Eksotisnya Air Terjun Leke Leke, Wisata di Bali Bak Surga Tersembunyi

31 March 2019, at 04:00
0
0
Eksotisnya Air Terjun Leke Leke, Wisata di Bali Bak Surga Tersembunyi

Saat jalan-jalan ke Bali, kebanyakan wisatawan berpikir untuk mampir ke wisata pantainya saja. Padahal masih banyak destinasi yang menarik di sini. Contohnya seperti Air Terjun Leke Leke di Tabanan.

Tempat ini mungkin nggak sepopuler pantai di Bali. Tapi jangan salah, karena Air Terjun Leke Leke juga nggak kalah cantik. Selain bisa menikmati pemandangan alamnya, kamu juga akan menemukan sejumlah fakta menarik lain.

Baca juga: Sederet Air Terjun di Bali yang Cantiknya Luar Biasa!

Apa saja itu? Langsung saja deh simak info di bawah ini biar nggak penasaran.

1. Surga Tersembunyi di Bali

leke leke bali
instagram.com/lisacalipsa

Wisata di Bali ini seolah tersembunyi dan sepi dari keramaian. Di sini, kamu bisa menyaksikan rimbunnya pepohonan hijau yang mengelilingi aliran air dengan debit sedang.

Berwisata ke Air Terjun Leke Leke serasa bertualang. Soalnya kamu akan melewati jalan setapak yang berliku.

leke leke
instagram.com/__vaily__

Lalu ada jembatan bambu yang instagramable dan unik. Stop sejenak dan coba buktikan lewat pose-pose bahagiamu di sini.

Setelah puas berswafoto, lanjutkan perjalananmu sampai ke air terjun yang juga dikenal oleh warga dengan nama Kipuan Kebo (tempat mandi dan minum kerbau) ini.

2. Air Terjun di Bali yang Sakral

air terjun leke leke bali
instagram.com/johnyricky

Selain cantik, air terjun di Bali ini juga dikenal sebagai kawasan suci. Jadi tetap jaga etika, kesopanan, kelakuan serta perkataan saat liburan ke sini, ya!

Wisata di Bali ini juga terdapat genah (tempat) untuk melukat (meruwat). Ada dua pancuran disediakan bagi mereka yang ingin melakukan ritual suci tersebut.

wisata air terjun leke leke
instagram.com/deartroshina

Air jernih dan segar mengalir dari batang bambu berdiameter kira-kira tujuh sentimeter. Di sanalah tempat untuk melakukan ritual melukat.

Tempat pengelukatan tersebut juga dibuka untuk umum. Tapi untuk wanita yang sedang menstruasi belum boleh ke sana. Konon tujuannya untuk menjaga tempat pengelukatan tersebut.

Baca juga: Tempat Wisata di Bali Ini Masih Sepi, Buruan Datang!

3. Fasilitas di Air Terjun Leke Leke

wisata air terjun leke leke bali
instagram.com/alexandergonzzalez

Tempat wisata di Bali ini memang terkesan sepi dan masih alami. Tapi tenang, di sini ada fasilitas yang bikin betah juga kok.

Seperti tempat duduk yang terbuat dari kayu. Di sini, kamu bisa bersantai sambil melihat air terjun yang mengalir dari atas hingga dasar.

jembatan bambu air terjun leke leke
instagram.com/dewi_fransis

Selain itu, ada fasilitas untuk melukat dan 2 jembatan bambu instagramable yang letaknya sebelum lokasi air terjun.

Memang sih, tempat ini masih punya fasilitas yang seadanya. Tapi semua itu nggak masalah, karena kamu masih akan terus merasakan kealamian dari destinasi ini. Setuju?

4. Lokasi dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Leke Leke

wisata leke leke bali
instagram.com/tomstrojnik

Lokasi Air Terjun Leke Leke ada di Banjar Kerobokan, Desa Mekarsari, Baturiti, Tabanan. Kalau kamu lewat Jalan Denpasar-Singaraja, kamu akan menemukan petunjuk jalan yang akan membawamu ke wisata Bali tersebut.

Dari jalan raya, lanjutkan perjalanan sampai ke jalan yang lebih kecil. Sekitar 2 sampai 3 kilometer, kamu juga akan menelusuri pemukiman dan melintas di antara kebun jagung.

Perjalanan dengan kendaraan pun harus diakhiri saat kamu sampai di depan pintu masuk Air Terjun Leke Leke. Di sini, sediakan budget senilai Rp10.000,00 untuk tiket masuk.

lokasi air terjun leke leke bali
instagram.com/rawlovelaugh

Dengan tarif tersebut, petugas akan memberikanmu tongkat kayu, Gunanya untuk membantumu berjalan menuju air terjun. Diketahui, jalan setapak yang juga berliku akan kamu lewati, sehingga tongkat kayu sangat membantu.

Gimana, tertarik untuk mampir ke Air Terjun Leke Leke? Jangan cuma ke pantai, jelajahi juga wisata Bali yang antimainstream seperti air terjun di Tabanan tersebut. Dijamin ketagihan untuk datang!

0 Comment