Direbus atau Digoreng, Mana Cara yang Lebih Sehat untuk Mengonsumsi Telur?

31 May 2019, at 07:00
0
0
Direbus atau Digoreng, Mana Cara yang Lebih Sehat untuk Mengonsumsi Telur?

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang paling populer di kalangan masyarakat. Rasanya enak, harganya terjangkau, dan bisa diolah menjadi berbagai kreasi menjadikan telur sebagai makanan andalan banyak orang.

Selain itu, kandungan gizi telur yang cukup tinggi juga menjadi pertimbangan saat mengonsumsi makanan ini.

Meskipun demikian, kamu nggak sebaiknya mengonsumsi telur dalam jumlah banyak. Agar tetap aman, para ahli menyarankan untuk memenuhi kebutuhan gizi dengan 1 sampai 2 saja telur per harinya.

Baca Juga: Nggak Nyangka, Makanan yang Sering Kamu Konsumsi Ini Ternyata Beracun dan Mematikan

Ada banyak cara mengolah telur, tetapi yang paling populer adalah digoreng dan direbus. Kedunya sama-sama praktis dan enak. Namun, manakah yang lebih sehat?

Berikut ini fakta-fakta tentang telur rebus dan goreng yang harus kamu ketahui agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan gizimu setiap hari.

1. Telur Goreng Memiliki Kandungan Mineral Sedikit Lebih Banyak

telur goreng
pexels.com/@pixabay

Cara pengolahan telur ternyata nggak hanya berpengaruh pada rasanya, melainkan kandungan gizinya juga. Telur yang digoreng memiliki kandungan mineral yang sedikit lebih tinggi jika dibandingan dengan telur rebus.

Telur goreng menyediakan 10 persen fosfor dari nilai sehari-hari yang dianjurkan. Sedangkan telur rebus hanya menyediakan sebanyak 9 persen.

Fosfor merupakan mineral yang sangat penting untuk menguatkan tulang, menyehatkan ginjal, bahkan memproduksi DNA.

2. Telur Rebus Memiliki Kandungan Vitamin yang Sedikit Lebih Banyak

telur rebus
pexels.com/@dialnutrition

Pecinta telur rebus, ternyata makanan kesukaanmu ini memiliki kandungan vitamin yang sedikit lebih banyak dari telur goreng.

Kamu bisa mendapatkan 15 persen riboflavin, 10 persen vitamin B12 , dan 11 persen vitamin D dari jumlah yang dianjurkan untuk kebutuhan tubuh dalam satu hari.

Kandungan fiboflavin dapat membantu mengubah karbohidrat menjadi energi dan menghasilkan sel darah merah, vitamin B12 diperlukan untuk sistem saraf dan fungsi otak, sedangkan vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium dan menguatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Dikupas Atau Nggak, Cara Mana yang Lebih Sehat untuk Mengonsumsi Apel?

3. Kandungan Kolesterol pada Telur Goreng dan Rebus Sama

masak telur
pexels.com/@pixabay

Banyak orang yang salah paham dan menganggap bahwa telur goreng memiliki kandungan kolesterol yang jauh lebih tinggi daripada telur rebus. Padahal, keduanya memiliki kandungan kolesterol yang hampir sama yaitu 210 mg.

Oleh sebab itu, telur aman dikonsumsi baik dalam bentuk goreng maupun rebus bagi kamu yang sedang diet sekalipun karena batas konsumsi kolesterol sehat adalah 300 mg menurut para ahli.

4. Telur Goreng Memiliki Kalori dan Lemak yang Lebih Tinggi

gizi telur
pexels.com/@megha-mangal-224592

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa telur rebus mengandung 78 kalori, 0,6 gram karbohidrat, 5,3 gram lemak, dan 6,3 gram protein.

Sedangkan pada telur yang digoreng, jumlah kalori dan lemak akan meningkat menjadi 90 kalori dan 6,8 gram lemak.

Baca Juga: Awas! Makanan dan Minuman Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi Bersamaan

Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa di luar kandungan lemak dan kalori, baik telur rebus maupun goreng sebenarnya memiliki kandungan yang sama. Perbedaan antara keduanya nggak signifikan dan hanya disebabkan oleh penambahan minyak.

Maka dari itu, Sobat Qupas bisa menilai dan menentukan sendiri olahan telur mana yang lebih cocok untuk kamu konsumsi.

0 Comment