Fakta Durian Kura-kura, Buah Endemik Borneo yang Tumbuh di Pangkal Pohon

08 October 2019, at 12:00
0
0
Fakta Durian Kura-kura, Buah Endemik Borneo yang Tumbuh di Pangkal Pohon

Ada yang penggemar berat durian? Kira-kira jenis durian apa sih yang paling kamu sukai?

Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis durian seperti Durian Montong, Durian Petruk, hingga Durian Medan.

Tentu semua jenis durian tersebut memiliki cita rasa dan ketebalan daging yang berbeda-beda. Nggak hanya itu saja, cara menanamnya juga nggak sama.

durian kura-kura
kaskus.co.id/@edifier37

Di Pulau Kalimantan, ada jenis durian yang mungkin masih saja jarang diketahui jenisnya. Buah ini dikenal dengan nama durian kura-kura. Tumbuhnya di bagian pangkal batang meski pohonnya menjulang tinggi.

Karakteristik dari kulit durian kura-kura saat sudah matang adalah kuning kecokelatan. Nggak hanya memiliki satu warna saja, buah ini juga memiliki warna matang lainnya seperti kuning dan hijau.

jenis durian langka
kaskus.co.id/@edifier37

Jadi, daging durian ini memang memiliki rasa yang manis walau kulit luarnya masih berwarna hijau.

Baca juga: 5 Fakta Durian Gundul yang Ditemukan di Kaki Gunung Rinjani, Dulu Dikira Beracun Lho!

Aroma durian kura-kura berbeda dengan jenis durian pada umumnya. Buah asal Borneo ini nggak begitu menyengat. Cocok nih, untuk pemula yang ingin mencicipi durian.

pohon durian kura-kura
kaskus.co.id/@edifier37

Jenis pohon durian yang memiliki bahasa latin Durio testudinarium ini juga banyak ditemukan di hutan Malaysia milik masyarakat sekitar.

Seperti Dr. Abdul Aziz Zakaria yang sudah menanam durian sejak tahun 1998 yang lalu. Aziz, begitu sapaannya, memiliki luas kebun seluas 12.000 meter persegi.

Durian kura-kura dinilainya sangat berharga karena buahnya tumbuh sekitar 20 tahun sekali. Selain itu, pohon durian kura-kura juga hanya akan tumbuh di daerah yang lembab dan berhawa dingin.

durian kura-kura di malaysia
kaskus.co.id/@edifier37

Aziz bukan hanya menanam durian kura-kura saja. Ada juga jenis durian lainnya, seperti durian botak yang kulit luarnya nggak memiliki duri dan durian merah.

Nah itulah informasi singkat seputar durian kura-kura yang tergolong durian langka di Indonesia. Kalau menurut Sobat Qupas, kira-kira berapa ya harga durian kura-kura ini kalau dijual? 

0 Comment