Gara-Gara Pilot Ketiduran, Pesawat ini “Kebablasan” 46 km dari Bandara Tujuan

28 November 2018, at 10:00
2
0
Gara-Gara Pilot Ketiduran, Pesawat ini “Kebablasan” 46 km dari Bandara Tujuan

Laporan atas kejadian sebuah pesawat kargo yang melewati bandara tujuan sejauh 46 kilometer hanya karena sang pilot ketiduran telah diterima oleh pihak berwajib di Australia. Tentu, laporan tersebut masih dilakukan investigasi lebih lanjut.

Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) telah menerima laporan tersebut dan akan melakukan investigasi pada pilot yang mengemudikan pesawat kargo milik Vortex Air.

Pesawat ini terbang dari bandara di kota Devonport menuju ke King Island. Namun, karena pilot disangka tertidur dalam perjalanan, pesawat itu harus melewati bandara tujuan sejauh 46 kilometer.

pesawat kargo
airliners.net

Kebetulan dalam pesawat tersebut, hanya pilot itu yang ada dalam kendaraan udara tersebut. Seharusnya peswat tiba pukul 07:15 pagi, karena tidak ada yang membangunkan sang pilot, maka pesawat itu terus melaju. 

Menurut konsultan penerbangan dari Strategic Aviation Solutions bernama Neil Hansford, ia menjelaskan saat pesawat dalam keadaan autopilot maka pesawat akan terus terbang hingga kehabisan bahan bakar.

Baca juga : Pesawat Bau Duren, Penumpang Komplain Sampai Nyaris Adu Fisik dengan Petugas

“Dalam beberapa kasus tangki bahan bakar harus dialihkan, jadi begitu mengalami kekurangan bahan bakar pesawatnya akan jatuh,” jelas Hansford

Mengerikan sekali ya, jika hal seperti ini terjadi lagi. Bahkan menurut Hansford, jika pilot tetap tidak bangun dan tak tersadarkan pesawat akan terus terbang menuju ke pisisir negara bagian Victoria.

pesawat vortex air
abpic.co.uk

Tambahnya juga, tidak ada hal lazim yang terjadi bagi seorang pilot yang bisa tertidur hanya dalam jarak 240 kilometer saja. Hal itu juga mengingat aturan mengenai pilot sangatlah ketat di Australia.

Maskapai penerbangan kargo ini sudah terbang selama 25 tahun. Jadi sudah dijadikan transportasi angkut barang maupun penumpang ke Tasmania. Bahkan pesawat ini juga sebagai penerbangan sewaan.

Mejadi seorang pilot adalah pekerjaan yang cukup berat, karena membawa penumpang maupun kargo yang cukup banyak dengan menggunakan pesawat terbang. Maka dari itu dibuatlah peraturan yang ketat tentang menjadi pilot yang harus dan wajib dipatuhi.

Semoga kejadian seperti ini tidak terulang kembali dan menjadi pelajaran untuk yang bersangkutan.

Topics:

0 Comment