Dikira Fiksi, 7 Momen Ikonik di 'Game of Thrones' Ini Ternyata Benar-benar Ada dalam Sejarah

20 May 2019, at 20:00
0
0
Dikira Fiksi, 7 Momen Ikonik di 'Game of Thrones' Ini Ternyata Benar-benar Ada dalam Sejarah

Seri televisi paling sukses, 'Game of Thrones' akhirnya tamat. Hari ini, episode terakhir dari seri pamungkasnya sudah ditayangkan.

'Game of Thrones' yang tayang dalam 8 season dengan jumlah 72 episode ini diadaptasi dari novel fantasi terlaris karangan George R.R. Martin yang berjudul 'A Song of Ice and Fire'.

Meskipun ceritanya memang fiksi, tapi George R.R. Martin sendiri mengungkapkan jika beberapa momen ikonik di dalamnya terinspirasi dari kejadian nyata yang tercatat dalam sejarah lho. Penasaran? Yuk intip langsung!

1. The War of the Five Kings

the war of the five kings game of thrones
bustle.com

'The War of the Five Kings' dikenal sebagai perang saudara yang mendominasi cerita di season awal 'Game of Thrones' setelah kematian Robert Baratheon.

Peristiwa ini ternyata memiliki kesamaan dengan 'The War of Roses', perang saudara di keluarga kerajaan Inggris yang terjadi sekitar tahun 1455-1485. Katanya banyak kesamaan karakter juga di dalamnya.

Seperti Joffrey yang mirip dengan Edward of Lancaster hingga Ned Stark yang bisa disamakan dengan Richard of York.

2. Mahkota Emas Viserys

kematian viserys targaryen
timeincapp.com

Di season pertama episode 6, ada satu adegan yang pastinya nggak bakalan terlupa. Viserys Targaryen yang menukar adiknya sendiri, Daenerys dengan tentara Khal Drogo, saat itu juga dijanjikan akan diberi mahkota emas.

Tapi siapa sangka, mahkota yang dimaksud adalah berupa lelehan emas yang kemudian ditempatkan Khal Drogo sendiri di atas kepala Viserys. Ia pun tewas seketika saat itu juga.

Kejadian serupa ternyata pernah menimpa Kaisar Romawi Valerian pada tahun 260. Ia ditangkap oleh tentara Persia dan dipaksa meminum logam yang telah dilelehkan.

3. Red Wedding

red wedding game of thrones
ewedit.wordpress.com

Di season 3 episode 9 juga ada kejadian brutal yang kemudian dikenal dengan peristiwa 'Red Wedding'. Saat itu, Robb Stark, istrinya, Lady Talisa, Lady Catelyn, dan masih banyak lainnya dibunuh dengan kejam saat menghadiri pernikahan Edmure Tully dan Roslin Frey.

Pembunuhan secara kejam ini sepertinya diadaptasi dari peristiwa bersejarah di Skotlandia pada tahun 1440 yang disebut dengan 'The Black Dinner'.

Momen bersejarah ini menandai dibunuhnya Earl Douglas dan adiknya saat acara makan malam bersama dengan King James II.

Baca juga: Teori Para Fans untuk 'Game of Thrones Season 8', Siapa yang Berhasil Menduduki Iron Throne?

4. Trial by Combat

trial by combat game of thrones
timedotcom.wordpress.com

Di serial tv Hollywood ini, Tyrion Lannister pernah dituduh membunuh Lord Jon Arryn. Untuk menolak tuduhan ini, ia mengajukan 'Trial by Combat'.

Mekanismenya adalah, melakukan duel dengan perang satu lawan satu, dan pemenangnya akan dianggap sebagai pihak yang benar. Tyrion kemudian diwakili oleh Oberyn Martell dan melawan Gregor Clegane atau dikenal dengan The Mountain.

'Trial by Combat' ini ternyata sering di lakukan di Eropa pada abad pertengahan. Perselisihan hukum bisa diselesaikan dengan cara adu pedang.

5. Kota Valyria di Essos

daenerys game of thrones
fansided.com

Berbagai peristiwa di awal musim 'Game of Thrones' banyak yang trinspirasi dari beberapa elemen di Kekaisaran Romawi. Salah satunya adalah momen ketika Daenerys berada di Essos.

Mulai dari tempat yang mirip dengan arena perang para gladiator, bangunan, hingga makanannya.

6. The Dothraki

the dothraki
britishmuseum.org

The Dothraki yang dikenal sebagai kelompok nomaden yang mengendarai kuda dikatakan memiliki karakteristik yang hampir sama dengan bangsa Mongol yang hidup di abad 13 dan 14.

Pemimpin Dothraki, Khal Drogo, juga disebut-sebut mirip dengan salah satu lengenda dari Mongol, Gengis Khan. Seperti caranya dalam mengeksekusi musuh hingga caranya meninggal dunia.

7. The Wall

the wall game of thrones
redice.tv

Sang penulis novel, George R.R. Martin mengakui bahwa 'The Wall' yang ia ciptakan di dalam novel terinspirasi dari Hadrian's Wall yang berada di perbatasan Skotlandia dan Inggris.

'The Wall' di dalam 'Game of Thrones' sendiri terbuat dari es sepanjang 300 mil dengan ketinggian mencapai 700 kaki dan difungsikan untuk membatasi para Wildlings juga pasukan The Night King.

Sedangkan Hadrian's Wall berdiri setinggi 20 kaki dengan panjang mencapai 73 mil.

Baca juga: Suasana Mencekam di Trailer 'Game of Thrones Season 8' Buat Fans Makin Penasaran

Nah, itulah beberapa peristiwa bersejarah yang telah menginspirasi momen ikonik yang ada di ‘Game of Thrones’. Wah, benar-benar terjadi ya ternyata.

0 Comment