Qupas Travel

Di Balik Keindahannya, 7 Air Terjun di Pulau Jawa Ini Konon Menyimpan Cerita Mistis

22 February 2020, at 08:00
Di Balik Keindahannya, 7 Air Terjun di Pulau Jawa Ini Konon Menyimpan Cerita Mistis

Keindahan bukan satu-satunya hal yang menjadi daya tarik dari sebuah tempat wisata Indonesia di mata traveler. Kadang, mitos maupun cerita mistis yang menyelimutinya juga terlibat. Termasuk wisata air terjun di Pulau Jawa.

Siapa sangka, ternyata di balik keindahannya, sederet air terjun tersebut punya cerita mistis yang dipercaya oleh sebagian orang.

Tapi, bukan membuatnya semakin dihindari traveler. Justru perpaduan antara pesona alam dan cerita tersebut justru membuat air terjun di Pulau Jawa berikut ini semakin menarik. Simak deh dimana saja lokasinya!

1. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang (Foto: instagram.com/warmanwardhani)
instagram.com/warmanwardhani

Berada di wisata Magelang ini, kamu bisa menyaksikan Gunung Merapi dari gardu pandang tanpa harus muncak. Ditambah dengan panorama air terjun yang mengalir, membuat Kedung Kayang semakin memesona.

Tapi, di balik keelokannya, Air Terjun Kedung Kayang juga menyimpan mitos serta cerita mistis. Pertama, air di destinasi ini dipercaya berasal dari pecahan telur angsa.

Kemudian, cerita mistis di Air Terjun Kedung Kayang lainnya menyebut bahwa setiap malam Jumat Kliwon sering terdengar suara gamelan Jawa yang sangat nyaring.

Lokasi Air Terjun Kedung Kayang : Nagrong, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah

Tiket masuk Air Terjun Kedung Kayang : Rp4 ribu dan Rp500 untuk asuransi (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura (Foto: instagram.com/eye.of.ty)
instagram.com/eye.of.ty

Penampakan air yang mengalir di antara dinding tebing bakal kamu saksikan saat mengunjungi Air Terjun Madakaripura. Kalau beruntung, kadang ada cahaya matahari yang seolah terhalang untuk masuk ke celah-celah tebing.

Bukan hanya indah, wisata Probolinggo yang berbentuk ceruk dan dikelilingi perbukitan ini menyimpan kisah mistis. Menurut warga sekitar, ada sosok harimau putih yang dianggap sebagai penunggu Air Terjun Madakaripura. Hmm, bener nggak sih?

Lokasi Air Terjun Madakaripura : Sapih, Branggah, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur

Tiket masuk Air Terjun Madakaripura : Rp11 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Curug Seribu

Curug Seribu (Foto: instagram.com/rizkisetiawant)
instagram.com/rizkisetiawant

Debit air yang sangat deras adalah hal yang menarik di wisata alam Bogor ini. Suasana di sekitar Curug Seribu pun sangat asri, membuat siapa saja betah berlama-lama di sini.

Mampir ke wisata ini, kita boleh menikmati keindahan air terjun. Tapi, ada garis pembatas yang terbuat dari tali sebagai peringatan kita dilarang untuk melewatinya. Hal ini demi keselamatan pengunjung, mengingat dulu pernah ada wisatawan yang tenggelam dan jasadnya susah mengapung.

Lebih mengejutkan, ternyata di Curug Seribu juga sering terjadi kesurupan. Mereka yang dirasuki pun menitipkan pesan pada pengelola untuk menjaga tempat tersebut dan memperingati agar nggak memasuki area terlarang.

Lokasi Curug Seribu : Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat

Tiket masuk Curug Seribu : Rp15 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

4. Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip (Foto: instagram.com/rizki_firman_a)
instagram.com/rizki_firman_a

Air terjun di Pulau Jawa selanjutnya ada di Kabupaten Tuban. Berjarak sekitar 37 kilometer ke arah barat daya dari pusat kota, pemandangan cantik air yang mengalir bak tirai bisa kamu saksikan. Bahkan kamu nggak perlu basah-basahan, karena di wisata Tuban ini sudah tersedia gardu pandang.

Kini, Air Terjun Nglirip memang sudah lebih modern. Meski begitu, mitos dan cerita mistis masih menyelimuti kawasan ini. Dimana pasangan kekasih yang berpacaran di area ini setelah 40 hari kemudian akan putus.

Cerita ini bermula ketika di zaman dulu ada sepasang kekasih beda kasta yang hubungannya nggak direstui oleh orang tua lelaki. Si pria meninggal, kemudian kekasihnya yang patah hati mulai bertapa di Air Terjun Nglirip. Konon, sosok gadis ini masih sering gentayangan.

Lokasi Air Terjun Nglirip : Desa Mulyo Agung, Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tiket masuk Air Terjun Nglirip : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: 6 Air Terjun di Jawa Timur dengan Gardu Pandang

5. Curug Panganten

Curug Panganten Bandung (Foto: instagram.com/aditia.putra.21)
instagram.com/aditia.putra.21

Berada di ketinggian kurang lebih 1.050 mdpl, Curug Panganten memiliki udara yang sejuk dan pemandangan cantik. Wisata alam di Bandung Barat dengan ketinggian sekitar 50 meter ini memiliki dua aliran terjun yang saling berdampingan.

Sesuai namanya, air terjun di Bandung ini disebut demikian karena dipercaya berhubungan dengan sepasang pengantin. Konon, Curug Panganten sempat menewaskan sepasang kekasih yang baru saja menikah dan berkunjung ke tempat ini. Sayangnya, jasad keduanya belum ditemukan sampai sekarang.

Lokasi Curug Panganten : Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 

Tiket masuk Curug Panganten : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

6. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu (Foto: instagram.com/pangeraann_)
instagram.com/pangeraann_

Terletak di lereng Gunung Lawu, membuat suasana sekitar Grojogan Sewu masih sangat alami. Udara segar pun siap memanjakanmu ketika mampir ke wisata Tawangmangu ini.

Namun lagi-lagi kisah mistis juga menyelimuti tempat ini. Katanya, sering dijumpai penampakan Kyai Baladewa dan kuntilanak. Patung ular di sekitar lokasi air terjun pun dipercaya sebagai tanda perbatasan dengan dimensi lain.

Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu : Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Tiket masuk Air Terjun Grojogan Sewu : Rp15 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

7. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk (Foto: instagram.com/mr.dedihary1912)
instagram.com/mr.dedihary1912

Dari pusat Kota Jogja, jarak Air Terjun Sri Gethuk sekitar 42 kilometer. Wisata yang memiliki 3 sumber seperti Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul ini disejajarkan dengan Grand Canyon, lho.

Mesi begitu, kisah mistis nggak lepas dari wisata Jogja satu ini. Konon, di sinilah tempat raja siluman bernama Anggo Menduro bersama makhluk halus sejenisnya tinggal.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk : Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Jogja

Tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk : Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Well, itu dia air terjun di Pulau Jawa yang memiliki cerita mistis. Mau percaya atau nggak, tempat-tempat wisata tersebut tetap menjadi favorit banyak traveler kok.