Fakta Ini Buktikan, Makan dengan Tangan Lebih Sehat Ketimbang Pakai Sendok

13 June 2018, pada 05:00
1
0
Fakta Ini Buktikan, Makan dengan Tangan Lebih Sehat Ketimbang Pakai Sendok

littlebitesofbeauty.com

 

Sejak kecil mungkin kita semua telah dibiasakan makan menggunakan sendok dan garpu. Tetapi bagi orang Indonesia, sendok bukanlah hal yang wajib dalam kegiatan makan sehari-hari. Orang Asia, khususnya Indonesia, menemukan kenikmatan tersendiri saat makan menggunakan tangan.

 

Masyarakat India pun punya kebiasaan makan yang hampir sama dengan masyarakat Indonesia. Jika dilihat dari sudut pandang Ayurveda, makan menggunakan tangan memang punya serangkaian manfaat yang menakjubkan. Apa sajakah manfaat makan menggunakan tangan bagi kesehatan?

 

chipatremendo.blogspot.com

 

Mengontrol porsi makan

 

Ya, makan menggunakan tangan akan membuat kita lebih mudah menakar jumlah suapan ketimbang menggunakan sendok. Selain itu, dengan makan menggunakan tangan kita cenderung lebih lambat, lebih konsentrasi dan menikmati ketimbang menggunakan sendok bukan?

 

Mengontrol berat badan dan menghindari diabetes tipe-2

 

Sejalan dengan poin pertama, makan menggunakan tangan membuat kita lebih lambat sehingga suapan yang masuk ke dalam tubuh pun terbatas. Kita cenderung lebih cepat kenyang sehingga tidak makan berlebihan. Hal ini tentunya berdampak pada kesehatan tubuh secara umum, terutama menghindari diabetes tipe-2 yang muncul akibat ketidakseimbangan asupan gula darah dalam tubuh.

 

Melatih otot tangan

 

Makan menggunakan tangan tentunya mempergunakan otot tangan sebagai ‘alat’nya. Hal ini akan membuat tubuhmu lebih aktif.

 

Melatih pencernaan

 

Penelitian menyebutkan, secara alami tangan kita memiliki flora baik yang berfungsi sebagai perlindungan terhadap masuknya bakteri jahat ke dalam tubuh. Bakteri baik ini berguna bagi pencernaan kita.

 

Meskipun baik untuk kesehatan tubuh, yang tak boleh dilupakan adalah selalu menjaga kebersihan tangan kita sebelum makan. Cuci tanganlah dengan standar yang telah diberikan WHO untuk mencegah masuknya bibit penyakit ke dalam pencernaan. So, kalau kamu sendiri, lebih suka makan pakai tangan atau sendok?
0 Komentar