Fakta Durian J-Queen Seharga Rp 14 Juta yang Viral di Dunia Maya, Berani Membelinya?

28 January 2019, at 10:00
1
0
Fakta Durian J-Queen Seharga Rp 14 Juta yang Viral di Dunia Maya, Berani Membelinya?

Baru-baru ini, dunia maya dihebohkan dengan buah durian yang harganya selangit. Dibandrol dengan harga 14 juta, durian mahal tersebut dijual di pusat perbelanjaan Plaza Asia, Tasikmalaya.

Pada bandrolnya, diketahui buah tersebut bernama durian J-Queen. Kamu pasti penasaran mengapa durian tersebut bisa sangat mahal dan apa keistimewaannya.

Apa yang membedakan buah berduri tersebut dengan jenis lainnya? Untuk memenuhi rasa ingin tahu kamu, ini dia 8 fakta menarik tentang durian J-Queen.

1. Langka

durian j queen langka
instagram.com/realplazaasiatasik

Durian J-Queen merupakan hasil perkawinan antara dua durian unggulan di Indonesia. Buah yang menjadi viral ini memiliki harga yang mahal karena kelangkaannya.

Menurut pemilik sekaligus penemunya, durian berkualitas ini hanya bisa berbuah setiap tiga tahun sekali. Jumlah buahnya pun terbatas, hanya sekitar 20 buah dari setiap pohon.

2. Asal

asal durian j queen
instagram.com/aka.durian

Buah yang menghebohkan warganet dengan harganya yang mahal ini sebenarnya ditanam di Kendal, Jawa Tengah.

Namun, durian J-Queen dibawa oleh penemunya yang berasal dari Tasikmalaya untuk dijual di salah satu pusat perbelanjaan di sana.

Baca Juga: Gimana Jadinya Kalau Bawa Durian Di Pesawat?

3. Penemunya

penemu durian mahal 14 juta
instagram.com/aka.durian

Penemu durian J-Queen bernama Aka. Pria berusia 35 tahun ini merupakan lulusan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Meskipun kuliah dengan jurusan psikologi, namun Aka menekuni dunia pertanian durian jenis unggul.

Aka mengatakan bahwa dia ingin mengembangkan durian dengan mutu yang tinggi agar dapat meningkatkan kesejahteraan petani durian lokal.

4. Bibit Hanya Dimiliki Penemu

bibit durian j queen hanya dimiliki penemu
instagram.com/aka.durian

Selain karena hanya berbuah tiga tahun sekali, ternyata faktor lain juga menyumbang kelangkaan durian J-Queen.

Bibit buah tersebut hanya dimiliki oleh Aka sehingga menjadi langka di pasaran. Karena hanya ada satu produsen, maka durian ini bisa menjadi mahal dan berkualitas tinggi.

5. Harga dan Bentuk

harga dan bentuk durian j queen
instagram.com/aka.durian

Melihat fakta bahwa hanya penemu yang memiliki bibitnya, durian J-Queen bisa dipatok dengan harga berapapun sesuai dengan keinginan Aka. Meskipun begitu, harga yang terbilang fantastis tersebut juga didasari oleh kualitas yang mumpuni.

Durian J-Queen memiliki perpaduan rasa yang unik antara rasa kacang dan mentega. Bentuk kulitnya bulat sempurna dan terlihat enam garis jalur buah di dalamnya.

Selain itu, buahnya berbentuk bulat dan berwarna kuning keemasan, berbeda dengan durian biasa yang cenderung lonjong. Aka mengatakan bahwa durian jenis ini memiliki daging yang tebal dan biji yang sangat kecil.

6. Sudah Laku

durian j queen sudah laku
instagram.com/lambe_heboh

Durian J-Queen yang dipasarkan pada pusat perbelanjaan Planet Asia hanya ada 4 buah. Pada hari pertama, pihak supermarket hanya menawarkan 2 buah saja.

Meskipun dipatok dengan harga yang sangat mahal, tetapi nyatanya 2 buah tersebut terjual pada hari yang sama.

Baca Juga: Sangat Mahal, Hadiah Pernikahan Berikut Ini Tidak Masuk Akal

7. Menang Kontes

durian mahal menang kontes
instagram.com/aka.durian

Ternyata, buah viral ini sudah sering memenangkan kontes durian, lho. Tahun lalu, durian J-Queen mengikuti acara serupa di Penang, Malaysia.

Menariknya, durian tersebut menjadi juara pertama dengan mengalahkan durian kebanggaan Malaysia, Mussang King.

8. Ada yang Lebih Mahal

durian tai babi lebih malah dari durian j queen
oomph.co.id

Menurut seorang ahli durian bernama Sudarno, ada jenis durian yang lebih mahal daripada J-Queen. Bedanya, buah-buah tersebut hanya dijual secara pribadi kepada kalangan pecinta durian saja.

Sedangkan J-Queen langsung dipasarkan di supermarket. Durian yang lebih mahal dari J-Queen tersebut bernama Tai Babi asal Bangka Belitung. Harganya bisa mencapai Rp 50 juta, lho!

Nah, itu dia 8 fakta tentang durian J-Queen yang menghebohkan warganet. Kalau kamu, rela tidak menghabiskan uang sebanyak itu hanya untuk sebuah durian?

Mau dapat info unik lainnya? Unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store secara gratis!

0 Comment