Efek Samping Pil KB yang Harus Diketahui oleh Pasangan Muda

22 March 2019, at 07:00
0
0
Efek Samping Pil KB yang Harus Diketahui oleh Pasangan Muda

Pil KB merupakan metode kontrasepsi yang berisi hormon pencegah kehamilan. Cara ini biasanya dipilih oleh sebagaian besar pasangan yang sudah menikah karena dianggap lebih aman daripada yang lainnya.

Sebagai pasangan baru atau yang masih muda, kamu mungkin tidak tahu bahwa pil KB terkadang memiliki efek samping pada perempuan yang menggunakannya.

Oleh sebab itu, berikut ini efek samping pil KB yang perlu diketahui oleh pasangan muda agar tidak mengganggu aktivitas atau merasakan kekhawatiran yang berlebihan.

Baca Juga: Perempuan-Perempuan yang Tidak Boleh Mengonsumsi Pil KB

1. Mual

mual
hellosehat.com

Beberapa orang mengalami mual sebagai efek pil KB ketika baru mulai mengonsumsinya. Kondisi ini sebenarnya tidak akan berlangsung lama dan mereda setelah beberapa saat.

Untuk mengatasi rasa mual tersebut, kamu bisa mengonsumsi pil KB bersamaan dengan makan atau sebelum tidur.

2. Muncul Bercak Darah Atau Pendarahan

muncul bercak darah atau pendarahan
kabarhariankini.com

Mungkin beberapa perempuan akan mengalami pendarahan, baik yang ringan maupun parah selama 5 hari atau lebih saat mengonsumsi pil KB.

Jika hal ini terjadi, periksakan diri untuk meminta saran dari dokter yang lebih ahli. Kondisi tersebut terjadi karena uterus menyesuaikan untuk memiliki lapisan endometrium yang lebih tipis karena tubuh menyesuaikan jumlah hormon yang berbeda.

3. Berat Badan Bertambah

berat badan bertambah
careersdocbox.com

Jangan terkejut apabila tubuh mengalami perubahan berat badan menjadi lebih gemuk ketika mengonsumsi pil KB. Sebenarnya belum ada penelitian yang menemukan keterkaitan antara keduanya.

Namun, beberapa bagian tubuh seperti pinggul dan payudara mungkin akan membesar. Selain itu hormon estrogen yang meningkat dapat memperbesar sel lemak dalam tubuh.

4. Payudara Bengkak dan Nyeri

payudara bengkak dan nyeri
pinterest.it

Efek samping pil KB yang lainnya adalah rasa bengkak dan nyeri pada payudara ketika ditekan. Kondisi ini biasanya akan membaik setelah beberapa minggu pemakaian.

Kamu bisa mengurangi konsumsi kafein dan garam selama penggunaan pil KB untuk mengatasi rasa nyeri dan bengkak pada payudara.

Baca Juga: Jangan Buru-Buru Panik, Benjolan di Payudara Belum Tentu Indikasi Kanker

5. Sakit Kepala dan Migrain

sakit kepala dan migrain
hellosehat.com

Efek samping pil KB lainnya adalah sakit kepala atau migrain yang bisa jadi disebabkan oleh hormon yang terkandung di dalamnya.

Gejala ini biasanya akan membaik seiring dengan waktu, tetapi apabila sakit kepala atau migrain terasa terlalu berat dan sangat menganggu sebaiknya konsultasikan hal tersebut kepada dokter.

6. Perubahan Suasana Hati

perubahan suasana hati
pexels.com/@ambarsimpang

Penelitian menunjukkan bahwa suasana hati atau mood yang gampang berubah merupakan salah satu dari efek sampil pil KB.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan pil KB untuk menekan beberapa hormon dalam tubuh, termasuk yang memengaruhi mood.

7. Perubahan Mata

perubahan mata
pexels.com/@dhyamis

Penggunaan pil KB bisa juga berpengaruh pada mata. Perubahan hormonal yang terjadi selama pengkonsumsian telah dikaitkan dengan adanya penebalan kornea.

Hal ini belum dikaitkan dengan risiko penyakit mata yang lebih tinggi, namun ada baiknya memerikasan diri ke dokter apabila ada keanehan pada mata setelah mengonsumsi pil KB.

8. Keputihan

keputihan
hellosehat.com

Keputihan merupakan hal yang biasa terjadi pada perempuan. Hal ini juga bisa menjadi salah satu efek samping dari penggunaan pil KB.

Kondisi ini biasanya tidak berbahaya, namun perubahan warna dan bau biasanya mengidentifikasikan adanya infeksi.

8 hal di atas merupakan efek samping pil KB yang harus kamu ketahui sebagai pasangan muda atau baru menikah.

Baca Juga: Bukan Hamil, Ini Penyebab Mual yang Kamu Alami di Pagi Hari

Pemilihan jenis pil KB dan daya tahan tubuh yang berbeda pada masing-masing orang menyebabkan efek samping yang bermacam-macam.

Kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan hal tersebut. Akan tetapi, memeriksakan diri ke dokter juga tidak salah untuk mengurangi kemungkinan yang tidak diinginkan.

0 Comment