Foto Ganasnya Gempa di Bali dan Lombok, Harus Waspada

06 August 2018, at 12:04
0
0
Foto Ganasnya Gempa di Bali dan Lombok, Harus Waspada

Gempa berkekuatan 7 SR telah mengguncang daerah Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/8) pada pukul 18.46 WIB. Gempa itu mengakibatkan 82 warga setempat tewas, ratusan luka-luka, dan juga ribuan rumah roboh. Hingga kini, evakuasi besar-besar masih dilakukan untuk menyisir para warga yang hilang tertimbun Gempa Lombok.

Adapun juga, guncangan hebat itu tidak hanya dirasakan di Lombok namun juga hingga daerah Bali. Kerusakan bangunan pun meluluh lantakkan bangunan yang ada di pulau Dewata. Kekuatan gempa yang besar itu memang cukup membuat prihatin banyak warga di Indonesia, terlebih juga karena Lombok merupakan daerah pariwisata. Berikut potret Gempa Lombok yang harus diwaspadai oleh siapapun,

 

Masih Akan Ada Gempa Susulan

facebook.com/adywijaya55

Bahkan gempa dirasakan cukup sering terjadi, sudah ada 47 kali gempa susulan yang intens dirasakan oleh warga sekitar. Gempa susulan itu sudah terjadi hingga pukul 10 malam waktu setempat. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Goefisika menyatakan bahwa 7 SR yang sempat terjadi merupakan gempa utama dari rangkaian gempa yang sebelumnya pernah terjadi. Itu artinya, warga NTB dan sekitarnya tidak akan merasakan lagi guncangan dengan kekuatan besar. Pasalnya, kemungkinan kecil getaran yang terjadi lebih besar dari yang sebelumnya.

Reuters

Gempa tersebut mengakibatkan rusaknya sejumlah bangunan termasuk di RSUD Karang Asem. Kerusakan yang dirasakan di bangunan RSUD Karang Asem Bali ini terjadi pada titik pusat getaran 18 km barat laut Lombok Timur. Cukup besar memang guncangan yang terjadi hingga mengakibatkan beberapa rumah sakit di Bali mengevakuasi ratusan pasien untuk keluar bangunan agar menghindari jatuhnya korban jiwa.

 

Daerah di Bali yang Termasuk Rusak Parah, Gereja Katedral Di Bali

kompas.com

Adapun seperti yang dijelaskan sebelumnya, kekuatan gempa dirasakan hingga ke Bali dan beberapa wilayah di Jawa Timur. Itu terlihat dari beberapa ornamen bangunan yang harus rusak parah salah satunya, Gereja Katedral, Denpasar. Beberapa ornamen berbahan dasar batu di dalam Gereja harus rusak dan hancur.

Antarafoto.com

Di Bali pun, ada beberapa wilayah yang juga menjadi titik Gempa Lombok seperti di kabupaten Klungkung, Bangli, dan Badung. Di sana, sudah berjatuhan bangun yang runtuh diakibatkan gempa. Adapun juga, plaform bandara Ngurah Rai runtuh dan beberapa calon penumpang harus keluar dari bangunan.

 

Bahkan gempa juga merusak sebagian fasilitas pendukung yang ada di Bandara Bali dan Lombok

Idntimes.com

Potret diatas adalah rusaknya platform yang ada di bandara Ngurah Rai. Hal itu diakibatkan karena Gempa Lombok yang juga dirasakan di Bali. Namun, bandara di pulau Dewata itu tetap beroperasi secara normal. Pasalnya, tidak ada kerusakan pada fasilitas airside. Hanya beberapa fasilitas pendukung di terminal yang rusak.

Idntimes.com

Foto ini nampak para calon penumpang yang berhamburan keluar dari bangunan bandara di Lombok. Sementara di waktu yang sama, listrik bandara pun sempat dipadamkan. Namun suasana yang ada pun cukup kondusif dan calon penumpang yang cukup bisa dievakuasi dengan mudah.

 

3 daerah di Lombok yang rusak parah, warga dianjurkan waspada

makassar.tribunnews.com

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis bahwa ada 3 daerah yang harus mengalami kerusakan parah. Adapun wilaya itu berada di Lombok Utara, Lombok Barat, dan Kota Mataram. Seperti yang dirilis oleh idntimes, sudah ada 39 orang meninggal dunia, korban berasal dari Kabupaten Lombok Utara 65 orang, Lombok Barat 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, Kota Mataram 4 orang, dan Lombok Timur 2 orang. Sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh.

takaitu.com

Gempa Lombok sudah terjadi pada Minggu (29/07) yang lalu dengan kekuatan 6,4 SR terjadi pukul 05.47 WIB. Bahkan pada saat gempa tersebut terjadi sudah dirasakan guncangan susulan sebanyak 100kali lebih. Walau begitu tidak ada potensi tsunami besar yang akan terjadi. Namun, masyarakat tetap dihimbau agar lebih waspada lagi.

Untuk warga yang ada di Bali, Lombok dan sekitarnya, meningkatkan tingkat was-was memang sangat dianjurkan. Terlebih jika ada guncangan usahakan berlindunglah di kolong meja agar lebih aman dari reruntuhan bangunan. Tetap banyak berdoa dan jangan bertindak gegabah.

0 Comment