Qupas Weekend

Film Horor Pendek Karya Anak Bangsa yang Bikin Kamu Percaya Kalau 'Mereka' Ada

31 December 2019, at 08:00
Film Horor Pendek Karya Anak Bangsa yang Bikin Kamu Percaya Kalau 'Mereka' Ada

Industri perfilman Nusantara makin berkembang. Baik dari film-film Indonesia yang tayang di bioskop maupun film pendek hasil karya anak bangsa.

Bicara soal film pendek, di tanah air sendiri sudah banyak sineas yang memproduksinya. Seperti Graha Sinema, yaitu satu-satunya UKM alias Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di dibang perfilman di Untag Surabaya.

UKM yang sudah berdiri sejak 20 Oktober 2014 lalu ini pun merupakan suatu wadah bagi mahasiswa yang ingin belajar, berkarya, maupun memproduksi film pendek.

graha sinema untag surabaya
dok. graha sinema

Banyak kegiatan yang dilakukan di dalam UKM ini. Salah satunya yaitu upskill, agenda rutin yang berisi tentang belajar hingga sharing tentang dunia perfilman. Selain itu, ada pula kelas produksi, dimana hasil output yang diharapkan adalah sebuah film pendek.

Dengan saling bekerja sama antar divisi, seperti sutradara, penulis naskah, kameraman, editor, artistik, hingga talent, mereka memproduksi beberapa judul film dari berbagai genre yang biasanya sudah terjadwal setiap dua bulan sekali.

Nah, dari berbagai genre, mayoritas film yang diproduksi Graha Sinema ternyata bertema horor. Selain karena memang para anggota UKM suka dengan tema ini, menurut mereka film horor paling diminati di tanah air.

Baca juga: 5 Film Horor Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Favoritmu yang Mana?

Penasaran nggak sih, apa saja judul film horor yang pernah digarap Graha Sinema? Simak deh ulasan berikut ini!

1. Last Scene

film pendek indonesia last scene
dok. graha sinema

"Last Scene" merupakan film horor terbaru yang diproduksi oleh Graha Sinema. Kisahnya sendiri masih seputar pengalaman mistis dari para anggota UKM.

Dimana mereka diganggu para makhluk halus ketika sedang memproduksi film. Hal ini pun berdampak pada proses produksi.

2. Rasan

film horor rasan
dok. graha sinema

Diproduksi pada semester awal tahun 2019, film horor pendek "Rasan" menceritakan tentang beberapa kelompok pemuda yang berasal dari berbagai daerah. Salah satunya asli Jawa, yang diketahui kental akan hal-hal mistis.

Dalam kelompok tersebut, nggak semua anak percaya akan hal mistis. Mereka pun bergosip tentang makhluk-makhluk itu, dimana dalam Bahasa Jawa dikenal dengan istilah 'ngrasani'. Hingga pada akhirnya, pemuda-pemuda tersebut mendapat 'malapetaka'.

3. Victim

film horor pendek victim untag surabaya
dok. graha sinema

Film yang sempat masuk nominasi 60 besar bersaing dengan ratusan judul lainnya di Film Festival Lampung ini sedikit berbeda. Dimana genrenya adalah horor yang dipadukan dengan thriller.

Film pendek "Victim" ini sendiri menceritakan tentang seorang anak yang dijual olah sang ayah. Ia pun disekap di dalam suatu ruangan.

Baca juga: Film Horor Pendek Terseram Ini Bikin Pekerja Kantoran Nggak Berani Lembur Lagi

Tapi karena suatu hal, anak itu berhasil kabur dan bertekad untuk balas dendam pada ayahnya. Apalagi setelah tahu bahwa ternyata sang ayah telah membunuh ibunya.

Nah, itu dia sederet film horor pendek karya Graha Sinema yang nggak kalah bikin merinding. Dan pastinya bakal membuatmu percaya kalau 'mereka' benar-benar ada.