Dianggap Buang Waktu, Melamun Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan Otak dan Tubuh

19 November 2019, at 10:00
0
0
Dianggap Buang Waktu, Melamun Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan Otak dan Tubuh

Melamun merupakan kegiatan mengasyikkan yang disukai oleh banyak orang. Sebuah studi menunjukkan bahwa rata-rata orang menghabiskan waktu sekitar 30 sampai 50 persen untuk melakukan hal tersebut.

Wah, cukup lama ya? Padahal, melamun seringkali dianggap sebagai kegiatan yang kurang bermanfaat dan hanya membuang-buang waktu saja lho.

Akan tetapi, beberapa penelitian justru menemukan bahwa melamun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan otak dan tubuh yang nggak disangka-sangka, seperti berikut ini.

1. Menurunkan Stres dan Tekanan Darah

mengatasi stres
easyhealthoptions.com

Manfaat melamun bagi kesehatan yang pertama adalah menurunkan tekanan darah dan juga mengurangi tingkat stress dengan cepat. Kegiatan tersebut dianggap mampu mengosongkan pikiran dan menjadi bentuk lain dari meditasi.

Alhasil, saat melamun tubuh akan menjadi lebih rileks, nyaman, dan kadar hormon kortisol pun menurun. Hal tersebut secara nggak langsung juga akan menstabilkan tekanan darah.

2. Meningkatkan Kreativitas

melamun
shutterstock.com

Dilansir dari Psychology Today, sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Creativity Research Journal menunjukkan bahwa melamun memiliki kaitan yang erat dengan tingkat kreativitas seseorang.

Saat melamun, pikiran dapat menjelajah ke berbagai bagian otak dan mengumpulkan berbagai informasi yang dapat saling dihubungkan. Hal tersebut yang kemudian memunculkan ide kreatif.

3. Mempertajam Daya Ingat

manfaat melamun
liderempresarial.com

Manfaat melamun bagi kesehatan otak lainnya adalah dapat mempertajam daya ingat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Wisconsin dan Max Planck Institure for Human Cognitive and Brain Sciences telah menunjukkan hal tersebut.

Peneliti mengklaim bahwa peserta yang melamun saat diberikan tugas lebih dapat mengingat informasi dan menunjukkan adanya peningkatan memori.

Baca Juga: 6 Kegiatan Nggak Terduga Ini Ternyata Bisa Mencerdaskan Otakmu

4. Membantu Menyelesaikan Masalah

manfaat melamun bagi kesehatan otak
dissolve.com

Tahu nggak sih, sering melamun ternyata juga meningkatkan kemampuanmu dalam hal menyelesaikan masalah.

Penelitian menunjukkan bahwa bagian otak yang kompleks dan berperan dalam hal penyelesaian masalah justru sangat aktif ketika seseorang sedang melamun.

5. Meningkatkan Empati

meningkatkan empati
processtolove.com

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Psychological Bulletin menyebutkan bahwa orang yang sering melamun cenderung memiliki empati yang tinggi.

Saat melamun, seseorang biasanya akan merenungi tentang apa yang dipikirkan oleh orang lain sehingga dapat melihat dari sisi atau perspektif yang berbeda.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat melamun bagi kesehatan otak dan tubuh yang perlu kamu ketahui. Nggak terduga ya?

0 Comment