Dianggap Tidak Berbahaya, Ternyata Ketombe Bisa Sebabkan 5 Penyakit Ini

22 January 2019, at 05:00
0
0
Dianggap Tidak Berbahaya, Ternyata Ketombe Bisa Sebabkan 5 Penyakit Ini

Kebanyakan orang menganggap bahwa ketombe tidak berbahaya bagi kesehatan. Serpihan kulit kepala yang bisa jatuh ke bahu ini dinilai bukanlah masalah yang serius.

Bagi sebagian banyak orang, ketombe hanya sebatas mengganggu penampilan. Alhasil banyak orang yang menjadi tidak percaya diri karena masalah tersebut.

Tetapi ternyata ketombe juga bisa menjadi berbahaya, lho. Bukan hanya penampilan, kesehatanmu juga bisa rusak karena masalah tersebut. 5 penyakit di bawah ini dapat muncul karena ketombe.

1. Gatal

gatal
hellosehat.com

Ketombe bisa dialami oleh siapa saja. Efek paling normal dari masalah ini adalah adanya infeksi kulit yang menyebabkan gatal-gatal. Rasa gatal dan panas di kepala bisa kamu rasakan jika kamu berketombe.

gatal karena ketombe
sooperboy.com

Parahnya, kebanyakan orang tidak kuasa untuk menahan tangannya agar tidak menggaruk kulit kepala gatal. Padahal, hal ini justru memperparah keadaan ketombe. Selain itu, kulit kepala juga bisa semakin terluka dan mengalami infeksi yang lebih parah.

Sebaiknya, jangan garuk ketombe apalagi sampai kulit kepala mengelupas. Konsultasikan pada dokter apa yang menjadi penyebab masalah kepala tersebut dan mintalah saran untuk mengatasinya.

2. Rambut Rontok

rambut rontok
hellosehat.com

Selain gatal-gatal, kamu juga bisa mengalami kerontokan rambut dengan adanya ketombe. Gangguan tersebut akan menghancurkan bahan-bahan alami dari kulit kepala. Inilah yang menyebabkan rambut mudah rontok.

rambut rontok karena ketombe
esquire.co.id

Kamu perlu waspada apabila rambut sudah mulai rontok. Ini berarti ketombe yang kamu alami sudah cukup parah. Cobalah menggunakan sampo anti ketombe dan yang dapat mempertahankan kelembapan kepala.

3. Infeksi Mata

infeksi mata
hellosehat.com

Kamu pasti tidak menyangka bahwa ketombe dapat berpengaruh pada mata. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Indian Journal of Dermatology. Disebut blepharitis, infeksi mata ini disebabkan oleh ketombe.

iritasi mata karena ketombe
befren.com

Hal ini dapat ditandai dengan mata merah, muncul rasa gatal dan iritasi pada kelopak mata. Kamu juga akan menemukan sesuatu seperti kulit kepala yang mati pada bulu mata. Segera periksakan diri ke dokter apabila terserang penyakit ini.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Dapat Mengatasi Ketombe Membandel

4. Asma dan Infeksi Paru-Paru

asma
medicalnewstoday.com

Siapa sangka, ketombe yang terlihat sepele ternyata bisa memberi dampak yang cukup besar bagi kesehatan. Padahal, hal ini seringkali diabaikan oleh banyak orang.

Ketombe bahkan dinyatakan dapat berpengaruh pada asma dan kesehatan paru-paru.

infeksi paru-paru karena ketombe
shutterstock.com

Serpihan ketombe yang jatuh ke bahu atau bagian lainnya dinilai dapat menimbulkan asma apabila terhirup oleh hidung.

Jika hal tersebut terjadi secara terus-menerus, bisa saja akan berpengaruh pada paru-paru dan terjadi infeksi.

5. Psoriasis

penyakit psoriasis
futureloka.com

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ketombe dapat menjadi penyebab psoriasis. Penyakit ini merupakan kelainan kulit kronis yang sering muncul dan hilang.

Sel-sel kulit berganti terlalu cepat dan menumpuk. Hal ini menyebabkan bercak merah dan putih pada kulit.

psoriasis gatal
hellosehat.com

Psoriasis merupakan penyakit ringan yang bisa menjadi sangat parah apabila didiamkan. Sebaiknya periksakan diri ke dokter jika mengalami hal ini. Masalah ini juga bisa muncul karena stres, obesitas, serta iklim yang dingin dan kering.

Dari 5 penyakit di atas, mungkin kamu paling sering mengalami masalah gatal-gatal dan rambut rontok. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan kamu bisa juga mengalami penyakit lainnya.

Sebaiknya gunakan sampo anti ketombe untuk menguranginya. Jika tidak berpengaruh, coba tanyakan dan diskusikan dengan dokter perihal masalah tersebut.

Ingin membaca lebih banyak artikel kesehatan? Yuk unduh aplikasi Qupas dari Google Play Store atau Apple App Store secapatnya!

0 Comment