Qupas Food

Es Nini Thowong Solo, Minuman Legendaris yang Bikin Nyesss Tenggorokan

01 February 2020, at 02:00
Es Nini Thowong Solo, Minuman Legendaris yang Bikin Nyesss Tenggorokan

Indonesia memang memiliki beraneka ragam kuliner yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Jadi, sangat disayangkan kalau nggak mencicipinya saat liburan tiba.

Salah satunya, Es Nini Thowong di Solo yang bisa kamu cicipi sesampainya Kota Surakarta. Depot es ini juga menyajikan banyak menu masakan khas Solo yang bisa kamu cicipi.

Jadi, nggak perlu kemana-mana lagi deh untuk mencicipi kuliner di Kota Budaya ini. Cus, simak ulasan singkatnya berikut!

1. Kuliner legendaris sejak 40 tahun yang lalu

Harga Minuman (Foto: instagram.com/ratna_setiawati_76)
instagram.com/ratna_setiawati_76

Ada banyak kuliner lezat dengan harga murah yang sudah berdiri puluhan tahun di Kota Solo. Salah satunya, depot Es Nini Thowong yang ada sejak 1980 lalu.

Buat kamu yang sering kali mampir ke Surakarta, pasti nggak asing dengan nama dari kedai ini ya. Namanya memang mirip dengan nama penari Didik Nini Towok.

2. Pilihan es lain yang nggak kalah nikmat

Kuliner Legendaris Solo (Foto: instagram.com/e_ndro)
instagram.com/e_ndro

Namanya juga depot es, pasti yang ditawarkan kebanyakan adalah menu minuman menyegarkan yang maknyus banget di tenggorokan.

Ada es gempol pleret yang menyegarkan dengan kuah santan dan gula merah. Nggak lupa juga diberi irisan nangka sebagai penambah isian.

Kalau minuman yang paling laris dipesan, jelas es nini thowong. Es campur sari yang disiram dengan kuah santan dan susu kental manis cokelat.

3. Depot es yang juga menjual masakan khas Solo

Depot Es Nini Thowong (Foto: instagram.com/ferasidharta)
instagram.com/ferasidharta

Depot Es Nini Thowong nggak hanya menawarkan minuman saja. Aneka masakan khas yang mengenyangkan juga ada. Misalnya, racikan selat dengan isian irian wortel, kentang kukus, selada, dan telur bacem.

Lalu, nasi gudeg spesial dalam porsi sedang yang berisi ayam paha bawah dan telur bacem yang bumbunya meresap sangat. Kamu bisa menambahkan kerupuk bawang biar makan jadi nikmat.

Baca juga: Nggak Hanya Terkenal dengan Masakan Manis, Ini 6 Kuliner Pedas di Solo yang Pantang Dilewatkan

4. Harga per minuman dan makanan yang terjangkau banget!

Masakan khas Solo (Foto: instagram.com/iamgraceful_)
instagram.com/iamgraceful_

Beralih ke harga menu makanan dan minumannya. Sebenarnya, cukup terjangkau sekali buat wisatawan mahasiswa.

Misalnya, harga menu minumannya dibanderol mulai dari Rp5 ribu sampai Rp17 ribu saja. Kalau untuk harga makanan dengan porsi nasi dibanderol dari Rp17 ribu sampai Rp23 ribu.

5. Lokasi Es Nini Thowong Solo

Lokasi Es Nini Thowong (Foto: instagram.com/dapur_siyeye)
instagram.com/dapur_siyeye

Kuliner legendaris Solo yang nggak lekang oleh waktu ini berlokasi di Jalan Arifin No.32 Jebres, Solo. Buka dari jam 7 pagi hingga 8 malam.

Untuk menghindari antrian panjang, nggak ada salahnya untuk mampir ke sana saat jam 10 pagi atau 3 sore. Karena kalau jam 12 bakal penuh sesak karena jam makan siang.

Buat kamu yang ingin mencicipi kuliner khas Solo di Es Nini Thowong, buruan mampir ke sana yuk!