Fakta Tersembunyi Dibalik Film Barat Terbaru Selalu Rilis Duluan di Indonesia, Ternyata Miris

09 March 2019, at 13:00
0
0
Fakta Tersembunyi Dibalik Film Barat Terbaru Selalu Rilis Duluan di Indonesia, Ternyata Miris

Penggemar Captain Marvel di tanah air tentunya sedang dalam euforia. Karena Rabu, 6 Maret kemarin film yang dibintangi Brie Larson tersebut sudah dirilis di Indonesia.

Jadwal tayang ini lebih dulu dibandingkan dengan di Amerika. Di negara Paman Sam, Captain Marvel baru meramaikan seluruh bioskop mulai 8 Maret 2019, bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional.

Sebagai penggemar film, kamu tentunya sadar kalau hal seperti ini bukan kali pertama terjadi. Tayangan produksi Hollywood memang selalu melenggang di bioskop Indonesia lebih dulu.

Daripada di Amerika yang notabene jadi pembuat filmnya. Tapi apakah kamu tahu alasannya?

Baca juga: Deretan Film Hollywood Terbaru Ini Sukses Bikin Heboh Saat Tayang di Super Bowl 2019, Apa Saja?

Nah, kali ini Qupas akan bantu mengobati rasa penasaranmu. Dirangkum dari beberapa sumber, inilah alasannya kenapa film barat terbaru selalu rilis lebih dulu di Indonesia.

1. Indonesia masih rentan pembajakan film

film avengers infinity war
comicbook.com

Salah satu alasan mengapa film Hollywood selalu tayang duluan di tanah air ternyata cukup miris. Yakni karena Indonesia termasuk salah satu negara yang rentan terhadap pembajakan.

Namun hal ini juga tak bisa dibantah. Buktinya saja, bila suatu film beredar di luar negeri lebih dulu, dalam hitungan hari saja pasti bakalan sudah tersedia copy bajakannya di lapak penjual DVD ataupun di berbagai situs nonton online gratis.

film doraemon stand by me
blogspot.com

Salah satu contoh kasus yang membuktikan hal ini adalah saat penayangan film Stand By Me Doraemon. Saat itu, angka penjualan tiket bioskop sontak berhenti di angka sejuta lebih setelah bajakannya tersebar luas.

2. Persaingan dengan film dari studio lain

film terbaru the lion king 2019
imdb.com

Produksi film Hollywood setiap tahunnya bisa bejumlah ratusan. Hal ini tentu juga membuka kemungkinan kalau bisa saja ada dua film besar yang akan dirilis dalam waktu berdekatan atau bersamaan.

Supaya 'bentrokan' bisa dihindari, pihak distributor pun tak kehabisan akal. Mereka akan memilih untuk memajukan atau menunda jadwal rilis film terbaik produksinya di beberapa negara.

film wonder woman
digitaltrends.com

Tayangan buatan Hollywood yang super keren tentu saja membutuhkan biaya produksi yang fantastis. Mengadu dua film besar hanya akan membuat keduanya rugi dan tak bisa memenuhi target box office.

Baca juga: Selain Avengers: Infinity War, Inilah 10 Film Hollywood Terlaris Sepanjang Tahun 2018

3. Mengurus isu penyensoran

film the hunger games
catholicsun.org

Alasan ketiga yang melatarbelakangi kenapa film Hollywood lebih dulu tayang di negara lain adalah untuk mengurus isu penyensoran. Karena tak semua adegan yang ditampilkan bisa diterima di semua negara.

Sehingga bila dirasa ada adegan yang kurang ‘sesuai’ dengan budaya lokal, mereka bisa melakukan peng-editan. Seperti contohnya dengan memotong beberapa scene yang cukup brutal dalam sebuah film thriller.

film the hobbit
moabon.com

Dilansir dari cnnindonesia.com, hal ini diakui sendiri oleh Andrew Cripps, mantan petinggi Paramount Pictures International.

Lebih detil, Andrew mengatakan bahwa film barat terbaru selalu dirilis di negara lain duluan agar mereka punya banyak waktu untuk menangani isu penyensoran, penerjemahan bahasa, dubbing, dan faktor lokal lainnya.

4. Melihat respon pasar

film ant mant and the wasp
indiewire.com

Sebagus apapun karya Hollywood yang diproduksi, jaminan sukses tetap tak bisa dikantongi sebelum film tersebut tayang dan dinikmati masyarakat. Nah, salah satu alasan kenapa jadwal rilis bisa berbeda di beberapa negara adalah untuk melihat respon penontonnya.

Bila animo masyarakat besar dan penonton yang mau datang ke bioskop jumlahnya sesuai dengan yang diharapkan, maka sebuah film bisa lanjut dirilis secara lebih luas.

film the maze runner
clearvoice.com

Namun bila ditemukan sebuah masalah atau respon pasar tak sesuai dengan yang diharapkan, produser film bisa mengubah strategi pemasaran supaya hasil karyanya bisa lebih diterima dan menarik minat penonton.

5. Hype Machine

film captain america civil war
blogspot.com

Dikutip dari liputan6.com, hampir 70 persen penghasilan Hollywood ternyata justru datang dari luar Amerika. Karena itulah mereka semakin tak main-main dalam menjalankan strategi perilisan film.

Dengan merilis film terbaru di negara dengan populasi tinggi, seperti contohnya Indonesia lebih dulu, kehebohan pun diharapkan bisa tercipta dan 'menular' ke negara lainnya. Strategi ini juga dikenal dengan nama Hype Machine.

film jurasic world
cloudfront.net

Dengan kata lain, film yang laris di suatu tempat hampir bisa dipastikan membuat penonton di negara lain penasaran dan semakin mau berangkat ke bioskop.

Biasanya, jadwal rilis di negara lain bisa tiga pekan ataupun beberapa hari lebih dulu daripada di Amerika.

Nah, itulah beberapa alasan yang menyebabkan film Hollywood terbaru justru sering ditayangkan lebih dulu di negara lain. Ternyata pihak studio sangat merinci strategi pemasaran yang tepat, termasuk dengan mempersempit kemungkinan pembajakan.

0 Comment