Dianggap Menjijikkan, Undur-undur Ternyata Punya Sejuta Kebaikan untuk Kesehatan

17 July 2019, at 09:00
0
1
Dianggap Menjijikkan, Undur-undur Ternyata Punya Sejuta Kebaikan untuk Kesehatan

Undur-undur merupakan hewan kecil yang biasanya hidup di dalam pasir. Dalam bahasa Jawa, hewan ini juga dikenal dengan nama tembukur yang artinya hewan yang berjalan mundur.

Bagi sebagian orang, hewan kecil ini mungkin terkesan menjijikkan. Padahal, undur-undur sejak lama sudah dikenal sebagai obat tradisional yang mujarab oleh masyarakat Tionghoa.

Berikut ini manfaat undur-undur bagi kesehatan yang harus kamu ketahui, jangan jijik dulu ya.

Baca Juga: Manfaat Tersembunyi di Balik Tubuh Mungil Ikan Teri untuk Kesehatan

1. Mengobati Diabetes

diabetes
dailypost.ng

Sudah sejak lama masyarakat Tiongkok mengenal undur-undur sebagai obat tradisional bagi penderita diabetes. Biasanya, hewan kecil tersebut dikonsumsi dengan cara dimasukkan ke dalam kapsul.

Khasiat undur-undur bagi penderita diabetes dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Universitas Gajah Mada.

kapsul undur-undur
healthline.com

Dalam studi tersebut, disebutkan bahwa hewan tersebut mengandung senyawa sulfonylurea yang dapat membantu pankreas memproduksi insulin secara alami.

Senyawa tersebut merupakan zat sama yang digunakan dalam pembuatan obat diabetes. Sayangnya, undur-undur hanya bisa mengobati diabetes tipe 2 yang pankreasnya masih mampu memproduksi insulin sendiri.

2. Mengobati Asam Urat

mengobati asam urat
shutterstock.com

Selain diabetes, hewan yang seringkali dianggap menjijikkan oleh beberapa orang ini ternyata juga dapat mengobati asam urat.

Penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan dan rasa nyeri di sekitar sendiri ini dapat disembuhkan dengan undur-undur karena hewan tersebut mengandung omega 3 (EPA dan DHA).

Kandungan omega 3 dalam hewan tersebut bahkan lebih tinggi dari udang, lobster, dan beberapa jenis kepiting lho!

3. Mencegah Demensia

mencegah demensia
ctendoflifecare.org

Omega 3 pada undur-undur ternyata hanya berkhasiat untuk mengurangi asam urat, namun juga mencegah terjadinya demensia.

Demensia sendiri merupakan gangguan daya ingat yang umumnya terjadi pada orang tua. Rutin mengonsumsi undur-undur nggak memiliki pengaruh langsung kepada orang dengan usia lanjut, namun dapat menjadi pencegahan apabila dikonsumsi sejak muda.

4. Melancarkan Peredaran Darah

melancarkan peredaran darah
medicalnewstoday.com

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, dipercayai bahwa undur-undur yang dikonsumsi dalam keadaan hidup dapat melancarkan aliran darah.

Hal tersebut karena undur-undur yang dikonsumsi dalam kapsul akan bertahan hingga empat jam. Itu akan membersihkan pembuluh darah dari plak-plak dan melancarkan peredarah darah sehingga tubuh terhindar dari penyakit kolesterol, jantung, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Dianggap Jorok, Kebiasaan-Kebiasaan Ini Justru Menyehatkan Tubuh

5. Melawan Infeksi

melawan infeksi
hellosehat.com

Manfaat undur-undur lainnya adalah dapat melawan infeksi sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, kuman, atau bakteri.

Sudah banyak orang yang membuktikan hal tersebut. Kemungkinan besar, khasiat ini terkait dengan kandungan omega 3 yang efektif meningkatkan penyerapan vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan infeksi.

6. Meringankan Depresi

meringankan depresi
unilad.co.uk

Kandungan omega 3 yang tinggi dalam undur-undur juga diklaim dapat mengatasi atau meringankan depresi apabila digabungkan dengan obat antidepresan yang diresepkan oleh dokter.

Hal tersebut diungkapkan oleh Profesor Psikiatri dari Harvard School yang mengatakan bahwa gabungan omega 3 dan antidepresan dapat mengurangi depresi dengan cara yang berbeda.

7. Meringankan Sakit Kepala

meringankan sakit kepala
aisummarizer.com

Manfaat undur-undur lainnya adalah mampu meringankan sakit kepala. Hal ini berkaitan dengan khasiat hewan kecil tersebut terhadap kelancaran peredaran darah.

Sakit kepala biasanya disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen ke otak, peredaran darah yang lancar akan membuat organ kepala mendapatkan oksigen yang cukup.

Nah, itu dia Sobat Qupas manfaat undur-undur yang harus kamu ketahui. Meskipun terkesan menjijikkan, ternyata khasiatnya bagi kesehatan banyak juga ya!

1 Comment
Muhammad Harits N
17/07 - 09:38
Wah keren