan Hollywood

3. Gap-dong (2014)

gap-dong 2014
imdb.com

Cerita dalam drama Korea bergenre kriminal ini mengikuti kisah Moo Yeom. Dua puluh tahun sebelumnya, sang ayah diduga menjadi dalang dari kasus pembunuhan berantai.

Akibat tekanan dari detektif yang menyelidiki kasus tersebut, ayah Moo Yeom pun akhirnya bunuh diri. Setelah 17 tahun berlalu, peristiwa serupa kembali terjadi.

Kali ini, Moo Yeom yang sudah menjadi detektif pun betekad untuk memecahkan kasus tersebut.

4. Signal (2016)

signal 2016
dizilost.com

'Signal' termasuk drama Korea adaptasi kasus Hwaseong terbaik yang tayang di tahun 2016 dan sukses mendapatkan rating tinggi di sepanjang 16 episode-nya.

Menggandeng bintang ternama seperti Lee Je Hoon, Kim Hye Soo, dan Cho Jin Woong, 'Signal' menceritakan tentang seorang detektif di masa kini yang bisa berkomunikasi dengan detektif di masa lalu menggunakan walkie-talkie misterius.

Berbagai clue dan informasi yang didapatkan dari pembicaraan mereka akhirnya digunakan untuk memecahkan berbagai kasus yang sulit dipecahkan. Nggak cuma seru dan bikin penasaran, drama Korea bertema time travel ini pun berhasil memukau berkat bumbu fantasi yang dihadirkan.

5. Tunnel (2017)

tunnel 2017
unicartapp.com

Selain 'Signal', 'Tunnel' juga mengadaptasi kasus Hwaseong dan menambahkan bumbu fantasi di dalamnya. Ceritanya bermula di tahun 1986 ketika detektif Park Gwang Ho mengejar pelaku pembunuhan berantai yang masuk ke terowongan.

Namun hal aneh justru menimpanya, ketika keluar dari terowongan tersebut Park Gwang Ho sudah terlempar ke tahun 2017. Karena niatnya untuk kembali selalu gagal, ia pun memutuskan ingin tetap menyelesaikan tugasnya meski keadaan telah banyak berubah.

'Tunnel' yang dibintangi oleh Choi Jin Hyuk, Yoon Hyun Min, Lee Yoo Young, dan Jo Hee Bong ini harus ditonton kalau kamu suka dengan drama Korea yang menceritakan tentang psikopat.

Baca juga: 6 Drama Korea Tentang Psikopat yang Sadis dan Pandai Memanipulasi, Awas Tertipu!

Itulah beberapa drama dan film Korea terbaik yang ceritanya terinspirasi dari kasus pembunuhan berantai Hwaseong. Kamu sudah pernah nonton apa belum?

0 Comment