Essential Oils, Solusi Sehat dan Cantik Tanpa Bahan Kimia

11 June 2018, at 13:30
1
0
Essential Oils, Solusi Sehat dan Cantik Tanpa Bahan Kimia

pexels.com

 

Alam menyediakan berbagai hal yang manusia butuhkan. Mulai dari makanan hingga obat-obatan. Obat yang berada di alam dapat berasal dari tumbuhan, buah, bunga, dan masih banyak yang lainnya. Tak hanya obat, berbagai sumber dari alam pun dapat digunakan sebagai bahan baku produk kecantikan. Namun bagaimana jika satu jenis bahan baku dari alam dapat bermanfat baik sebagai obat maupun produk kecantikan? It’s very possible. Contohnya, essential oils. Ever heard of it yet?

 

Essential oils adalah minyak yang disuling atau diekstrak dari berbagai jenis tumbuhan. Sejak ribuan tahun yang lalu, essential oils sudah banyak digunakan untuk tujuan medis atau kesehatan di banyak peradaban. Biasanya, essential oils diberi nama sesuai dengan asal tumbuhannya. Misalnya, jika minyak disuling dr lavender, maka essential oils-nya akan bernama lavender oil. Saat ini, essential oils sangat populer digunakan sebagai terapi untuk meringankan banyak masalah seperti flu, susah tidur, sampai dengan menyembuhkan jerawat dan berbagai tujuan kecantikan lainnya. Lalu, apa saja sih sebenarnya manfaat dari essential oils?

 

pexels.com

 

Menguatkan imun dan menangkal infeksi

 

Beberapa penelitian menyatakan bahwa essential oils dapat memerangi virus, bakteri dan jamur. Sehingga, penyakit-penyakit yang disebabkan ketiga hal tersebut seperti flu dapat diatasi oleh setetes essential oils.

 

Melancarkan pencernaan

 

Ginger oil dipercaya dapat mengeluarkan gas-gas yang mengganggu pencernaan. Sementara itu, pepermint oil berfungsi dengan baik dalam menangani gejala Irritable Bowel Syndrom (IBS) atau Iritasi Usus Besar.

 

Menambah energi

 

Tak hanya melancarkan pencernaan, peppermint oil juga mampu meningkatkan tingkat oksigen dalam otak, meningkatkan performa tubuh dan mengurangi kelelahan jika dikonsumsi dengan air selama 10 hari.

 

Meningkatkan fungsi otak

 

Essential oils memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas sehingga dapat meningkatkan fungsi otak secara alami dan mengurangi inflamasi.

 

Mengurangi stress

 

Penggunaan essential oils sebagai aromaterapi dipercaya dapat mengurangi stress yang dapat mengurngi kecemasan dan depresi.

 

Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

 

Essential oils dapat mengurangi gangguan pada kulit seperti dermatitis, eksim, bahkan lupus. Selain itu, penggunaan essential oils seperti argan oil dapat membuat kulit sehat dan cantik alami. Tea tree oil juga sudah lama dipercaya sebagai treatment bagi kulit berjerawat. Menambahkan essential oils pada rambutnjuga dapat memperbaiki kerusakan sehingga rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

 

Meningkatkan kualitas tidur

 

Lavender oil dipercaya dapat membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Sebelum tidur, kamu bisa meneteskan setetes atau dua tetes lavender oil pada bantal. Lavender oil juga dipercaya dapat meringankan sakit kepala dan migrain.

 

Essential oils dapat menjadi alternatif untuk masalah kesehatan dan kecantikan yang alami. Melihat seggudang manfaatnya, tak salah rasanya jika saat ini banyak sekali yang sudah menjatuhkan pilihannya pada essential oils untuk solusi banyak sekali masalah tanpa resiko terpapas bahan kimia. Kamu juga bisa mulai menerapkan hidup lebih sehat dengan essential oils.

0 Comment