Dianggap Sepele, 5 Hal Ini Justru Bisa Menyakiti Hati dan Termasuk Mom Shaming Lho!

11 September 2019, at 17:00
0
0
Dianggap Sepele, 5 Hal Ini Justru Bisa Menyakiti Hati dan Termasuk Mom Shaming Lho!

Lebih dulu menjadi ibu daripada teman atau saudara memang terkadang membuat seseorang merasa lebih tahu dan ingin berbagi perihal beberapa hal terkait cara asuh anak dan lain sebagainya.

Akan tetapi apabila dilakukan dengan cara yang salah hal tersebut justru bisa menjadi mom shaming lho. Kamu perlu ingat bahwa setiap orang tua memiliki cara yang berbeda dalam hal pengasuhan anak.

Oleh sebab itu kamu perlu berhati-hati karena beberapa hal di bawah ini merupakan bentuk mom shaming yang terkadang nggak disadari.

1. Mengkritik Cara Menyusui

ibu menyusui
hellosehat.com

Semua orang tua menginginkan yang terbaik bagi buah hati mereka. Sama dengan hal tersebut, setiap orang juga pasti setuju bahwa pemberian ASI ekslusif sangat penting bagi bayi.

Akan tetapi, terdapat beberapa kondisi yang membuat seorang ibu nggak bisa memberikan ASI ekslusif dan lebih memiliki susu formula untuk anaknya.

Mengkritik hal tersebut dengan mengatakan, “kenapa kamu nggak memberikan ASI dan lebih memilih susu fromula?” merupakan salah satu bentuk mom shaming yang menyakitkan.

2. Bertanya Tentang Perkembangan Bayi

perkembangan anak
staffingattiffanies.com

Bertanya tentang perkembangan bayi mungkin merupakan hal wajar dan sering dilakukan. Akan tetapi hal tersebut bisa berubah menyakitkan dan menjadi mom shaming lho.

Pasalnya, setiap bayi memiliki masa perkembangan yang berbeda-beda. Menanyakan tentang keterlambatan perkembangannya bukanlah sesuatu yang baik untuk dilakukan. Meskipun berniat baik, akan tetapi hal tersebut bisa membuat si ibu merasa nggak nyaman.

3. Mengomentari Bentuk Tubuh Ibu Baru

berat badan
doktersehat.com

Tahukah kamu, berkomentar tentang bentuk tubuh ibu baru termasuk mom shaming yang sering dilakukan entah disengaja maupun nggak.

Cobalah untuk menghindari pertanyaan atau komentar menyakitkan seperti, “kok berat badanmu belum turun ya?” atau “kamu harus tetap dandan meskipun sedang ngurusin anak”.

Baca Juga: Sering Diabaikan, Begini Etika Menjenguk Bayi Baru Lahir yang Wajib Diketahui

4. Mengkritik Pilihan Cara Melahirkan

ibu hamil
hellosehat.com

Ada banyak cara melahirkan yang bisa dipilih oleh calon Ibu dan Ayah. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan tertentu. Saat memilih salah satu diantaranya, tentu saja calon orang tua sudah membuat banyak pertimbangan.

Oleh sebab itu, hindari memberikan kritikan terhadap pilihan si ibu untuk melahirkan anaknya. Apalagi membandingkannya dengan pilihamu.

5. Mengkritik Pilihan untuk Menjadi Ibu Rumah Tangga atau Ibu Bekerja

mengkritik ibu bekerja
centers.com

Bentuk mom shaming lainnya yang juga sering dilakukan adalah mempertanyakan pilihan si ibu untuk menjadi ibu rumah tangga atau ibu bekerja.

Ungkapan seperti “aku pasti bosan sekali kalau harus di rumah seharian,” atau “aku sih nggak rela anak diurus orang lain,” akan terdengar menghakimi pilihannya.

ibu rumah tangga
123rf.com

Padahal, baik menjadi ibu rumah tangga maupun bekerja butuh banyak pertimbangan serta pengorbanan dan kamu nggak pernah tahu apa yang menjadi alasan di balik pilihan tersebut.

Nah, jadi Sobat Qupas pernah nggak nih secara nggak sengaja melakukan mom shaming kepada teman atau saudara? Jangan diulangi lagi ya!

0 Comment