Qupas Family

Fakta Penggunaan Minyak Kayu Putih untuk Bayi, Aman Nggak Ya?

07 January 2020, at 10:00
1
Fakta Penggunaan Minyak Kayu Putih untuk Bayi, Aman Nggak Ya?

Minyak kayu putih merupakan salah satu produk yang sudah sangat familier dan banyak digunakan oleh orang Indoneisa. Dapat membuat tubuh terasa hangat, minyak yang terbuat dari ekstra tanaman Eucalyptus ini memang punya banyak manfaat.

Penggunaan minyak kayu putih pada umumnya berguna untuk meringankan sakit perut, mengatasi berbagai masalah pernapasan, meredakan batuk dan pilek, hingga mengurangi infeksi dan peradangan.

minyak kayu putih
savitaorganics.com

Diolah dengan berbagai komponen seperti cineole, a-pinene, b-pinene, dan berbagai zat yang terdengar asing di telinga membuat minyak kayu putih memiliki sifat antimikroba, antiseptik, dan antiinflamasi.

Meskipun memiliki banyak manfaat, ternyata penggunaan minyak kayu putih untuk bayi nggak cukup aman lho Bunda. Kenapa ya?

1. Panasanya Dapat Menyebabkan Iritasi

minyak kayu putih untuk bayi
tacomalibrary.org

Meskipun minyak kayu putih terasa hangat dan nyaman di kulit orang dewasa, namun hal berbeda dapat terjadi apabila diaplikasikan pada kulit bayi lho.

Bayi atau anak-anak yang memiliki kulit sensitif dapat mengalami iritasi akibat penggunaan minyak kayu putih. Bahkan, kulit si kecil bisa terbakar karena kandungan di dalam minyak yang sebenarnya cukup keras.

2. Kandungan Eukaliptol yang Bisa Mengganggu Pernapasan dan Meracuni Sistem Saraf

minyak bayi
madeof.com

Salah satu bahan utama minyak kayu putih adalah eukaliptol atau juga biasanya dikenal sebagai 1,8 cineole. Meskipun takaran pada setiap merk berbeda, namun penelitian menemukan bahwa zat tersebut cukup berbahaya bagi bayi dan balita.

Bayi atau anak-anak yang sering terpapar eukaliptol dapat mengalami masalah pernapasan dan sistme saraf pusat.

Baca juga: Usia Berapa Bayi Boleh Dibawa Keluar? Ini Lho Jawabannya

3. Risiko Tertelan

perawatan bayi
verywellfamily.com

Penggunaan minyak kayu putih untuk bayi ternyata nggak disarankan. Salah satu penyebabnya adalah kemungkinan untuk tertelan.

Kandungan atau zat yang ada dalam minyak kayu putih cukup kerasa sehingga dapat menyebabkan gangguan pencernaan, mual, hingga muntah apabila nggak sengaja ditelan oleh bayi.

bayi menangis
mamanatural.com

Wah, ternyata minyak kayu putih nggak disarankan untuk bayi lho Sobat Qupas. Para ahli merekomendasikan untuk menunggu hingga si kecil berusia lebih dari 2 tahun untuk menggunakannya.

Jika terpaksa, usahakan untuk mencampurkan minyak kayu putih dengan minyak lain seperti zaitun atau baby oil. Untuk sehari-hari, para ahli lebih merekomendasikan minyak telon untuk buah hati Bunda.