Eksotisme Riam Kuweg, Surga Tersembunyi di Hutan Kalimantan Barat

23 September 2019, at 12:00
0
0
Eksotisme Riam Kuweg, Surga Tersembunyi di Hutan Kalimantan Barat

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang beberapa waktu terakhir berjuang melawan asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang melanda.

Kondisi tersebut sangat disayangkan, karena Kalimantan menyimpan banyak sekali objek wisata eksotis yang masih sangat asri dan belum banyak dikunjungi. Salah satunya adalah Riam Kuweg yang terletak di perbatasan Indonesia-Malaysia. Penasaran dengan keindahannya?

1. Air Terjun Bertingkat

air terjun bertingkat
instagram.com/ditarelda

Salah satu surga dunia di Kalimantan Barat adalah Air Terjun Kuweg atau yang biasa disebut dengan Riam Kuweg oleh warga sekitar. Memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter, objek wisata ini menghadirkan air terjun berundak yang eksotis dipandang mata.

Nggak hanya eksotis, mengunjungi objek wisata ini juga akan membuat kamu merasa kecil karena kemegahannya lho!

2. Surga Tersembunyi dalam Lebatnya Hutan Kalimantan

keindahan riam kuweg
instagram.com/eshafizd

Meksipun nggak memiliki kolam alami yang luas seperti kebanyakan air terjun, namun Riam Kuweg memiliki air jernih di sungainya yang memikat hati siapa saja yang melihatnya.

Kamu bisa berenang dan menikmati kesegaran air beningnya sambil menikmati pemandangan hutan sekitar dan yang asri dan menyenangkan.

3. Pemandangan Menawan dari Puncak Air Terjun

riam kuweg kalimantan
instagram.com/mfithrahaqbillah

Memiliki 5 undakan membuat Riam Kuweg bisa dinikmati dengan berbagai cara. Kamu bahkan bisa menyusuri setiap undakan sampai ke puncaknya lho!

Dari puncak air terjun tersebut, kamu bisa menyaksikan pemandangan hutan eksotis Kalimantan yang akan membuatmu nggak berhenti berdecak kagum saking indahnya.

Baca Juga: 6 Objek Wisata di Kalimantan yang Memesona, Sudah Pernah ke Sana?

4. Kemping di Riam Kuweg

kemping di riam kuweg
instagram.com/inisial_ss

Mengunjungi objek wisata Kalimantan yang satu ini nggak akan cukup sehari. Pemandangan menawan dan perjalanan yang melelahkan membuat banyak wisatawan memilih untuk bermalam.

Kalau kemping di Riam Kuweg, kamu nggak hanya akan bisa menikmati air terjun yang eksotis dengan waktu lebih lama. Namun juga bisa melihat tamburan bintang di malam hari dari dalam hutan rimba.

5. Lokasi Riam Kuweg

riam kuweg
instagram.com/izul_julianto

Lokasi Riam Kuweg tepatnya berada di Dusun Rambai, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Untuk pergi ke surga tersembunyi ini, kamu perlu menempuh jarak yang cukup jauh yaitu kurang lebih 6 jam perjalanan dari pusat Kota Pontianak dan dilanjutkan dengan 4 jam berjalan kaki.

Meskipun memakan waktu yang cukup lama dengan medan tempuh yang terjal, akan tetapi kamu lelah yang kamu rasakan akan terbayar dengan pemandangan alam yang menawan.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal tentang Air Terjun Kuweg yang merupakan surga tersembunyi Kalimantan Barat. Semoga kondisi alam di Kalimantan dan sekitarnya segera membaik ya!

0 Comment