Eksotisnya Kedung Darmo, Wisata Malang yang Punya Kolam Alami Berwarna Toska

25 November 2019, at 11:00
0
0
Eksotisnya Kedung Darmo, Wisata Malang yang Punya Kolam Alami Berwarna Toska

Soal Pariwisata, Malang juga nggak kalah dari Bali. Salah satu wilayah di Jawa Timur ini pun punya tempat wisata yang menarik perhatian para traveler. Seperti Kedung Darmo yang terletak Malang Selatan.

Dalam Bahasa Jawa, Kedung memang artinya kolam penampungan. Tapi nggak sesederhana namanya, karena tempat wisata di Malang ini sebenarnya juga punya air terjun. Selain itu, hal unik lain di Kedung Darmo adalah kolam alaminya yang nggak jernih, melainkan berwarna toska.

Hmm, kira-kira ada kejutan apa lagi ya di Kedung Darmo? Biar nggak makin penasaran, Qupas punya ulasan singkatnya. Simak yuk!

1. Surga tersembunyi di Malang

kedung darmo bantur
instagram.com/ahmad_anjarwicaksono

Sepertinya Kedung Darmo pantas untuk disebut sebagai 'surga' tersembunyi. Soalnya untuk melihat keindahannya, kamu perlu menelusuri jalan setapak hingga naik bukit.

Petualangan itu dimulai ketika sudah menitipkan kendaraan di rumah warga. Perjalanan pun dimulai dengan berjalan kaki.

Kamu akan melalui jalan setapak yang cuma bisa dilewati satu orang saja. Ini merupakan jalur yang biasa dilewati warga untuk mencari rumput untuk ternak atau ketika mereka menuju sawah maupun ladang.

air terjun kedung darmo
instagram.com/syafiraagata

Selanjutnya, kamu akan tiba di puncak bukit. Di sinilah area untuk melihat Kedung Darmo dari ketinggian.

Puas melihat wisata alam di Malang ini dari puncak bukit, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menuruni tebing. Karena jalur masih terbuat dari tanah, jadi tetap hati-hati dalam melangkah ya!

2. Wisata Malang dengan kolam toska

kedung darmo malang selatan
instagram.com/niff305

Berada di Kedung Darmo Malang, kamu akan disuguhi pemandangan air terjun yang punya 3 tingkatan besar. Menariknya, masing-masing punya cekungan kolam penampungan air.

Tingginya memang kalah dari air terjun di Malang lainnya. Tapi bukan berarti destinasi ini kurang menarik.

Coba bayangin, air terjun mana lagi yang punya kolam alami lebih dari satu? Apalagi warnanya hijau toska, dimana saat musim kemarau, pemandangan ini akan terlihat lebih maksimal.

Baca juga: Mengunjungi Coban Srengenge, Air Terjun di Malang untuk Nikmati 3 Keindahan dalam Satu Waktu

3. Wisata yang cocok buat pencari ketenangan

kedung darmo malang
instagram.com/azf19_

Malas basah-basahan di kolam alami Kedung Darmo? Kamu bisa kok menikmati keheningan wisata ini sambil santai atau hunting foto.

Atau kamu juga bisa sekedar membasahi kaki dan merasakan air Kedung Darmo saat lupa bawa baju ganti. Suasananya yang masih alami, membuat para pecinta ketenangan pasti betah berlama-lama di sini.

4. Lokasi dan tiket masuk Kedung Darmo Malang

kedung darmo
instagram.com/dimasamid1

Secara administratif, lokasi Kedung Darmo berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Dari Kota Malang, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Bululawang, Gondanglegi, hingga ke Wonokerto Bantur.

Setelah melewati pasar Bantur, SMPN 1 Bantur, kamu akan menemukan pertigaan. Beloklah ke kiri, atau arah Wonorejo. Kamu juga akan melalui GKJW Wonorejo. Dari sini, jalan lurus hingga melewati Dusun Baran.

kedung darmo srigonco
instagram.com/kurniaalvin10

Nantinya, kamu akan sampai di pemukiman warga terdekat dari lokasi kedung di Malang ini. Dari sinilah tracking selama kurang lebih 30 menit dimulai.

Nah, soal biaya tiket masuk Kedung Darmo, kamu nggak perlu menyiapkannya kok. Cukup bayar parkir kendaraan senilai Rp5 ribu, kamu sudah bisa liburan ke destinasi ini.

Gimana, tertarik untuk berkunjung? Ingat, tempat wisata di Malang ini masih alami. Sebagai traveler yang baik, tetap jaga kebersihan dan patuhi norma-norma di Kedung Darmo, ya!

0 Comment