Dikupas atau Nggak, Mana Cara Makan Apel yang Lebih Sehat?

25 May 2019, at 00:00
0
0
Dikupas atau Nggak, Mana Cara Makan Apel yang Lebih Sehat?

Apel merupakan salah satu buah yang paling terkenal karena cita rasanya sekaligus manfaatnya bagi kesehatan. Akan tetapi, terdapat perdebatan tentang cara makan buat tersebut yaitu dengan dikupas terlebih dahulu atau dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya.

Sebagian orang memilih untuk mengupas kulit apel terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya karena takut jika ada pestisida dan lilin yang menempel di sana.

Padahal, kulit apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti berikut ini lho. Sayang sekali apabila bagian bernitrisi tersebut harus terbuang sia-sia.

Baca Juga: Hati-Hati, Konsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari Bisa Sebabkan Bahaya Ini

1. Menambah Nutrisi

apel
pexels.com/@public-domain-pictures

Menurut penelitian, sebuah apel berukuran besar apabila kamu konsumsi dengan kulitnya akan memberimu nutrisi sebanyak 116 kkal energi, 10 miligram vitamin C, 4,9 mikorogram vitamin K, 120 IU vitamin A, 239 miligram kalium, dan 5,4 gram serat.

nutrisi apel
pexels.com/@vincenzo-malagoli-177730

Meskipun mengupas kulit apel nggak akan menghilangkan nutrisinya secara keseluruhan, namun kamu akan merugi karena sudah menyia-nyiakannya.

Dibandingkan dengan tanpa kulit, kamu akan mendapatkan sekitar 115% lebih banyak vitamin C, 332% lebih banyak vitamin K, dan 142 % lebih banyak vitamin A.

2. Mencegah Kanker

mencegah kanker
pexels.com/@public-domain-pictures

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kulit apel mampu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Luar biasa bukan?

Temuan tersebut mengemukakan bahwa ekstrak kulit apel dapat memengaruhi pertumbuhan beberapa jenis kanker dan apel gala lah yang paling berpotensi.

Hal ini karena kulit apel mengandung sejenis protein yang disebut sebagai maspin dan berfungsi sebagai penghambat pembentukan pembuluh darah di sekitar tumor untuk mencegah kanker menyebar.

Baca Juga: Manfaat Ajaib Blewah, Si Segar yang Menjadi Incaran di Bulan Puasa

3. Sumber Serat

apel sumber serat
pexels.com/@louise-cornelissen-418032

Mengupas kulit apel sebelum mengonsumsinya bukanlah pilihan yang tepat. Pasalnya, kamu akan kehilangan sebanyak 2,8 gram serat yang pada awalnya 5,4 gram. Jumlah tersebut hampir separuh dari total kandungan serat apel, lho!

Padahal, serat sangat penting bagi tubuh untuk menjaga kelancaran pencernaan. Nutrisi yang satu ini juga berfungsi untuk mengurasi sembelit, diabetes, bahkan kanker usus besar.

4. Menyehatkan Sendi

apel menyehatkan sendi
pexels.com/@pixabay

Manfaat kulit apel lainnya adalah menyehatkan sendi. Siapa sangka, bagian buah yang sering dibuang tersebut justru mampu mengurangi gejala dan nyeri kronis pada pasien gangguan sendi?

Hal tersebut telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi bubuk apel selama 2 sampai 12 minggu mengalami peningkatan gerak sendi.

menyehatkan sendi
pexels.com/@alancabello

Kondisi tersebut dipengaruhi oleh adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada kulit apel yang bahkan lebih banyak daripada daging buahnya.

Itulah mengapa kamu sebaiknya mengonsumsi buah apel beserta kulitnya karena akan membuatmu mendapatkan lebih banyak nutrisi dan manfaat.

Baca Juga: Awas, 5 Makanan Ini Pantang Dikonsumsi dengan Telur!

Untuk masalah lapisan lilin dan pestisida yang menempel pada kulit apel, kamu nggak perlu khawatir karena sudah ada penjelasan terhadap hal tersebut.

Lilin yang digunakan untuk melapisi apel terbuat dari bahan parafin yang digunakan untuk keperluan industri sehingga aman untuk dikonsumsi. Sedangkan untuk masalah pestisida, kamu bisa membersihkannya dengan mencuci apel di bawah air mengalir.

Saat mencuci apel, jangan pernah menggunakan sabun karena bahan berbahayanya dapat terserap oleh buah. Kamu juga bisa membeli apel organik yang bebas pestisida sebagai pilihan.

0 Comment