Gampang Ditemukan di Rumah, 7 Bahan Alami Ini Ampuh untuk Mengatasi Wajah Berminyak

25 May 2019, at 13:00
0
0
Gampang Ditemukan di Rumah, 7 Bahan Alami Ini Ampuh untuk Mengatasi Wajah Berminyak

Wajah berminyak sudah seperti PR yang harus segera diselesaikan. Karena kalau dibiarkan bukan cuma membuat makeup cepat luntur tapi juga bisa mendatangkan berbagai masalah, mulai dari komedo, jerawat, dan kulit kusam.

Memang ada banyak skincare yang diracik khusus sebagai cara mengatasi wajah berminyak. Tapi, kamu juga bisa mengatasinya dengan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah lho?

Untuk itu, Qupas sudah merangkum 7 cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami yang bisa langsung kamu coba di rumah. Simak yuk!

1. Tomat

tomat
bonnieplants.com

Tomat pasti mudah ditemukan di rumah. Bahan dapur ini ternyata punya kandungan asam yang bisa mengontrol minyak di wajah lho.

Selain itu, tomat banyak mengandung vitamin C yang bisa mencegah jerawat, membersihkan pori, dan mendatangkan rasa sejuk di wajah. Cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami ini pun sangat mudah.

Baca juga: 7 Cara Alami untuk Mengecilkan Pori-pori, Wajah jadi Halus Mulus

Kamu tinggal potong buahnya jadi dua kemudian gosokkan secara merata ke seluruh wajah. Biarkan sari tomat terserap ke dalam kulit dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu baru bilas dengan air hingga bersih.

2. Apel

apel
vox-cdn.com

Buah yang kaya akan anti-oksidan ini mengandung asam malat yang bisa mengangkat sel kulit mati juga menyerap sebum. Terlebih lagi, apel juga punya anti-septik yang bagus untuk kulit.

Cara menghilangkan minyak pada wajah dengan apel nggak kalah mudah. Parut saja buahnya lalu oleskan secara merata ke area yang membutuhkan.

Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

3. Lemon

lemon
puckerurbanfarm.com

Kamu suka membuat infused water dari lemon? Mulai sekarang coba manfaatkan buah masam ini sebagai cara menghilangkan kulit berminyak.

Langkahnya, ambil sari lemon dan oleskan ke wajah menggunakan bantuan kapas. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Perlu diingat, wajahmu bisa jadi ekstra kering setelah mencoba ritual ini. Untuk itu jangan lupa mengoleskan pelembab wajah sesudahnya.

4. Mentimun

mentimun
usda.gov

Mentimun nggak cuma ampuh menghilangkan tampilan mata panda. Karena kandungan vitamin A, E, dan mineral yang dimilikinya, buah ini juga bisa mengatasi wajah berminyak.

Caranya, iris mentimun dengan ketebalan sedang lalu letakkan potongannya di wajahmu selama semalaman. Kamu bisa melakukannya setiap hari sebelum tidur dan pastikan untuk mencuci muka dengan air hangat keesokan harinya.

Baca juga: Terapi Menghilangkan Kantung Mata dengan Sayur dan Buah, Wajah Jadi Segar!

5. Susu

susu murni
toiimg.com

Manfaat susu untuk kecantikan juga nggak kalah banyak. Kamu pun bisa memakainya untuk menghilangkan minyak pada wajah.

Campurkan dua sendok makan susu segar dengan 2 tetes minyak esensial. Kemudian oleskan ke wajah memakai kapas. Tunggu selama 15-30 menit lalu bersihkan muka dengan air hangat.

Dengan cara ini kamu juga bisa menikmati manfaat susu lainnya. Yakni sel kulit mati akan terangkat berkat kandungan asam alfa-hidroksi di dalamnya, keseimbangan pH alami terjaga, serta wajah jadi lebih lembut dan cerah.

6. Putih Telur

putih telur
kilimall.com

Cara menghilangkan kulit berminyak dengan putih telur mungkin juga nggak asing lagi di telinga. Bahan makanan ini diketahui punya vitamin A yang berkhasiat untuk membersihkan wajah dan mengecilkan pori-pori.

Langkahnya, kocok putih telur lalu oleskan di wajah dengan bantuan kuas masker. Biarkan hingga mengering lalu bilas dengan air hangat. Kalau mau, kamu juga bisa menambahkan air perasan lemon atau sari jeruk nipis ke dalamnya.

7. Madu

Yang terakhir, kamu bisa menghilangkan sebum di wajah dengan madu. Bahan alami yang manis ini akan melembabkan dan menutrisi kulit tanpa membuatnya berminyak.

Oleskan saja madu asli ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Selain menghilangkan minyak, kebaikan madu untuk wajah juga sangat banyak. Kamu pun bisa memakai masker bahan alami ini setiap hari bila mau.

Baca juga: Ragam Perawatan Kecantikan dengan Memanfaatkan Madu, Yuk Coba di Rumah

Itulah 7 resep mudah yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi wajah berminyak. Bahannya nggak sulit ditemukan di rumah bukan?

0 Comment