Di Balik Baunya yang Menyengat, Jengkol Menyimpan Banyak Manfaat

06 October 2019, at 10:00
0
0
Di Balik Baunya yang Menyengat, Jengkol Menyimpan Banyak Manfaat

Siapa sih yang nggak tahu jengkol? Bahan makanan yang satu ini memang memiliki banyak penggemar karena rasanya yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan.

Meskipun demikian, nggak sedikit juga lho yang nggak menyukainya. Baunya yang menyengat seringkali membuat orang menghindarinya.

Akan tetapi, di balik bau menyengat tersebut ternyata tersimpan banyak khasiat. Berikut ini beberapa manfaat jengkol yang masih belum kamu ketahui.

1. Mencegah Anemia

anemia
pexels.com/@marcelo-chagas-861665

Memiliki kandungan zat besi yang tinggi, jengkol dapat membantu mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Kekurangan zat besi akan mengakibatkan penurunan produksi sel darah meran sehingga membuat pasokan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh terhambat. Oleh sebab itu, mengonsumsi jengkol secara rutin dapat membantu tubuh memulihkan anemia.

2. Mencegah Diabetes

tes diabetes
thehealthy.com

Selain anemia, jengkol ternyata juga dapat membantu mencegah dan mengatasi diabetes lho. Kandungan di dalam bahan makanan tersebut mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Menurut sebuah penelitian, jengkol memiliki kelenjar Langerhands yang bertanggung jawab dalam menghasilkan hormon insulin dan berbagai hormon penting yang dapat mengatur gula darah dalam tubuh.

3. Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

ibu hamil sakit perut
honestdocs.co

Pada ibu hamil, jengkol ternyata bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Kondisi tersebut disebabkan oleh kandungan serat tinggi yang ada di dalamnya.

Meskipun demikian, ibu hamil perlu berhati-hati terhadap porsi jengkol yang dikonsumsi agar nggak berbalik menyebabkan masalah kesehatan.

4. Menyembuhkan Maag

maag
hellosehat.com

Buat kamu penderita maag, nggak ada salahnya mencoba mengonsumsi jengkol untuk menyembuhkan masalah kesehatan lambung tersebut.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi jengkol cenderung membuat lambung terlindungi dan terhindar dari masalah pencernaan.

Baca Juga: Waspada, 8 Penyebab Maag Kronis Ini Sering Disepelekan

5. Membantu Pembentukan Jaringan Tubuh

manfaat jengkol
statusaceh.net

Tahukah kamu, ternyata jengkol memiliki kandungan protein yang bahkan jauh lebih banyak apabila dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan kedelai.

Kandungan protein yang tinggi tersebut dapat membantu pembentukan jaringan tubuh.

6. Menangkal Radikal Bebas

jengkol
steemkr.com

Siapa sangka, jengkol mengandung banyak antioksidan seperti polifenol, terpenoid, dan alkaloid yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan membantu melawan radikan bebas penyebab berbagai penyakit seperti gangguan jantung, metabolik, diabetes, kanker, dan lain sebagainya.

7. Memperkuat Tulang dan Gigi

gigi sehat
pexels.com/@pixabay

Manfaat jengkol lainnya yaitu membantu menguatkan tulang. Hal tersebut disebabkan oleh akndungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi di dalamnya.

Mengonsumsi jengkol secara rutin dapat membuat tulang dan gigi menjadi lebih sehat, kokoh, dan terhindar dari berbagai penyakit.

Nggak nyangka, ternyata manfaat jengkol cukup banyak ya Sobat Qupas. Mengetahui hal tersebut, yakin kamu masih nggak mau mengonsumsinya?

0 Comment