Desa Butuh Kaliangkrik, Jalur Pendakian Gunung Sumbing yang Punya Banyak Bonus

17 June 2019, at 17:00
0
0
Desa Butuh Kaliangkrik, Jalur Pendakian Gunung Sumbing yang Punya Banyak Bonus

Desa Butuh Kaliangkrik adalah salah satu jalur pendakian Gunung Sumbing yang letaknya di Kabupaten Magelang. Kawasan ini disebut-sebut punya pemandangan yang cantik banget.

Tanpa harus mendaki ke Gunung Sumbing pun, kamu juga bisa mampir ke desa ini. Tertarik berkunjung ke sana? Simak dulu info di bawah ini!

Baca juga: Gunung Sumbing dan Sindoro Terlihat Sangat Cantik dari 5 Wisata di Temanggung Ini

1. Basecamp pendakian Gunung Sumbing

desa butuh magelang
instagram.com/nitaesd

Sejatinya, desa di Magelang ini memang digunakan sebagai rute pendakian Gunung Sumbing dan disebut Jalur Sejati. Jalur pendakian Gunung Sumbing via Kaliangkrik ini akan memberikanmu nikmatnya suasana yang sepi.

Bahkan bisa dibilang pendaki bakal dapat banyak 'bonus' saat melewati Desa Butuh. Pun demikian buat pengunjung yang cuma ingin menikmati hawa sejuk dan suasana asri pedesaan.

2. Pemandangan bak luar negeri

desa butuh kaliangkrik
instagram.com/weekdaystraveler

Sekilas pemandangan yang kamu lihat di foto ini seperti Swiss. Lengkap dengan rumah-rumah warga dan hamparan hutan nan hijau. Tapi pada kenyataannya tempat ini ada di Indonesia.

Desa yang terletak di kawasan Gunung Sumbing ini pun sering disebut-sebut mirip dengan Namache Bazaar di Nepal. Ditambah dengan rumah-rumah yang berjejer rapi dari bawah ke atas semakin membuat kawasan ini menawan.

3. Desa dengan akses wifi lancar

desa butuh
instagram.com/arwannasa

Desa Butuh Kaliangkrik bukan cuma menyajikan pemandangan asri dan mirip luar negeri. Kawasan ini bahkan sudah modern, lho.

Nggak perlu takut ketinggalan informasi, karena jaringan internet di wilayah desa ini sudah lancar. Ada wifi berbayar yang bisa kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya. 

Baca juga: Wah! Wisata di Indonesia Ini Mirip dengan Tempat Lain di Luar Negeri, Sudah Tahu?

4. Penginapan di Desa Butuh

jalur sejati gunung sumbing
instagram.com/yanuar_kintel

Nggak puas cuma sehari berkunjung ke Desa Butuh? Kamu juga bisa menemukan penginapan di sekitarnya.

Meski bukan hotel, ada banyak rumah warga yang disewakan untuk bisa kamu tempati. Karena ada di lingkungan pedesaan, kemungkinan besar budget yang perlu kamu bayar nggak bakal menguras kantong.

5. Cara ke Desa Butuh Kaliangkrik

desa butuh kaliangkrik magelang
instagram.com/fakhriazhr

Lokasi Desa Butuh ada di Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Karena akses angkutan umum untuk ke lokasi cukup sulit, jadi lebih baik sewa kendaraan milik warga. Sebelum berangkat, kamu bisa mencari informasi tentang penyewaan kendaraan. Lalu hubungi pemiliknya untuk melakukan negosiasi.

Dari Terminal Tidar Magelang, estimasi waktu yang kamu perlukan adalah sekitar 1 jam lebih. Sesampainya di kawasan desa, kamu akan diuji dengan jalan desa yang menanjak dan cuma bisa ditempuh dengan jalan kaki kalau ingin lanjut ke basecamp pendakian Gunung Sumbing.

Baca juga: Selain Harus Booking Online, Ini Panduan Terbaru untuk Mendaki Gunung Merbabu

Gimana, tertarik untuk liburan ke Desa Butuh Kaliangkrik? Entah untuk sekedar menikmati suasana asri pedesaan atau pengen langsung mendaki ke Gunung Sumbing, tempat ini pasti bakal bikin kamu susah move on saking cantiknya.

0 Comment