Eksotisme Curug Jagapati, Bikin Nggak Berhenti Mengagumi!

02 September 2019, at 17:00
0
0
Eksotisme Curug Jagapati, Bikin Nggak Berhenti Mengagumi!

Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata “Garut”? Mungkin oleh-oleh khas dengan rasa manis dan legit bernama dodol lah yang akan kamu bayangkan.

Akan tetapi, Garut ternyata nggak hanya terkenal dengan makanan khasnya lho, namun juga destinasi alamnya yang memesona.

Salah satunya adalah Curug Jagapati di Garut Selatan, yang memiliki pemandangan eksotis serta kondisi alam yang masih sangat bersih.

1. Eksotisme Curug Jagapati

curug jagapati
instagram.com/ali_babah83

Curug Jagapati merupakan salah satu objek wisata Garut yang banyak menarik perhatian wisatawan setelah fotonya tersebar luas di media sosial.

Pasalnya, destinasi alam ini menyuguhkan setidaknya empat level terjunan air yang cukup tinggi dan terlihat sangat indah serta eksotis dari sudut mana pun.

2. Aliran yang Menjaga Kehidupan

keindahan curug jagapati
instagram.com/dederahmat1607

Selain cantik, objek wisata Garut yang satu ini ternyata juga menjadi penjaga kehidupan warga sekitarnya lho.

Sebelum listrik dari PLN masuk ke kampung, aliran Curug Jagapati dimanfaatkan untuk memutar turbin mikro hidro sebagai sumber listrik. Saat ini, aliran dari destinasi wisata alam tersebut digunakan untuk mengairi sawah-sawah warga.

Nama curug ini pun berasal dari kata “Jaga” dan “Pati” yang apabila digabungkan dan diartikan secara harfiah memiliki makna “menjaga nyawa” atau “menjaga kehidupan”.

3. Airnya yang Jernih

airnya yang jernih
instagram.com/herdyansyahh

Bukan hanya pemandangannya saja yang menarik, akan tetapi Curug Jagapati juga akan membuatmu tertarik untuk menyegarkan diri saat melihat airnya yang jernih dan segar.

Debit air yang nggak terlalu besar atau kecil serta kolam-kolam yang terbentuk alami di bawah curug akan membuatmu semakin betah berlama-lama di objek wisata ini.

Baca Juga: 5 Wisata Garut Tema Alam Untukmu Pencari Ketenangan

4. Membawa Kedamaian

membawa kedamaian
instagram.com/mohikalhik

Tempatnya yang cukup sulit diakses membuat Curug Jagapati bak surga tersembuyi yang memiliki keadaan alam yang masih asri dan alami. Aliran air yang menenangkan serta pemandangan hijau sekitar yang mengagumkan membuat objek wisata ini cocok untuk kamu yang sedang mencari kedamaian.

Menghabiskan akhir pekan di Curug Jagapati sendirian atau bersama orang tersayang pasti sangat menyenangkan!

5. Pantangan Mengunjungi Curug Jagapati

keindahan curug jagapati
instagram.com/hens4m

Tahukah kamu, ternyata ada hari-hari dimana Curug Jagapati nggak boleh dikunjungi lho. Juru kunci yang dihormati dan merupakan tetua di daerah tersebut biasanya akan meminta wisatawan mengurungkan kunjungannya ke objek wisata tersebut apabila datang pada hari Selasa dan Jumat.

Meskipun hanya diberi alasan untuk keselamatan diri sendiri dan nggak diketahui secara pasti penyebabnya, akan tetapi pantangan mengunjungi Cirug Jagapati pada dua hari tersebut sudah membudaya sejak lama.

Namun sejak Curug Jagapati menjadi objek wisata populer di media sosial, pantangan tersebut sering dilanggar oleh wisatawan.

6. Lokasi dan Harga Tiket Masuk Curug Jagapati

lokasi curug jagapati
instagram.com/ekiferdian19

Lokasi Curug Jagapati berada di Kampung Padarame, Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Garut, Jawa Barat. Untuk menuju ke objek wisata ini, kamu perlu pergi ke Kampung Padarame dan berjalan kaki sekitar 45 menit dari sana.

Meskipun agak jauh dan harus melewati jalan yang masih terjal, akan tetapi semua akan terbalas saat kamu melihat keindahan objek wisata Garut ini. Apalagi kamu hanya perlu mengeluarkan Rp10 ribu saja untuk tiket masuknya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang Curug Jagapati yang eksotisnya bikin kamu nggak bisa berhenti mengagumi.

0 Comment