Gadget dan Tujuh Kebiasaan Lainnya yang Bikin Jerawatmu Makin Parah, Kok Bisa?

30 December 2018, at 09:00
2
0
Gadget dan Tujuh Kebiasaan Lainnya yang Bikin Jerawatmu Makin Parah, Kok Bisa?

Jerawat memang terkadang sulit untuk diusir. Berbagai perawatan  alami, skincare, hingga pergi ke dokter, terkadang belum cukup untuk menyembuhkannya.

Tapi tahukah kamu, bisa jadi kesalahan bukan pada perawatan yang dilakukan. Sebab, kebiasaan sehari-hari yang sangat sepele ternyata juga bisa jadi faktor kenapa jerawatmu makin parah lho.

Sayangnya, banyak perempuan yang tak menyadari akan hal ini. Nah, supaya jerawatmu tak bertambah parah, kebiasaan berikut ini harus kamu hindari dari sekarang.

1. Gadget yang Kotor

wanita bermain gadget
freepik.com

Tanpa kamu sadari, gadget yang kamu pegang setiap hari dan jarang dibersihkan akan jadi sarang bakteri. Jadi, begitu kamu gunakan untuk menelepon, bakteri otomatis akan berpindah ke wajah.

Inilah yang membuat jerawatmu semakin parah. Selain itu, ketika asyik bermain gadget, kamu pasti sering menyentuh wajah dengan tangan yang penuh dengan bakteri dan kotoran lainnya.

Nah, hal ini juga membuat jerawat akan semakin tumbuh subur di wajahmu.

2. Jarang Keramas

wanita yang jarang keramas
telenews.pk

Terlalu sering keramas memang tak baik. Tapi, kamu juga patut mencuci rambut secara rutin supaya terhindar dari bau dan lepek.

Sebab, kotoran pada rambut juga bisa menyebabkan jerawatmu jadi semakin parah. Apalagi kalau kamu punya rambut yang panjang atau berponi.

Kotoran pada rambut tentu akan dengan mudah menempel ke wajah dan membuat jerawat semakin merajalela.

3. Terlalu Cepat Menghentikan Perawatan

wanita memakai pelembab
womensok.com

Tak ada produk perawatan wajah yang akan bekerja secara instan untuk mengobati jerawat. Semua pasti memerlukan waktu sebelum menunjukkan adanya perubahan dan hasil yang nyata.

Jadi, jangan terburu-buru untuk mengganti produk perawatan. Tunggulah dan rasakan hasilnya setidaknya selama satu bulan.

Sebab, terlalu sering mengganti produk perawatan juga tak baik bagi wajahmu.

4. Terlalu Sering Membersihkan Wajah

wanita mencuci muka
india.com

Membersihkan wajah memang hukumnya wajib. Apalagi untuk pemilik kulit berjerawat.

Tapi, hindari untuk terlalu sering mencuci wajah ya. Sebab, kebiasaan tersebut bisa membuat kulit semakin sensitif dan iritasi.

Selain itu, terlalu sering membersihkan wajah dengan facial wash atau sabun lainnya bisa menyebabkan acne detergicans. Yakni kondisi dimana jerawat akan timbul akibat reaksi terhadap kandungan dalam sabun pencuci muka.

Jadi sebaiknya, cukup bersihkan wajah sebanyak dua kali sehari saja.

Baca juga: Kiat untuk Merawat Kulit Agar Tetap Cantik dan Sehat Saat Musim Hujan

5. Tak Memakai Handuk Terpisah

memakai handuk badan untuk wajah
fashioncentral.pk

Ini adalah penyebab jerawat yang paling sering dilakukan dan belum juga disadari para perempuan. Banyak yang masih menggunakan handuk untuk badan saat mengeringkan wajah.

Bakteri yang ada pada handuk tentu akan berpindah ke wajah dan jerawat jadi semakin parah. Perlu diingat juga, jangan menggosokkan handuk ketika mengeringkan muka.

Sebab, elastisitas kulit bisa terganggu. Cukup tepuk-tepuk handuk khusus muka dengan lembut hingga wajah mengering.

6. Jarang Mengganti Sarung Bantal

wanita sedang tidur
glaciermedia.ca

Sarung bantal juga jadi tempat berkumpulnya bakteri dan kotoran lainnya. Sehingga kontak wajah saat kamu tidur menyamping atau tengkurap bisa memicu timbulnya jerawat.

Untuk itu, pastikan untuk mengganti sprei dan sarung bantal setidaknya dua minggu sekali. Sepaya terjaga kebersihannya dan tak membuat jerawatmu semakin parah.

7. Salah Memilih Makeup

produk makeup
shape.com.sg

Banyaknya jenis kosmetik yang dirilis semakin menggelapkan mata para perempuan. Hanya karena kemasan makeup yang imut atau harganya yang murah, semua jadi diborong.

Padahal pemilik kulit berjerawat harus ekstra hati-hati dalam memilih makeup. Penggunaan kosmetik yang kurang tepat bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori dan penumpukan komedo yang memicu tumbuhnya jerawat.

Supaya jerawat tak semakin parah, pilihlah produk kosmetik dengan label untuk kulit berminyak dan berjerawat (for oily and acne-prone skin). Selain itu, makeup dengan klaim non-comedogenic juga bisa jadi pilihan yang tepat karena tak akan menyumbat pori.

8. Sering Mengonsumsi Minuman Bersoda

minuman bersoda
collective-evolution.com

Minuman bersoda memang menyegarkan, tapi lebih baik konsumsinya dikurangi. Sebab, dari survey yang dilakukan National Health and Nutrition Examination Survey di Amerika, kandungan gula di dalam minuman bersoda terbukti mampu merusak kulit.

Elastin dan kolagen dalam sel-sel kulit bisa hancur dan menyebabkan kulit terlihat kendur, keriput, kusam, berminyak, dan juga memicu timbulnya jerawat.

Untuk itu, kalau kamu hobi mengonsumsi minuman bersoda, berusahalah menguranginya dari sekarang ya.

Nah, sudah tahu kan beberapa kebiasaan sepele yang bisa memperparah kondisi jerawatmu? Kalau mau wajah lebih mulus, pastikan untuk mengubahnya bila kamu masih sering melakukan hal-hal tersebut.

0 Comment