Di Balik Sakitnya Patah Hati, Ada Hal-hal yang Harus Kamu Syukuri

12 May 2019, at 08:00
0
0
Di Balik Sakitnya Patah Hati, Ada Hal-hal yang Harus Kamu Syukuri

Patah hati karena putus cinta atau ditolak oleh orang yang kamu sayangi pasti menyisakan perasaan nggak nyaman dan menyakitkan.

Sedih, kecewa, dan merasa nggak berguna merupakan hal-hal yang wajar kamu rasakan. Meskipun demikian, ada baiknya jika kamu nggak larut dalam kesedihan dan melupakan kehidupan.

Dicampakkan oleh kekasih atau ditolak oleh gebetan bukan akhir dari segalanya kok. Ada hal-hal yang bisa kamu syukuri di balik sakitnya patah hati seperti berikut ini.

Baca Juga: Tahapan Patah Hati yang Pasti Kamu Lalui, Sudah Pernah? 

1. Sadar Ia Bukan Orang yang Tepat

sadar ia bukan orang yang tepat
pexels.com/@edwardutra

Salah satu keuntungan atau hal yang bisa kamu syukuri saat sedang patah hati adalah mengetahui bahwa ia bukanlah orang yang tepat.

Ditolak atau dicampakkan oleh seseorang berarti kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mencari sosok yang lebih cocok denganmu. Kamu nggak perlu membuang banyak waktu untuk hubungan dan perasaan yang nggak pasti lagi.

2. Menjadi Lebih Bijaksana

lebih bijaksana
pexels.com/@danxavier

Pengalaman putus cinta atau mendapatkan penolakan dapat dialami oleh siapapun. Masing-masing orang memiliki cara yang unik untuk mengatasinya dan menyembuhkan luka.

Namun, meskipun caranya berbeda-beda, semua orang yang pernah mengalami patah hati akan menjadi lebih bijaksana dalam menghadapi cinta.

menjadi bijaksana
pexels.com/@jeffreyreed

Pengalaman pahit dan menyakitkan yang pernah terjadi padamu akan membentuk sebuah presepsi atau pemikiran baru terhadap cinta dan hubungan asmara.

Kamu menjadi lebih realistis dan berpikir terbuka sehingga bisa menjadi lebih bijaksana agar kesalahan yang sama nggak terulang kembali dan nggak mengalami patah hati lagi.

3. Tahu Ada Orang Lain yang Menyayangimu

ada orang lain yang menyayangimu
pexels.com/@anafrancisconi

Ketika patah hati, kamu akan menangis dan mencurahkan segala kekesalan di hati pada orang-orang dekat seperti sahabat dan keluarga.

Dari sini, kamu akan menyadari bahwa ada orang lain yang menyayangimu dan mau memberikan pelukan dan bahunya untuk menghiburmu.

Baca Juga: Jika Tunjukkan Tanda-Tanda Ini, Berarti Sahabat Benar-Benar Tulus Menyayangimu!

4. Memiliki Waktu Luang untuk Dirimu Sendiri

memiliki waktu me time
pexels.com/@alexandermils

Jika kamu mengalami patah hati karena ditinggalkan oleh kekasih, hal yang dapat disyukuri dari kejadian tersebut adalah kamu memiliki waktu luang yang lebih untuk dirimu sendiri.

Menjadi jomblo atau single nggak selamanya menyebalkan kok. Justru kamu bisa menjadi lebih bebas dan fokus pada kebahagiaanmu sendiri, bukannya sibuk membahagiakan orang lain.

Me time merupakan sisi terbaik saat kamu sedang patah hati yang harus disyukuri. Lakukanlah hal tersebut tanpa harus memikirkan orang lain.

5. Bisa Tahu Apa yang Kamu Mau

memahami diri sendiri
pexels.com/@olly

Setelah melalui hari-hari yang menyesakkan dada, kamu akan mulai berpikir tentang bagaimana hubungan atau cintamu berakhir.

Merenungkan tentang hubungan yang telah berakhir tersebut akan membuatmu sadar tentang kekurangan di dalamnya. Mungkin selama ini ada hal-hal yang nggak adil untukmu namun kamu nggak merasakannya karena telah dibutakan oleh cinta.

tau apa yang kamu mau
pexels.com/@lucaspezeta

Maka, salah satu hal yang bisa kamu syukuri saat sedang patah hati adalah bisa tahu apa yang kamu mau. Hal ini akan lebih mempermudah hubunganmu yang selanjutnya sehingga kamu nggak banyak tersiksa hanya karena cinta.

6. Lebih Kuat, Dewasa, dan Mandiri

lebih kuat dewasa dan mandiri
pexels.com/@moose-photos-170195

Mengalami patah hati merupakan salah satu pengalaman yang menunjukkan bahwa nggak selamanya keinginanmu menjadi kenyataan.

Hal tersebut akan melatihmu menjadi orang yang lebih kuat, dewas, dan mandiri tanpa harus bergantung pada orang yang kamu sayangi.

Jadi gimana Sobat Qupas, kamu sudah bisa mensyukuri 6 hal di atas nggak? Meskipun pasti sulit saat patah hati, tapi lama-kelamaan kamu akan menyadari dan merasakan keuntungan tersebut kok!

0 Comment