Dilirik Jadi Bahan Skincare, Apa Sih Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan?

25 July 2019, at 13:00
0
0
Dilirik Jadi Bahan Skincare, Apa Sih Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan?

Bukan cuma diolah jadi makanan atau minuman, saat ini semangka juga sedang tren dipakai untuk bahan skincare. Seperti tahun lalu contohnya.

Salah satu brand kecantikan asal Korea ada yang merilis rangkaian produk berbahan semangka. Dan siapa sangka, skincare yang diklaim bisa membuat wajah jadi halus mulus tersebut langsung ludes dalam beberapa jam saja.

Usut punya usut, manfaat yang dibawa buah bewarna merah menyala ini bagi kecantikan memang sangat banyak. Mau tahu? Yuk simak 5 kegunaan semangka untuk wajah berikut ini!

Baca juga: 6 Skincare Berbahan Semangka yang Bagus untuk Menutrisi Kulit Kering di Musim Panas

1. Mengontrol sebum

manfaat semangka untuk wajah
foap.com

Semangka kaya akan kandungan vitamin A. Bukan cuma baik untuk mata, vitamin ini dikenal ampuh untuk memperkecil ukuran pori-pori di wajah.

Pori-pori yang mengecil ini secara otomatis juga akan meminimalkan sekresi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous.

2. Mengurangi iritasi dan jerawat

manfaat semangka untuk jerawat
foodrevolution.org

Kandungan lycopene dalam semangka bisa berfungsi sebagai agen anti inflamasi yang sangat bagus untuk mengobati jerawat secara alami.

Terlebih lagi, fungsi menenangkan dari buah semangka juga sudah dimanfaatkan oleh orang Korea untuk mengurangi peradangan dan kemerahan di wajah akibat jerawat ataupu iritasi lainnya.

3. Mencegah penuaan

semangka untuk mencegah penuaan
vogue.com

Selain lycopene dan vitamin A, semangka juga punya kandungan vitamin C. Ketiganya mampu mencegah penuaan dengan cara menangkal radikal bebas.

Selain itu, aktif mengaplikasikan masker semangka akan membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan matahari bahkan stres.

Kamu bisa membuat masker bahan alami dari semangka dengan cara menghaluskan buah ini dan mencampurkannya dengan madu.

Baca juga: Tanpa Skincare, Kamu Bisa Tampak 10 Tahun Lebih Muda dengan Bahan Alami Ini

4. Eksfoliator alami

manfaat semangka untuk wajah
palazzobelfiore.net

Semangka juga diketahui punya asam amino yang berfungsi meningkatkan sirkulasi darah dan bekerja sebagai eksfoliator alami. Kamu pun patut menggunakannya sebagai toner alami.

Caranya, cukup oleskan jus semangka pada wajah dan leher dengan bantuan kapas. Perawatan ini akan membuat wajah jadi lebih segar dan menghilangkan kulit kusam.

5. Menghidrasi kulit

semangka untuk melembabkan kulit
goodfon.com

96% kandungan yang ada di dalam semangka terdiri dari air. Maka nggak heran kalau buah ini mampu meningkatkan level hidrasi di kulit dengan maksimal.

Kalau kamu bermasalah dengan wajah yang kering dan kusam karena kulitmu dehidrasi, bisa memanfaatkan semangka untuk dijadikan sebagai masker atau toner alami.

Itulah 5 manfaat semangka untuk kecantikan yang mungkin belum kamu ketahui. Hmm, semakin suka dengan buah yang menyegarkan ini bukan?

0 Comment