Digunakan Sebagai Pelindung dari Gas Air Mata, Amankah Pasta Gigi untuk Kesehatan Kulit Wajah?

25 May 2019, at 04:00
0
0
Digunakan Sebagai Pelindung dari Gas Air Mata, Amankah Pasta Gigi untuk Kesehatan Kulit Wajah?

Demonstrasi terhadap DPR terkait penolakan RKUHP pada 24 September 2019 berakhir ricuh. Bentrokan terjadi antara aparat dan mahasiswa. Demo mahasiswa tersebut membuat aparat terpaksa melepaskan gas air mata.

Dilepaskannya gas air mata membuat mahasiswa banyak yang melakukan pencegahan. Salah satunya dengan mengoleskan pasta gigi di area mata.

Lantas, sudah tepatkah tindakan tersebut? Apakah pasta gigi memang dapat melindungi seseorang dari gas air mata dan aman untuk area wajah?

pasta gigi
detik.com

Menurut para ahli, pasta gigi atau odol nyatanya nggak bisa mengurangi dampak gas air mata karena gas tersebut akan memberikan dampak ketika dihirup.

Di sisi lain, pasta gigi ternyata juga sering digunakan pada area wajah untuk tujuan kecantikan. Tapi, berikut ini bahaya menggunakan odol pada area wajah bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Sakit Mata Bisa Menular Melalui Pandangan, Mitos Atau Fakta?

1. Membuat Wajah Kering

wajah kering
healthline.com

Kandungan fluride dalam pasta gigi ternyata bisa membuat kulit menjadi kering, lho. Apalagi jika kamu mengaplikasaikannya di bawah mata yang kulitnya relatif lebih tipis. Bisa-bisa kamu mengalami pengelupasan pada kulit apabila sering melakukannya.

2. Memicu Peradangan

memicu peradangan
tenemosnoticias.com

Mengoleskan pasta gigi ke wajah bukanlah pilihan yang tepat, baik untuk mengantisipasi gas air mata maupun perawatan wajah.

Hal tersebut karena kandungan pasta gigi yang cukup keras dapat membuat kulit wajah sensitif mengalami peradangan dan akhirnya terjadi luka luar.

Baca Juga: Cepat Hentikan! Kebiasaan Sepele Ini Bisa Membuatmu Terkena Sinusitis

3. Membesarkan Pori-Pori Wajah

pori-pori wajah
verywellhealth.com

Selain itu, salah satu dampak pasta gigi pada area wajah lainnya adalah dapat membesarkan pori-pori. Hal ini karena di dalamnya terkandung alkohol yang dapat membuat kulit nggak bisa menyimpan air.

Hasilnya, pori-pori kulit akan membesar dan hal ini juga bisa memperparah risiko peradangan lho.

4. Infeksi Bakteri pada Mata atau Wajah

infeksi mata
hellosehat.com

Menurut dokter, pasta gigi atau odol cenderung diletakkan di kamar mandi sehingga risikonya terpapar kuman dan bakteri sangat besar.

Oleh sebab itu, mengoleskannya di wajah adalah suatu kesalahan karena bisa menyebabkan infeksi pada mata atau wajah yang terkontaminasi.

Baca Juga: Mata Merah Tapi Nggak Sakit? Ini Penyebabnya

Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif juga kemungkinan besar merasakan sensasi terbakar saat menggunakan pasta gigi di area wajah.

Jadi Sobat Qupas, sebaiknya kamu nggak perlu menggunakan pasta gigi sebagai pelindung dari gas air mata kalau nggak ingin terjadi masalah kesehatan kulit pada area wajahmu.

0 Comment