Enaknya! Pemerintah Jepang Bagikan Rumah Gratis, Berminat Pindah ke Sana?

08 December 2018, at 11:00
2
0
Enaknya! Pemerintah Jepang Bagikan Rumah Gratis, Berminat Pindah ke Sana?

Banyak rumah di Jepang dalam keadaan kosong sehingga pemerintah memutuskan untuk memberikannya secara gratis.

Dilaporkan dari Japan Times, banyak yang menawarkan bangunan kosong itu secara gratis atau menjualnya secara cuma-cuma. Hal ini karena semakin banyaknya rumah tak berpenghuni di penjuru Negeri Sakura ini.

Pihak yang berminat dapat menelusuri ribuan rumah dalam kondisi yang relatif baik pada basis data online yang dikenal dengan nama "Bank Akiya (rumah kosong)".

Menariknya lagi, banyak properti yang terdaftar sebagai "transfer gratis". Ini artinya pihak yang berminat dapat memiliki bangunan hanya dengan membayar pajak serta sejumlah biaya untuk komisi para agen.

rumah di jepang
inakanoseikatsu.com

Beberapa diantaranya juga ditawarkan dengan harga sangat rendah. Selain itu, ada pula yang disewakan selama beberapa tahun sampai properti tersebut secara resmi berpindah tangan ke mereka.

Dilansir dari laman butwalpage.com, laporan pemerintah tahun 2013 melaporkan setidaknya ada lebih dari 8 juta rumah terlantar. Bahkan sebagian besar terletak di provinsi maupun pinggiran kota-kota besar di Jepang.

Berdasarkan sorotan Nomura Research Institute, rumah-rumah kosong tersebut diprediksi akan meningkat lebih dari 20 juta pada tahun 2033 mendatang. Ini artinya nyaaris semua rumah tak berpenghuni saat itu.

rumah gratis di jepang
cnbc.com

Para pengamat yakin bahwa penduduk yang telah menua di Jepang menyebabkan krisis perumahan unik di Negeri Sakura ini.

Tanpa cukup banyak penduduk usia muda di sekitar, rumah yang ditinggalkan warga Jepang yang sudah lanjut usia dan meninggal atau pindah ke panti jompo akan tetap kosong selama bertahun-tahun lamanya.

Properti lain yang terdaftar di bank-bank Akiya juga terkait dengan beberapa kasus, seperti bunuh diri, pembunuhan hingga "lonely death".

Baca juga: Tips Liburan ke Jepang Saat Panas Membara, Biar Nggak Kena Heat Stroke!

rumah gratis jepang
bloomberg.com

Tapi para pembeli yang percaya akan takhayul akan cenderung menjauh dari properti seperti ini. Pasalnya hal itu dipercaya akan memberikan nasib buruk dalam budaya Jepang.

Beberapa agen pemerintah daerah bahkan dipaksa menawarkan subsidi bagi mereka yang memutuskan untuk mengambil alih dan merenovasi properti lama.

Wataru Sakakibara, konsultan senior di NRI yang memimpin penelitian tentang masalah politik dan ekonomi, percaya bahwa solusi dari kendala ini tidak akan segera ditemukan.

rumah kosong jepang
japantimes.co.jp

"Jika ini terus berlanjut, pada titik tertentu mungkin perlu untuk membatasi konstruksi baru. Tapi itu akan berdampak besar pada ekonomi," ungkap Sakakibara.

Dengan adanya solusi dari pemerintah itu, semoga masalah tentang rumah kosong di Jepang segera teratasi ya? Atau mungkin kamu berminat untuk pindah ke Negeri Sakura dan menempati properti tak berpenghuni itu?

0 Comment