Elegan dan Cerdas, Lakukan Ini Jika Pasangamu Tertangkap Basah Berselingkuh

18 January 2019, pada 01:00
0
0
Elegan dan Cerdas, Lakukan Ini Jika Pasangamu Tertangkap Basah Berselingkuh

Dalam menjalani sebuah hubungan, kamu pasti menginginkan tidak ada halangan. Namun kenyataan sering kali tidak berpihak kepada harapan. Banyak orang yang secara tidak sengaja menangkap basah pasangannya sedang berselingkuh.

Pada umumnya, seseorang akan merasa terkejut karena tidak siap. Hasilnya, emosi akan meledak-ledak dan tidak terkendali. Terkadang, pertengkaran di tempat umum pun tak terelakkan.

Hal ini memang respon yang wajar dan sering terjadi. Tetapi ada cara-cara yang lebih elegan dan cerdas ketika ada di posisi tersebut, lho.

1. Siapkan Hati

siapkan hati
bustle.com

Ketika kamu tidak sengaja melihat atau memergoki pasanganmu sedang melakukan kecurangan, siapkanlah hatimu.

Memang tidak akan mudah, bahkan bisa jadi sangat menyakitkan. Kamu pasti terkejut, kacau dan tidak tahu harus berbuat apa. Tetapi kamu harus menahan semua itu.

Siapkan hatimu untuk segala kemungkinan yang bisa terjadi selanjutnya. Tenang, jangan biarkan emosi menguasaimu. Tunjukkan padanya kalau kamu orang yang tidak pantas diperlakukan demikian.

menata hati melihat pasangan berselingkuh
teenvogue.com

Siapkan hatimu untuk bersikap elegan dan cerdas tanpa harus meronta-ronta kepadanya. Hal ini selain menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang kuat, juga akan membuatnya semakin merasa bersalah.

Kamu boleh menangis dan meluapkan kemarahan, tetapi tidak di depannya. Melakukan hal tersebut hanya akan memberinya banyak celah untuk memberikan alasan.

Jika perlu, berkonsultasilah ke psikolog untuk mengatasi rasa terkejutmu.

2. Jangan Menghindar

jangan menghindar
businessinsider.sg

Ada orang yang dengan sengaja menghindar dan berpura-pura tidak tahu bahwa pasangannya berselingkuh. Meskipun sudah tahu, dia tetap diam saja.

Hal ini dikarenakan beberapa orang merasa takut hubungannya akan berantakan jika mengatakannya.

Namun hal itu sebenarnya tidak akan mengubah keadaan menjadi lebih baik. Justru hubunganmu dan dia akan lebih berantakan jika kamu menghindar. Selain itu, kamu juga akan merasa tertekan sendirian.

jangan menghindar dari pasangan yang selingkuh
moneyaftergraduation.com

Ketika memergoki pasangan sedang berselingkuh, kamu harus menghampirinya. Tata hatimu sejenak dan muncullah di hadapannya. Hal ini akan membuat pasanganmu lebih sulit jika ingin mengelak.

Apabila kamu menghindar, pasangan akan memiliki banyak alasan karena menganggap kamu tidak memiliki bukti. Selain itu, dia juga bisa saja memutarbalikkan fakta dan membuatmu menjadi pihak yang bersalah.

3. Sapa dengan Santai

sapa dengan santai
pexels.com/@rawpixel

Jika saat kamu memergokinya kalian sedang berada di tempat umum, hampiri dan sapalah dia dengan santai. Lakukan hal tersebut setelah kamu menata hatimu.

Tidak perlu memperkenalkan dirimu secara gamblang bahwa kamu kekasihnya pada si selingkuhan. Cukup katakan hal-hal yang bisa menjadi tanda bahwa kamu merupakan orang spesial bagi pasangan.

pergi meninggalkan kekasih yang berselingkuh
pexels.com/@rawpixel

Dengan seperti itu, secara tidak langsung si selingkuhan akan tahu bahwa kamu adalah pasangan orang yang sedang bersamanya.

Lakukan percakapan singkat dan tidak perlu memintanya menjelaskan siapa orang yang ada di sampingnya.

Baca Juga: 5 Hal ini Termasuk Selingkuh, Kamu Pernah Melakukannya?

4. Dengarkan dengan Tenang

degarkan dengan tenang
stocksy.com

Setelah kejadian tersebut, dia pasti akan berusaha menjelaskan segala hal kepadamu. Entah itu langsung, atau selang beberapa waktu. Dengarkan saja apa yang dia katakan dengan tenang. Jangan terpancing emosi.

Jika bisa, kamu bahkan boleh mendengarkannya dengan berlagak tidak peduli. Lakukan hal-hal kecil lain saat dia menjelaskan. Misalnya, memotong kuku, menyisir rambut, dan lain sebagainya. Tetapi kamu juga perlu tetap merespon apa yang dia katakan.

dengarkan dengan santai penjelasan pasangan yang berselingkuh
gettyimages.com

Berikan respon dengan santai dan menggunakan intonasi yang seolah-olah kamu percaya namun sekaligus meragukannya. Jangan menjadi ketus dan tunjukkan bahwa kamu baik-baik saja.

Hal itu akan menutup kesempatannya untuk banyak beralasan.

5. Buat Keputusan

buat keputusan
bustle.com

Membuat keputusan bukan hal yang mudah. Kamu boleh menunggu sampai hatimu siap. Entah itu satu minggu atau bahkan satu bulan, kamu bisa memiliki waktu itu untuk meyakinkan dirimu.

Setelah semua emosi reda, ajak pasangan untuk berbicara mengenai perselingkuhan tersebut. Tetapi sebelumnya kamu harus sudah yakin dengan keputusanmu.

memberikan keputusan
infolited.com

Memilih mengakhirinya atau tetap bersama, keduanya memiliki konsekuensinya masing-masing.

Kamu bisa mempertimbangkannya dengan matang terlebih dahulu. Jika hubunganmu merupakan sebuah komitmen sehidup semati alias penikahan, usahakan untuk mendiskusinya dengan orang tua.

Hal ini agar orang tuamu dan orang tua pasangan tahu apa yang menjadi masalah diantara kalian. Dengan begitu, jika kamu memutuskan untuk berpisah mereka akan bisa menerima alasannya.

perselingkuhan
shutterstock.com

Tentunya meluapkan emosi, marah, dan menangis sejadi-jadinya pasti lebih mudah daripada 5 hal di atas. Namun sikap seperti ini secara tidak langsung akan menyisakan efek jera pada pasangan.

Bukan hanya asal-asalan, cara-cara tersebut merupakan permainan psikologis. Dengan melakukannya, kamu telah membuat psikologis pasanganmu jatuh dan merasa lebih bersalah kepadamu.

Ingin tahu tips-tips percintaan lainnya? Kamu juga bisa mengunduh aplikasi Qupas di Google Play Store dan Apple App Store, lho!

0 Komentar