Dikira Shanghai, Kampung Wisata yang Lagi Viral Ini Ternyata Ada di Jogja Lho

14 June 2019, at 15:00
0
0
Dikira Shanghai, Kampung Wisata yang Lagi Viral Ini Ternyata Ada di Jogja Lho

Baru-baru ini, netizen lagi heboh membahas foto di Instagram yang menyangka Jogja adalah Shanghai, kota terbesar di Tiongkok. Semuanya berawal dari postingan akun @bagaswisnuaji yang diunggah ulang oleh @shanghai.explore.

Padahal sebenarnya tempat itu ada di Kampung Ketandan, salah satu kawasan pecinan di Jogja. Area ini pun jadi salah satu destinasi yang diincar para traveler. Lalu, apa saja sih yang menarik dari Kampung Ketandan?

Baca juga: Galeri Seni di Jogja Ini Bikin Wawasanmu Bertambah, Mampir Yuk!

1. Kampung pecinan berusia ratusan tahun

kampung ketandan jogja
instagram.com/rameliavitra

Kampung yang ada di kawasan Malioboro ini sudah berusia ratusan tahun sejak adanya Keraton Jogja yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pasca perjanjian Giyanti tahun 1755.

Diketahui, dulunya memang area Malioboro didominasi oleh etnis Tionghoa. Tapi saat ada perselisihan yang terjadi di masa kemerdekaan, para pemimpin Jogja saat itu mengusir etnis Tionghoa dari Kota Gudeg.

Kemudian Sultan memberikan pengampunan dan sepetak tanah di Malioboro. Dari sinilah Kampung Ketandan muncul.

2. Kawasan perdagangan di Jogja

kampung ketandan
instagram.com/bagaswisnuaji

Seiring berjalannya waktu, Kampung Ketandan mulai berkembang. Fungsinya sebagai salah satu kawasan perdagangan pun kian menguat.

Maka dari itu, saat berada di sini kamu bakal menemui warga yang berdagang emas, kuliner, maupun barang-barang kelontong. Apalagi area ini juga terhubung dengan Pasar Gedhe dan Pasar Beringharjo.

Baca juga: 4 Penginapan Murah Dekat Pasar Beringharjo, Tinggal Jalan Kaki Saja Lho!

3. Pusat acara Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

pbty
instagram.com/jogjaeat

Menariknya lagi, wisata di Jogja ini selalu menjadi pusat acara Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) yang digelar setiap tahun, khususnya saat Imlek.

Perlu kamu tahu juga nih, PBTY sudah digelar sejak tahun 2005 sampai 2019. Acara tersebut juga selalu digelar dari pintu masuk utama Kampung Ketandan sampai ke timur sekitar 300 meter.

Selama pegelaran berlangsung, kamu juga bisa menyaksikan banyak atraksi serta mencicipi beragam kuliner. Kesenian Wayang Potehi yang belakangan ini mulai langka pun bisa dilihat di acara ini. Tahun depan, coba deh mampir ke acara yang sudah masuk calender resmi dari Kementrian Pariwisata ini! Dijamin nggak nyesel.

4. Cara ke Kampung Ketandan

kampoeng ketandan
instagram.com/okytan

Untuk bisa sampai di Kampung Ketandan yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Gondomanan ini nggak terlalu sulit kok. Apalagi letaknya dekat dari Pasar Beringharjo. Letaknya juga nggak jauh dari Kantor Gubernur DIY di Kepatihan, yakni 150 meter dari utara maupun selatan.

Kamu juga nggak bakal kesulitan menemukannya karena di pintu masuk sudah dibangun gapura dari beton menyerupai kawasan pecinan di daerah lain.

Gimana, Kampung Ketandan sudah cukup membuatmu antusias untuk mampir ke sana? Meski mirip Shanghai, tetap saja tempat wisata ini ada di Jogja. Jadi, jangan salah sebut ya!

0 Comment