Dianggap Jorok, Beberapa Kebiasaan Ini Justru Menyehatkan Tubuhmu

08 February 2019, pada 09:00
0
0
Dianggap Jorok, Beberapa Kebiasaan Ini Justru Menyehatkan Tubuhmu

Sejak kecil, kamu sudah diajarkan bagaimana cara menjaga kebersihan. Harus mencuci tangan sebelum dan setelah makan, menggosok gigi serta mandi dua kali sehari, membuang sampah pada tempatnya dan lain sebagainya.

Kebiasaan bersih harus diterapkan sejak dini karena dianggap sebagai sumber kesehatan. Memang kedua hal tersebut saling berkesinambungan dan terkait.

Namun, kamu juga harus tahu bahwa ada kebiasaan yang mungkin dianggap jorok bagi orang lain, tetapi bisa menyehatkan tubuhmu. Apa saja?

1. Kentut

kentut kebiasaan jorok menyehatkan
hellosehat.com

Kentut ketika sedang sendirian mungkin akan terasa biasa saja bagimu. Tetapi kalau hal ini terjadi di tempat umum, orang-orang sekitar akan merasa bahwa kamu melakukan hal yang tidak sopan dan menjijikkan.

Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih untuk menahan kentut di tempat umum. Padahal, kentut memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Mungkin kamu tidak sadar, namun tubuh mengeluarkan gas sekitar 14 kali sehari dan sebanyak 3 sampai 5 kali saat kamu sedang tidur.

Kebiasaan ini akan membantu tubuh mengeluarkan gas karbon dioksida dan metana yang diproduksi serelah makan. Menahan kentut hanya akan membuatmu sakit, dari sekedar kembung hingga sakit parah.

2. Kencing sambil Mandi

kebiasaan jorok tapi sehat kencing sambil mandi
servingjoy.com

Para peneliti mengungkapkan bahwa sekitar hampir 75 persen orang pernah kencing sambil mandi. Mungkin hal ini terasa janggal dan menjijikkan bagi orang lain.

Tetapi, penelitian menyebutkan bahwa asam urat dan amonia yang terkandung dalam kencing dapat membantu mencegah infeksi jamur di kaki, lho.

Baca Juga: Warna Urin Bisa Tunjukkan Kesehatanmu, Lho

3. Sendawa

sendawa jorok tapi sehat
hellosehat.com

Bagi sebagian orang, bersendawa merupakan kebiasaan jorok yang sebaiknya tidak dilakukan. Namun, hal ini sebenarnya perlu dilakukan untuk mengeluarkan gas-gas yang terperangkap di dalam perut setelah makan.

Menahan sendawa hanya akan membuatmu menyimpan gas di dalam perut dan memnyebabkan percikan asam lambung ke kerongkongan yang bisa menyebabkan nyeri dada.

Orang yang memiliki penyakit maag atau bermasalah dengan asam lambung biasanya akan lebih banyak bersendawa daripada orang lain.

4. Jarang Mandi

kebiasaan jorok tapi sehat jarang mandi
hellosehat.com

Banyak orang yang menganggap bahwa jarang mandi merupakan kebiasaan jorok. Tetapi, ternyata ada fakta mengejutkan tentang hal ini, lho.

Melakukan kegiatan tersebut dengan rutin dua kali sehari akan menghilangkan minyak esensial dari kulit dan rambut.

Padahal, minyak tersebut diperlukan untuk menghidrasi tubuh secara alami. Bahkan, mandi dengan air panas tanpa sabun pun sudah bisa membunuh bakteri baik yang berguna untuk kulit sehat dan bersinar.

Meskipun demikian, jangan sama sekali tidak mandi, ya! Bukannya kuman baik yang tertinggal, malah penyakit yang akan menghampiri.

5. Meludah

meludah kebiasaan jorok menyehatkan
goal.com

Kebiasaan jorok menyehatkan selanjutnya yaitu meludah. Hal ini bisa terlihat menjijikkan apabila dilakukan di tempat umum. Meskipun begitu, siapa sangka hal ini akan mempermudah pernapasan saat sedang berolahraga.

Pernah tidak kamu memperhatikan pemain sepakbola? Mereka meludah saat napas sedang terengah-engah untuk bernapas lebih mudah. Kondisi ini terjadi karena ketika sedang berolahraga, kebanyakan orang bernapas dengan mulut.

Sehingga produksi air liur akan meningkat dan menggangu pernapasan. Oleh sebab itu, meludahkannya akan memperlancar keluar masuknya udara.

Baca Juga: Dampak Serius Ini Bisa Kamu Alami Jika Sering Terkena Polusi

6. Menggigit Kuku

menggigit kuku kebiasaan jorok
hellosehat.com

Siapa yang memiliki kebiasaan jorok menggigit kuku? Kamu pasti sering dimarahi oleh orang tua atau sahabatmu karena melakukan hal tersebut.

Padahal, menggigit kuku dianggap dapat meningkatkan sistem umun atau kekebalan tubuh. Hal dapat terjadi karena bakteri yang masuk membuat tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk melawannya.

7. Memakan Upil

kebiasaan jorok menyehatkan memakan upil
shutterstock.com

Mengorek hidung dan memakan kotorannya pasti merupakan kebiasaan yang menjijikkan bagi sebagian besar orang. Namun, penelitian menyebutkan bahwa hal tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho.

Hal ini karena upil mengandung mucina saliva yang dianggap mampu melawan bakteri dalam rongga mulut. Selain itu, produksi sel darah putih juga akan meningkat. Sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit.

8. Kamar Berantakan

kebiasaan yang menjijikkan kamar berantakan
id.pinterest.com

Siapa yang kamarnya sering berantakan? Jangan malu dan akuilah kebaiasaan burukmu yang satu itu. Kondisi ruangan yang seperti kapal pecah tersebut justru dikatakan dapat menyehatkan tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kingston University menyebutkan bahwa ruangan yang berantakan justru membuat kutu dan bakteri sulit untuk bertahan hidup.

Baca Juga: Jangan Malu, Ini Manfaat Menangis Bagi Tubuh

Jika dibersihkan, kutu dan bakteri akan terperangkap dalam selimut dan menyebabkan penyakit. Usahakan untuk membiarkan kamar selama beberapa jam sampai terkena sinar matahari agar mereka tidak dapat berkembang biak dan mati.

Dari 8 kebiasaan jorok tapi menyehatkan di atas, mana yang paling sering kamu lakukan? Meskipun bisa menyehatkan tetapi tidak lantas kamu boleh mengesampingkan kebersihan, ya! Bagaimana pun menjaga kebersihan akan membuatmu sehat dan terlihat rapi.

0 Komentar