Dibalik Cerita Indahnya, 5 Dongeng Ini Kisah Aslinya Menyeramkan

14 August 2018, at 07:05
0
0
Dibalik Cerita Indahnya, 5 Dongeng Ini Kisah Aslinya Menyeramkan

Semasa kecil, kamu pasti diperkenalkan dengan berbagai dongeng yang menarik. Dongeng-dongeng tersebut umumnya memiliki nilai positif yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dongeng juga mengajarkan kamu untuk berbuat baik kepada siapapun. Meskipun bersifat imajinasi, namun kamu selalu penasaran terhadap cerita yang ada di dalam dongeng tersebut.

Tapi tak semua dongeng yang kamu dengarkan ataupun baca selamanya terlihat indah. Banyak sisi kelam yang tak diketahui oleh pembacanya. Dinatara beberapa dongeng yang indah, berikut dongeng yang menyimpan sisi kelam berdasrkan kisah aslinya!

Baca Juga: 5 Film Bagus Terbaru Agustus 2018 yang Wajib Kamu Tonton

1. Hercules

newsela.com

Jika kamu mendengar kata Hercules, pasti yang ada di benak kamu sosok yang gagah dan tak terkalahkan. Hercules memang terkenal dihormati oleh semua dewa lain. Ia disegani karena jasanya sebagai pahlawan di Yunani. Anak dari dewa Zeus ini hingga saat ini dipuja oleh rakyat Yunani.

gymaholic.co

Padahal dalam kehidypannya, Hercules banyak menimbulkan kontroversi. ia membunuh agurunya sendiri. Bahkan setelah menikah pun Hercules tak segan membunuh anaknya sendiri yang membangkangnya. Hidup hercules brakhir di bara api yang panas.  

2.  Pied Piper

yourstory.com

Pied Piper digambarkan sebagai peniup seruling yang berhasil menarik perhatian anak-anak. Ia awalnya bekerja sebagai pengusir tikus di sebuah kota yang diperintah oleh wali kotanya. Karena memiliki keahlian meniup seruling, ia kerap menghibur anak-anak. 

bbc.co.uk

Namun keahliannya tersebut ia salahgunakan untuk menggiring anak-anak ke laut agar tewas. hal ini ia lakukan sebagai bentuk balas dendam pada wali kota yang tak kunjung membayarnya. Peristiwa yang terjadi pada abad ke-13 ini dikutuk oleh semua orang tua. 

Baca Juga: 5 Film Horor yang Nggak Terdengar Gaungnya Tapi Ternyata Menguji Nyalimu

3. Pinocchio

timesofisrael.com

Sela ini pinokio merupakan dongeng yang sangat edukatif. Bonek kayu yang dihidupkan oleh seorang peri ini tak ubahnya dengan anak-anak yang nakal dan suka berbohong. Peran pinokio yang hidungnya memanjang ketika berbohong ini mengajarkan kita untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran. 

variety.com

Namun dongeng karangan Carlo Collodi ini ternyata menyimpan kisah kelam. Akhir hidup pinokio digantung pada sebuah pohon akibat melakukan sifatnya yang bodoh dan berhasil diperdayai oleh orang-orang disekitarnya. Hal yang sangat megenaskan bagi seorang pinokio yang suka berbohong.

4. Hansel and Gretel

mcsweeneys.net

Hansel dan Gretel merupakan tokoh utama dalam serial  "The Lost Children". Serial ini mungkin terdengar asing bagi kamu. Sama seperti judulnya, dongen ini menceritakan tentang anak seorang pemotong kayu miskin yang tersesat dan harus tinggal dengan sosok setan yang tinggal dalam rumah kecil bersama istrinya.

history-behind-game-of-thrones.com

Namun isteri sang setan tidaklah kejam. Ia mengutuk tindakan suaminya yang berusaha untuk membunuh anak pemotong kayu tersebut. Akhirnya ia membantu anak-anak tersebut untuk lolos dan setan pun berhasil dibunuh.

5. The Goose Girl

kidsgen.com

Pernikahan pangeran yang akan berlangsung beberapa hari lagi membuat seorang pelayan wanita di kerajaan melakukan aksi menipu sang pangeran. Ia sengaja mencuri identitas seorang putri agar bisa digantikan oleh orang lain. tak ada yang tahu keberadaan putri tersebut. 

artuk.org

Di kerajaan tersebut terdapat seeokor kuda yang mengetahui tindakan poelayan wanita tersebut. Namun sayangnya kuda tersebut dibunuh. Putri yang sesungguhnya kemudian ditemukan dan hidup di desa sebagai penggembala itik. Sedangkan pelayan tersebut akhirnya dimasukkan ke dalam botol hingga tewas. 

Itu dia lima dongeng yang kisah aslinya menyeramkan dibalik cerita indahnya. Memaknai cerita dongeng merupakan hal yang sah-sah saja, selama tak merugikan diri sendiri ya sobat Qupas!

0 Comment