Qupas Beauty

Efek Samping Memutihkan Kulit dengan Cara Suntik Vitamin C Ternyata Banyak, Apa Saja?

05 December 2019, at 06:00
Efek Samping Memutihkan Kulit dengan Cara Suntik Vitamin C Ternyata Banyak, Apa Saja?

Suntik vitamin C atau dikenal juga dengan sebutan suntik putih memang punya cukup banyak manfaat. Salah satunya adalah memutihkan kulit dalam waktu cepat.

Secara medis, prosedur ini memang nggak dilarang. Namun, apakah suntik vitamin C ada efek sampingnya? Tentu saja ada.

Nah, sebelum mencobanya, ada baiknya kamu melirik dulu efek samping suntik putih berikut ini!

1. Memicu Reaksi Alergi

wajah yang alergi
milojevic.hr

Salah satu efek samping yang akan langsung terlihat setelah suntik vitamin C adalah alergi. Hal ini bisa berupa rasa gatal dan iritasi berupa kemerahan pada area dekat bekas suntikan.

Bila alergi terjadi dalam waktu yang cukup lama, reaksi tersebut bisa jadi adalah gejala awal dari penyakit kulit lainnya. Terlebih lagi kalau kamu memiliki imunitas rendah.

2. Rambut Rontok

rambut rontok
meredithcorp.io

Dalam satu kali prosedur suntik putih, biasanya kamu akan menerima sebanyak 1000-2000 mg vitamin C. Angka tersebut tergolong cukup banyak.

Kamu pun masih harus melakukan beberapa kali suntik untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Nah, tambahan dosis vitamin C yang tinggi ini bisa menyebabkan kerontokan rambut pada beberapa orang.

Baca juga: Selain Awet Muda, Ini Keuntungan yang Akan Didapat Pemilik Kulit Sawo Matang

3. Produksi Melanin Berkurang

kulit wajah yang putih dan glowing
vineveraingredients.com

Vitamin C yang disuntikkan ke tubuh biasanya mengandung glutation dan kolagen. Glutation ini nantinya akan menghambat produksi melanin supaya kulit nggak terlihat gelap.

Padahal, melanin punya fungsi yang penting lho. Yakni membantu pembentukan jaringan kulit dan membuat sel-sel kulit bisa beregenerasi dengan cepat.

4. Menghilangkan Proteksi Terhadap Sinar UV

wajah yang terkena paparan sinar matahari
unsplash.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, suntik vitamin C akan membuat produksi melanin berkurang supaya kulit terlihat lebih putih. Padahal, melanin juga berguna untuk menangkal bahaya sinar UV lho.

Itulah mengapa, orang yang memutihkan kulit dengan cara suntik vitamin C biasanya mudah muncul kemerahan dan 'terbakar' saat terpapar sinar matahari.

Untuk menanggulanginya, selalu oleskan sunscreen terbaik sebelum keluar rumah ya.

5. Berisiko pada Kesehatan

sakit perut
medicalnewstoday.com

Efek samping suntik vitamin C juga mengincar kesehatanmu. Gejalanya pun beragam, mulai dari mual, muntah, sakit kepala, dan diare.

Lebih parahnya lagi, prosedur memutihkan kulit yang satu ini juga bisa memengaruhi kinerja ginjal, hati, hingga membuat rahim kering lho. Mengerikan bukan?

Itulah beberapa efek samping suntik putih yang perlu kamu waspadai. Jadi, jangan buru-buru melakukan prosedur kecantikan ini hanya karena mengikuti tren ya!