Flu dan 4 Efek Patah Hati Lainnya yang Berpengaruh pada Kesehatan Tubuh

12 December 2018, pada 09:00
2
0
Flu dan 4 Efek Patah Hati Lainnya yang Berpengaruh pada Kesehatan Tubuh

Patah hati setelah diputuskan, ditinggalkan kekasih, bercerai atau ditolak oleh gebetan akan membuatmu merasa sangat sedih dan terpuruk.

Tetapi tahu kah kamu jika patah hati tidak hanya memberi efek pada kesehatan psikis atau perasaanmu, melainkan kesehatan fisikmu juga?

Jika kamu sedang patah hati, kamu juga akan mengalami sakit fisik ini dan hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah, lho!

Penasaran kan penyakit apa saja yang bisa menyerangmu? Ini dia 5 efek samping patah hati pada kesehatan.

1. Flu

flu
pakobserver.net

Jika sering menonton film, kamu pasti familier dengan adegan seseorang yang patah hati. Kemudian karena perasaannya yang tersakiti, dia mengunci dirinya di kamar.

Pada keesokan harinya, dia mengalami demam tinggi dan terserang flu.

flu patah hati
shutterstock.com

Ternyata hal ini bukan hanya sekedar untuk kebutuhan dan estetika film, lho. Hal tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah.

Ketika patah hati, imunitas dalam tubuh kamu akan menurun drastis dan hal tersebut akan membuat virus-virus mudah menyerang termasuk flu.

2. Sesak Napas, Badan Sakit, dan Kehilangan Selera Makan

seak napas
doktersehat.com

Patah hati sudah pasti akan membuatmu stres. Ketika hal ini terjadi, tubuh akan mengeluarkan respon fight or flight sebagai bentuk reaksi dari munculnya penyebab stres.

Akibatnya akan terjadi produksi kortisol berlebih yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh.

hilang nafsu makan
shutterstock.com

Kelebihan produksi ini kemudian akan menimbulkan sejumlah masalah lain seperti pegal linu, badan sakit, dan sesak napas. Selain itu hal ini juga dapat memicu jantung untuk berdetak lebih cepat karena adrenalin.

Hal ini juga menyebabkan asam lambung naik yang membuat perutmu tidak nyaman dan kamu jadi tidak nafsu makan.

3. Jerawatan dan Rambut Rontok

jerawatan
shutterstock.com

Jerawat memang selalu muncul saat kamu sedang dalam keadaan stres atau di bawah tekanan. Patah hati akan membuatmu tertekan dan depresi kemudian kondisi tersebut akan memancing jerawat untuk keluar.

rambut rontok
hellosehat.com

Sedangkan untuk rambut rontok, hal ini berkaitan dengan produksi hormon akibat stres. Akibatnya  folikel rambut longgar sehingga menjadi rapuh saat disisir maupun dicuci. Pasti kamu pernah mengalaminya kan?

Baca Juga: Tanda-Tanda Mentalmu Tidak Sehat, Segera ke Psikolog Sebelum Terlambat!

4. Risiko Serangan Jantung Menigkat

serangan jantung
cepamagz.com

Pernahkah kamu mendengar tentang orang yang meninggal tidak lama setelah ditinggal oleh pasangannya ke alam lain? Orang-orang sering menyebut bahwa dia menyusul sang kekasih hati.

meningkatnya risiko serangan jantung
thetimes.co.uk

Iya, banyak kejadian yang menunjukkan bahwa patah hati bisa berisiko kematian. Hal ini bisa memproduksi hormon kortisol dengan sangat tinggi, menghilangkan nafsu makan dan cenderung membuat penderitanya kurang tidur.

Hal ini membuat orang-orang yang sedang patah hati lebih mudah terserang penyakit jantung.

5. Tekanan Darah Tinggi

tekanan darah tinggi
hellosehat.com

Tekanan darah dapat meningkat dengan drastis ketika seseorang mengalami stres.

Akan tetapi, stres dan depresi saja tidak dapat dipastikan sebagai penyebab meningkatnya tekanan darah pada tubuh. Jadi, kamu tidak perlu terlalu khawatir.

tekanan darah tinggi saat patah hati
hellosehat.com

Tetapi jika kamu sebelumnya sudah memiliki tekanan darah yang tinggi, sebaiknya kamu berhati-hati karena patah hati bisa meningkatkan level dari penyakit ini.

Nah, itu dia 5 penyakit yang bisa menyerangmu ketika kamu sedang mengalami patah hati. Keadaan menyedihkan seperti ini memang akan membuatmu terpuruk. Tetapi kamu tidak boleh sedih teralu lama agar penyakit-penyakit tersebut tidak hinggap padamu.

Jangan mengurung diri di kamar, lebih baik kamu gunakan waktumu utuk pergi bersama teman-teman atau keluarga sekaligus untuk menyegarkan tubuhmu!

0 Komentar