Fenomena Supermoon Terbesar Sepanjang 2019 Akan Terjadi Malam Ini, Catat Waktunya!

19 February 2019, at 10:00
0
0
Fenomena Supermoon Terbesar Sepanjang 2019 Akan Terjadi Malam Ini, Catat Waktunya!

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah mengonfirmasi adanya fenomena Supermoon yang akan terjadi malam hari nanti, 19 Februari 2019.

Supermoon atau bulan purnama super yang akan terjadi hari ini menjadi fenomena yang spesial karena merupakan yang terbesar sepanjang tahun.

Seperti yang dikatakan oleh BMKG, pada tahun 2019 terdapat tiga kali fenomena supermoon. Yang pertama telah berlangsung pada 31 Januari kemarin, yang kedua adalah hari ini, sedangkan yang ketiga dapat disaksikan pada bulan Maret.

bmkg info supermoon super snow moon supermoon terbesar 2019
instagram.com/infobmkg

Meskipun sudah sering terjadi, namun fenomena alam ini masih selalu ditunggu-tunggu dan dinikmati oleh masyarakat.

Apalagi, supermoon kali ini sangat istimewa karena bulan akan ada di titik terdekatnya dengan bumi atau biasa disebut dengan Perige.

Posisi bulan nanti malam kira-kira akan berada pada jarak 356,761 kilometer dari Bumi. Kondisi ini membuat cahayanya terasa 30 persen lebih terang dan ukurannya terlihat 14 persen lebih besar daripada biasanya.

fenomena supermoon super snow moon supermoon 2019
gettyimages.com

Bulan akan mulai memasuki titik Parige pada pukul 16.20 WIB dan mencapai puncak purnama atau Supermoon pada pukul 22.53 WIB.

Meskipun demikian, fenomena ini belum tentu dapat dilihat dengan mata telanjang. Perbedaan yang mencolok baru akan terasa ketika menggunakan bantuan alat seperti teleskop.

Baca Juga: Keren! China Berhasil Menanam Tumbuhan di Bulan

BMKG mengatakan bahwa bulan purnama besar kali ini disebut sebagai Super Snow Moon. Bukan tanpa alasan, hal ini disebabkan oleh kondisi cuaca di beberapa bagian bumi yang sedang mengalami musim dingin dan bersalju.

Selain itu, Super Snow Moon tidak akan sama dengan Super Blood Wolf Moon karena cahaya bulan tidak akan berubah menjadi kemerahan.

Namun, bagaimana pun fenomena supermoon ini akan membuat bumi terasa lebih terang pada malam hari nanti.

bmkg imbauan untuk masyarakat terkait supermoon terbesar tahun 2019
instagram.com/infobmkg/

Tidak hanya menginfokan berbagai hal tentang fenomena Supermoon malam nanti, BMKG juga mengeluarkan imbauan bagi masyarakat yang tinggal di dekat pesisir pantai.

Hal ini karena fenomena bulan purnama tersebut dapat menyebabkan pasangnya air laut yang cukup tinggi.

Wilayah-wilayah seperti pesisir utara Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan pesisir Kalimantan Barat diharapkan mewaspadai adanya banjir rob.

Baca Juga: Foto Menakjubkan Supermoon dan Beberapa Fenomena Lain Ini Bukan Hasil Photoshop. Keren!

Kondisi tersebut juga bisa berdampak pada terganggunya aktivitas di sekitar pesisir, termasuk kegiatan petani garam dan bongkar muat di pelabuhan.

Oleh sebab itu, selamat menikmati Supermoon dengan tetap waspada ya!

0 Comment