Eksplorasi Goa Langse, Tempat Wisata Spiritual di Jogja yang Misterius nan Cantik

31 August 2019, at 11:00
0
0
Eksplorasi Goa Langse, Tempat Wisata Spiritual di Jogja yang Misterius nan Cantik

Nama Goa Langse mungkin terdengar asing bagi traveler yang datang liburan ke Jogja. Tapi beda lagi buat para spiritual yang ada di Desa Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul, tempat ini sudah dikenal.

Goa di Jogja ini bukan cuma cantik. Ada pula cerita menarik dari destinasi ini. Entah soal penghuni goa, sampai kisah beberapa tokoh politik Indonesia yang pernah menyambanginya. Mau tahu cerita lengkapnya? Yuk simak ulasan berikut!

1. Wisata Jogja yang cocok buat petualang

akses goa langse
instagram.com/rixttuinstra

Selain dikenal di kalangan spiritual, tempat ini mungkin nggak asing buat para petualang. Soalnya medan menuju ke bibir goa cukup berat.

Ada sekitar 10 tangga kayu yang harus dituruni dengan kemiringan antara 65 sampai 80 derajat di sini. Terdapat pula tangga batu yang curam. Pengamannya cuma dari batang kayu yang diikat pada tebing. Gunanya untuk pegangan saat kita turun.

Karena medan cukup ekstrem, jadi tetap hati-hati saat berkunjung. Pakai juga outfit nyaman serta alas kaki yang safety seperti sandal gunung.

2. Spot untuk melihat sunset

gua langse
instagram.com/asa.hidie

Di balik cerita medannya yang ekstrem, siapa sangka kalau ternyata Goa Langse adalah spot yang pas buat menikmati sunset. Buat para pecinta senja, disarankan buat camping dan pulang besoknya kalau memang pengen melihat matahari tenggelam di wisata goa ini.

Nggak perlu khawatir saat camping di sini. Apalagi sudah ada fasilitas seperti toilet di sini. Jadi kalau kebelet aman deh.

3. Jadi wisata spiritual di Gunungkidul

goa langse
instagram.com/beevlogging

Goa Langse memang sudah terkenal sebagai 'wisata spiritual'. Tempat wisata di Jogja ini pun sering dikunjungi para peziarah, terutama saat malam Jumat Kliwon dan malam Selasa Kliwon. Soalnya, konon peziarah yang bertirakat ini katanya bisa menemui Ibu Ratu Kidul sang penguasa pantai Selatan Jogja.

Menariknya lagi, bukan cuma peziarah yang datang bukan cuma dari kalangan masyarakat biasa. Ada juga pejabat sampai tokoh politik yang datang ke sini.

Dilansir dari Liputan 6, sang juru kunci bahkan mengatakan kalau Ir. Soekarno dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX sering datang ke sini. Sultan HB IX sendiri saat itu datang sendiri tanpa pengawal.

Baca juga: Mending Cave Tubing di Goa Kalisuci atau Goa Pindul?

4. Kisah penghuni goa

goa langse jogja
instagram.com/rexa_saifulbayan

Satu lagi yang menarik dari tempat ini. Sebut saja keberadaat penghuni goa yang usianya sudah lanjut, yaitu Mbah Kijem. Nggak sendiri, beliau tinggal bersama Bambang, nama dari anjing yang ramah.

Mbah Kijem ternyata sudah tinggal di dalam goa itu sejak usianya masih belia. Kini, usianya sekitar 70 tahunan.

Di dalam goa, Mbah Kijem memang menyediakan makanan dan minuman untuk para pengunjung. Mulai dari teh, kopi, mi instan, sampai nasi disediakan dan diracik langsung di sana.

5. Cara ke Goa Langse

goa langse gunungkidul
instagram.com/ba_sigenthong

Lokai Goa Langse atau kadang disebut Goa Langse ini ada di Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. Dari pusat Kota Jogja, perlu waktu sekira 1,5 jam perjalanan menggunakan motor.

Sesampainya di tebing, pengunjung perlu mengisi presensi dan memberikan uang seikhlasnya sebagai biaya perawatan goa pada Kuncen atau juru kunci.

Gimana, tertarik buat liburan ke Goa Langse? Terlepas dari cerita-cerita mistisnya, tempat wisata di Jogja ini juga menawarkan pemandangan yang nggak kalah dari destinasi lain di Kota Gudeg.

0 Comment